Comscore Tracker

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest 

Drama aksi yang dibumbui komedi #IDNTimesHype #WaktunyaKorea

Vincenzo menjadi salah satu drama on-going yang tengah populer saat ini. Drama yang dibintangi oleh Song Joong Ki, Jeon Yeo Bin, dan Ok Taecyeon ini menyuguhkan cerita tentang seorang mafia Italia yang datang ke Korea dengan tujuan khusus serta membantu mengalahkan kekuasaan Grup Babel. Drama tvN yang juga meraih rating tinggi ini ditulis oleh penulis bernama Park Jae Bum.

Sebelumnya, Park Jae Bum juga menulis untuk drama hits The Fiery Priest yang tayang di tahun 2019. Populer pada masanya, drama ini juga mengangkat kisah aksi seru dengan bumbu komedi. 

Ditulis oleh penulis yang sama, tak heran jika dua drama karya Park Jae Bum tersebut memiliki beberapa kemiripan. Apa saja? Berikut beberapa kemiripan dalam drama Vincenzo dan The Fiery Priest.

1. Baik Vincenzo dan The Fiery Priest merupakan drama populer yang ditulis oleh Park jae Bum 

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (Dok. tvN/Vincenzo | Dok. SBS/The Fiery Priest)

The Fiery Priest menjadi salah satu drama hits yang ditulis oleh Park Jae Bum. Drama yang ditayangkan di saluran SBS pada tahun 2019 ini menjadi drama dengan rating tertinggi di saluran publik menurut Nielsen Korea saat itu. Drama ini juga berhasil mengantarkan para pemeran dan staf meraih berbagai penghargaan.

Setelah kesuksesan drama The Fiery Priest, Park Jae Bum kembali menulis naskah baru untuk drama Vincenzo. Drama tvN yang dibintangi oleh Song Joong Ki, Jeon Yeo Bin, dan Ok Taecyeon ini menjadi salah satu drama populer yang tayang di hari Sabtu-Minggu.

2. Kedua drama ini mengangkat kisah aksi dengan bumbu komedi 

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/tvndrama.official | Dok. SBS/The Fiery Priest)

Drama Vincenzo kerap kali menyuguhkan beragam aksi keren dan menegangkan yang dilakukan oleh Vincenzo (Song Joong Ki). Dalam menjalankan aksinya, Vincenzo sering mendapat bantuan dari para penghuni Plaza Geumga. Tak jarang, aksi mereka dibumbui oleh tingkah kocak.

Tak kalah kocak, drama The Fiery Priest juga menyelipkan beragam komedi di tiap adegannya. Ketiga tokoh utama kerap kali beraksi kocak meski memiliki tampang garang. Drama ini juga menghadirkan berbagai parodi dari drama dan film terkenal, seperi Reply 1988, Nameless Gangster, hingga Mister Sunshine.

3. Terdapat konflik tentang penggusuran bangunan yang dihuni oleh pihak protagonis 

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea The Fiery Priest (instagram.com/kimyoonhye_)

Bangunan Plaza Geumga dalam drama Vincenzo berada di lingkungan yang akan dibangun ulang. Bangunan tersebut dibeli secara paksa oleh Grup Babel untuk dibangun Menara Babel. Kontruksi Babel, anak perusahaan Grup Babel, bahkan mengerahkan sejumlah preman agar para penghuni Plaza Geumga takut dan mau untuk direlokasi.

Dalam drama The Fiery Priest, gereja yang ditempati oleh Pastor Kim Hae Il (Kim Nam Gil) juga dipaksa untuk dijual kepada Hwang Chul Beom (Go Joon). Daebum Trading, perusahaan yang dipimpin Hwang Chul Beom, juga tak segan untuk memperkerjakan preman untuk menekan Pastor Lee Young Jun, mentor Kim Hae Il.

