Comscore Tracker

5 Lagu "National Anthem" Boy Grup SM Entertainment, Mana Favoritmu? 

Kamu setuju gak nih?

Sebagai agensi terbesar di Korea, SM Ent selalu melahirkan grup-grup yang berkualitas. SM punya ciri khas sendiri untuk mendebutkan artisnya, mulai dari visual, vokal sampai genre lagu. Rata-rata grup besutan SM Ent sangat sukses dan meraih popularitas yang luar biasa. Setiap grup memiliki fandom besar di mana penggemarnya tersebar di seluruh dunia. 

Yang gak kalah unik, semua boy group asuhan SM Ent selalu punya national anthem atau "lagu kebangsaan". Julukan national anthem diberikan untuk lagu yang paling berkesan, populer dan paling banyak di favoritkan penggemar sehingga dipilih sebagai lagu kebangsaan fandom.

Setiap kali national anthem ini dinyanyikan, penggemar akan melakukan fan chat khusus sehingga lagunya terdengar lebih keren! Nah, berikut ini lima national anthem milik boy grup SM Ent, yuk nyanyi sama-sama.

1. TVXQ - Mirotic

https://www.youtube.com/embed/HtJS32n6LNQ

Old but gold  merupakan definisi yang tepat untuk lagu Mirotic. Mirotic adalah national anthem milik TVXQ dan Cassiopeia. Rilis pada tahun 2008, Mirotic jadi lagu paling hits dan populer di masanya. Ditambah penjualan album yang fantastis, Mirotic juga diganjar banyak penghargaan bergengsi. Mirotic bahkan masih sering dinyanyikan TVXQ saat konser, lho. Makanya, Cassiopeia memilih Mirotic sebagai national anthem karena dipenuhi kenangan manis yang sangat berkesan. 

2. Super Junior - Sorry Sorry

https://www.youtube.com/embed/x6QA3m58DQw

Siapa yang tak kenal lagu legendaris Sorry Sorry dari Super Junior? Sorry Sorry meledak ke seluruh penjuru Asia termasuk Indonesia. Belum lagi koreografinya yang sangat khas dan jadi candu. Konsep video klip juga dibuat sangat apik dengan sentuhan hitam putih. Pokoknya kalau dulu gak tahu lagu Sorry Sorry, kamu belum disebut sebagai Kpopers yang hits. Soal kualitas lagu gak perlu ditanyakan lagi deh, sekali dengar langsung eargasm! 

Baca Juga: Super Enak, 5 Grup Musik Korea Ini Lagunya Wajib Masuk Playlistmu!

3. SHINee - Replay

https://www.youtube.com/embed/VTASffPQGhY

SHINee adalah grup dengan paket lengkap mulai dari visual, kualitas vokal sampai best dancer. Sama seperti para sunbaenim, SHINee juga punya lagu legendaris yang jadi national anthem Shawol, yaitu Replay. Replay adalah lagu debut SHINee dengan lirik yang manis dan video klip yang cute. Hayo, siapa yang kangen dengan lagu Replay? 

4. EXO - Growl

https://www.youtube.com/embed/I3dezFzsNss

Masuk era generasi ke-3, ada EXO dengan Growl yang menjadi national anthem EXO-L! Sejak pertama kali rilis, Growl langsung mencetak sejarah dengan kesuksesan yang luar biasa. Makanya, Growl dinobatkan sebagai lagu kebangasaan apalagi dengan fan chant EXO-L yang bikin merinding. Saking suksesnya penjualan lagu Growl, SM Ent sampai bisa membangun gedung baru, lho. EXO memang daebak! 

5. NCT U-7th Sense

https://www.youtube.com/embed/3UGMDJ9kZCA

SM Ent selalu punya cara unik untuk memberikan warna bagi setiap grup asuhannya, salah satunya NCT U dengan lagu andalannya 7th Sense. 7th Sense punya genre pop dengan sentuhan musik hip hop dan EDM yang keren. Selain itu, 7th Sense memiliki MV estetik disertai lirik lagu yang penuh teori dan makna yang dalam. Tak salah rasanya kalau 7th Sense dipilih sebagai national anthem  NCT U yang mewakili sub unit grup induknya, yakni NCT. 

Bagi fandom masing-masing, lagu tadi terasa begitu spesial dan punya kenangan indah sampai disebut national anthem. Jadi, yang mana lagu favorit kamu? 

Baca Juga: 7 Lagu Hits yang Berhasil Bikin Industri Musik KPop Makin Mendunia

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You