4. Tokoh utama pria merupakan pendatang dan memiliki luka masa lalu

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/tvndrama.official | Dok. SBS/The Fiery Priest)

Vincenzo (Song Joong Ki) merupakan seorang consigliere atau pengacara bos mafia Italia, yang diadopsi saat umurnya 8 tahun. Ia memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan karena adanya perpecahan antar mafia serta dengan tujuan untuk mengambil emas yang diletakkan di bawah bangunan Plaza Geumga. Selama ia tinggal di Korea, Vincenzo diam-diam mengunjungi ibunya yang tengah di penjara. Meskipun ia merasa ditinggalkan oleh sang ibu, Vincenzo tetap menunjukkan rasa sayangnya.

Berbeda lagi dengan Kim Hae Il (Kim Nam GIl) yang dulunya merupakan anggota NIS. Ia menjadi pastor akibat trauma harus melempar bom pada anak-anak saat dulu bertugas. Kim Hae Il terkenal memiliki temperamen yang buruk, sehingga ia dipindahkan ke Gudam dan tinggal bersama Pastor Lee Young Jun. Walaupun selalu dipenuhi amarah, Kim Hae Il peduli akan ketidakadilan.

Baca Juga: Tamat, 10 Momen Kocak di Drama Vincenzo Ini Bakal Bikin Kangen!

5. Tokoh utama wanita yang sama-sama badass dan bekerja di bidang hukum

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/tvndrama.official | Dok. SBS/The Fiery Priest

Di drama Vincenzo, Jeon Yeo Bin berperan sebagai pengacara eksentrik bernama Hong Cha Young. Sebagai pengacara, Hong Cha Young menghalalkan segala cara asal tidak membunuh untuk memenangkan kasus. Ia bekerja untuk firma hukum Woosang yang mendukung Grup Babel.

Jika drama Vincenzo memiliki Hong Cha Young, drama The Fiery Priest punya Park Kyeong Seon yang juga berkepribadian eksentrik dan berkecimpung di bidang hukum. Park Kyeong Seon merupakan jaksa korup yang menutupi kejahatan para petinggi Gudam. Ialah Lee Honey yang memerankan tokoh jaksa eksentrik tersebut. 

6. Kematian orang yang dihormati 

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/tvndrama.official | Dok. SBS/The Fiery Priest

Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin) memiliki seorang ayah bernama Hong Yu Chan (Yoo Jae Myung), yang juga bekerja sebagai pengacara. Keduanya memiliki hubungan yang kurang harmonis dan beberapa kali harus bersaing dalam sidang. Kematian Hong Yu Chan yang disamarkan menjadi kecelakaan membuat Hong Cha Young dan Vincenzo bekerja sama untuk menghancurkan Grup Babel.

Dalam drama The Fiery Priest, kematian Pastor Lee Young Jun, yang dihormati oleh pengurus maupun jemaat gereja, disamarkan menjadi kasus bunuh diri. Jaksa Park Kyeong Seon yang awalnya menutupi kejahatan petinggi Gudam berbalik membalas dendam setelah dikhianati. Pastor Kim Hae Il, jaksa Park Kyeong Seon, dan detektif Goo Dae Young saling bekerja sama untuk mengungkap kasus kematian sang pastor.

7. Orang-orang hebat tersembunyi di sekitar para protagonis 

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/tvndrama.official | Dok. SBS/The Fiery Priest)

Dalam dramaVincenzo, penghuni Plaza Geumga yang masih bertahan memiliki kerja sama yang kompak walaupun tingkahnya kerap kali tak biasa. Di balik aksi absurd para penghuni Plaza Geumga, rupanya mereka memiliki latar belakang dan kemampuan hebat. Mulai dari anggota BIN hingga hacker andal berkumpul dan siap membantu Vincenzo.

Para penghuni gereja di drama The Fiery Priest juga tak kalah hebat. Pastor Han yang kalem ternyata pernah menjadi aktor cilik terkenal. Kepala biarawati gereja Gudam juga tak kalah keren. Dulunya ia merupakan pejudi andal yang dikenal dengan sebutan Ten Tailed Fox atau rubah berekor sepuluh.

8. Sama-sama ada tokoh preman yang bertaubat

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/tvndrama.official | Dok. SBS/The Fiery Priest)_

Di drama Vincenzo ada tokoh Park Seok Do (Kim Young Woong), yang merupakan pimpinan preman yang dibayar oleh Konstruksi Babel untuk mengusir para penghuni Plaza Geumga. Merasa pernah dikhianati oleh Grup Babel, kelompok preman tersebut menjadi bagian dari penghuni Plaza Geumga. Mereka membuka jasa pelarian lewat balon udara bernama Bye-bye Balloon.

Penonton drama The Fiery Priest mungkin tak asing lagi dengan sosok Jang Ryeong (Eum Moon Suk). Ia menjadi salah satu preman yang ditugaskan untuk mengusir penduduk gereja. Ia juga hobi melakukan perundungan terhadap Song Sac, imigran asal Thailand. Pada akhirnya Jang Ryeong mendapat balasan dari Song Sac, yang ternyata pandai bela diri.

9. Duo antagonis yang sama-sama bersaudara tiri

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/taecyeonokay | Dok. SBS/The Fiery Priest)

Jika drama Vincenzo memiliki Jang Han Seok (Ok Taecyeon) dan Jang Han Seo (Kwak Dong Yeon) sebagai penerus Grup Babel, drama The Fiery Priest memiliki Jung Dong Ja (Jung Young ju) dan Hwang Chul Bum (Go Joon) yang menguasai Gudam. Mereka merupakan antagonis yang bersaudara tiri.

Jang Han Seok berpura-pura menjadi pemagang di firma hukum Woosang dengan nama Jang Joon Woo. Di balik muka polosnya, ia lah yang mengendalikan Grup Babel dengan menjadikan Jang Han Seo sebagai CEO boneka.

Sedangkan, Jung Dong Ja merupakan pejabat Gudam. Ia memiliki adik tiri bernama Hwang Chul Bum yang menjabat sebagai CEO Daebum Trading. Perusahan yang dikelola Hwang Chul Bum tak lain ialah untuk melakukan transaksi ilegal.

10. Walaupun singkat, kedua drama ini memperlihatkan keberagaman dalam beragama

Penulisnya Sama, 10 Kemiripan Drama Vincenzo dan The Fiery Priest Scene Drama Korea Vincenzo dan The Fiery Priest (instagram.com/tvndrama.official | Dok. SBS/The Fiery Priest)

Plaza Geumga di drama Vincenzo tidak hanya dihuni oleh orang-orang yang membuka usaha, namun ada juga biksu yang membuka kuil bernama kuil Nanyak di sana. Dalam suatu adegan, terlihat seorang biksu tengah memanggul salib yang berasal dari gereja terbengkalai. Salib tersebut diantarkan ke gereja Geumga.

Sedangkan dalam drama The Fiery Priest, tiga tokoh pemuka agama yang berbeda mencoba untuk mengeluarkan Pastor Kim Hae Il (Kim Nam Gil) yang saat itu tengah ditahan kepolisian. Ketiganya mencoba meyakinkan polisi dengan menyebutkan kebaikan Kim Hae Il agar polisi membebaskannya. Mereka bahkan berdoa dengan cara masing-masing agar pihak polisi dapat menemukan solusi untuk membebaskan Kim Hae Il.

Demikian ulasan tentang beberapa kesamaan dalam drama Vincenzo dan The Fiery Priest yang ditulis oleh penulis Park Jae Bum. Sama-sama populer, mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Vincenzo Tamat, 11 Gaya Charming Song Joong Ki Ini Bikin Gagal Move On

Astri Supriyati Photo Verified Writer Astri Supriyati

An illegirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya