Comscore Tracker

Bikin Deg-degan, Ini 10 Film Bertema Bencana Alam Paling Mengerikan

Sudah pernah menontonnya?

Seperti yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini, khususnya di Indonesia, banyak terjadi bencana alam. Mulai dari gempa, banjir, tanah longsor, gunung meletus hingga tsunami. Hal tersebut harus membuat kita selalu waspada agar selalu berhati-hati.

Bicara tentang bencana alam, ternyata ada beberapa film dunia yang bertema tentang bencana alam. Film yang menampilkan adegan menegangkan dan juga mencekam. Selain itu juga, film bencana alam biasanya menyatukan beberapa genre mulai dari action, drama, romantis hingga thriller. Bagi kalian yang belum tahu, film bencana alam disebut juga dengan film disaster.

Nah apa saja film tentang bencana alam yang bikin kita merinding? Berikut 10 film bertema bencana alam yang paling mengerikan.

1. 2012

https://www.youtube.com/embed/rvI66Xaj9-o

Film 2012 merupakan film dari Columbia Pictures dan tayang pada tahun 2012. Film ini juga film yang sempat menjadi fenomena pada waktu itu. Film ini diangkat dari isu yang saat itu banyak beredar ramalan tentang terjadinya kiamat pada tahun 2012. Film 2012 bercerita tentang seluruh penduduk bumi yang tidak menyadari bahwa tempat tinggal ini memiliki waktu kiamat yang akan segera tiba.

Bentuk kiamat yang mereka hadapi adalah bencana alam yang sangat besar dan tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Ilmuwan asal Amerika yang bernama Dr. Adrian memperingatkan akan datangnya bencana tersebut. Hingga para pemimpin dunia memulai persiapan rahasia untuk menyelamatkan kelangsungan hidup mereka semua.

2. The Day After Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/Ku_IseK3xTc

Film The Day After Tomorrow ini merupakan film dari 20th Century Fox yang bergenre fiksi ilmiah dan tayang pada tahun 2004. The Day After Tomorrow menceritakan tentang seorang ahli iklim dan cuaca yang bernama Jack Hall. Jack ini menemukan teori bahwa bumi sebentar lagi akan mengalami bencana akibat pemanasan global. Namun ketika teori Jack disampaikan konferensi PBB, teori tersebut dianggap hanya lelucon dan tidak bisa dibuktikan.

Sampai suatu ketika teori tersebut akhirnya menjadi kenyataan. Cuaca menjadi sangat dingin dan terjadi badai salju yang sangat ekstrim. Cuaca tersebut, semakin hari semakin meningkat hingga menjadikan benda yang berada di luar menjadi es karena saking dinginnya cuaca tersebut. Film ini juga diangkat dari isu yang tengah populer tentang pemanasan global yang dapat menyebabkan kerusakan bumi secara perlahan. 

3. San Andreas

https://www.youtube.com/embed/23VflsU3kZE

Film ini merupakan film drama thriller dari Warner Bros dan dirilis pada tahun 2015. San Andreas merupakan film tentang bencana alam gempa yang terjadi di kota San Fransisco. Film ini menceritakan tentang pilot helikopter dari pemadam kebakaran yang bernama Ray (Dwayne Johnson).

Bencana alam gempa bumi ini terjadi di California dengan kekuatan yang sangat besar sampai 9 SR. Ray bersama mantan istrinya mencoba melakukan perjalanan ke San Fransisco untuk menyelamatkan putrinya yang bernama Blake. Banyak halangan dan rintangan yang harus dihadapi bersama istrinya untuk sampai dan menjemput anaknya.

4. Into The Storm

https://www.youtube.com/embed/A_kj8EKhV3w

Film bencana yang dirilis tahun 2014 oleh New Line Cinema ini menceritakan tentang badai tornado terbesar yang belum pernah terjadi dalam sejarah. Film ini menceritakan sebuah kota Sylverstone yang rusak parah karena badai dan tornado. Film ini sangat menegangkan dan dengan menonton film ini kalian dapat mengetahui bagaimana angin tornado yang sangat besar merusak dan menghancurkan setiap benda yang dilewatinya. 

5. Poseidon

https://www.youtube.com/embed/PLcLUEE2pyY

Film dari Warner Bros dan dirilis pada tahun 2006 ini menceritakan tentang bencana alam yang berada di lautan tepatnya di Samudera Atlantik. Film ini mengisahkan tentang sebuah kapal yang bernama Poseidon, kapal besar sekaligus canggih yang mampu menampung banyak penumpang. Tidak pernah ada yang menyangka bahwa kapal Poseidon mengalami sebuah kecelakaan ketika sedang berada di laut.

Ketika kapal tersebut berada di samudera Atlantik, tiba-tiba karena cuaca buruk kapal ini diterjang oleh gelombang ganas yang langsung membuat kapal tersebut menjadi terbalik. Film ini juga bisa dibilang sebagai film survival, karena dalam film ini menceritakan juga sebagian penumpang menyelamatkan diri dari kapal yang telah terbalik dan semakin tenggelam. 

Baca Juga: Seru Abis, 8 Film Action Ini Hadirkan Adegan Parkour yang Atraktif!

6. The Perfect Storm

https://www.youtube.com/embed/PYWQZAMC26Q

The Perfect Storm merupakan film dari Warner Bros dan tayang pada tahun 2000 yang juga menceritakan tentang badai yang terjadi di lautan lepas. Film ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan tentang beberapa nelayan pencari ikan yang berlayar mengarungi lautan untuk mendapatkan tangkapan ikan yang banyak.

Namun, ketika mereka sudah mendapat banyak tangkapan ikan, tiba-tiba dit engah lautan mesin pendingin yang berada dikapal mereka mati. Sampai akhirnya, mereka mau tidak mau harus bergegas kembali ke pelabuhan walaupn harus menerjang badai besar dan berbahaya. 

7. Twister

https://www.youtube.com/embed/OgG2jfBfLzI

Twister merupakan film dari Warner Bros dan dirilis pada tahun 1996 yang menceritakan tentang bencana angin tornado yang sudah terkenal ganas dan berbahaya. Film ini mengisahkan tentang tim pemburu badai yang mencoba mengumpulkan data dan meneliti tentang kejadian alam seperti tornado.

Dalam waktu yang bersamaan mereka bersaing dengan tim lain yang didanai oleh pemerintah. Film ini bergenre drama dan disaster, ada drama yang mengisahkan sepasang suami istri yang hampir bercerai dan kembali bersama karena dengan adanya bencana alam tersebut. 

8. The Wave

https://www.youtube.com/embed/QPIOV-tCaEU

The Wave merupkan film dari Fantefilm dan tayang pada tahun 2016. Film ini berasal dari Norwegia dengan genre action drama dan thriller. The Wave bercerita tentang sebuah bencana menegangkan yang dialami oleh Christian, seorang ahli geologi yang tinggal di sebuah desa kecil.

Gelombang air pasang dengan tinggi lebih dari 80 meter telah menerjang apapun yang telah dilaluinya dan akan segera tiba di desa kecil tersebut. Christian harus berjuang menyelamatkan istrinya serta kedua anaknya yang terpisah saat bencana terjadi. 

9. Pompeii

https://www.youtube.com/embed/D9xWL1FlmE8

Film ini adalah film petualangan yang menceritakan tentang meletusnya gunung Vesuvius yang menghancurkan kota romawi kuno khususnya kota Pompeii. Film ini diangkat dari kisah yang terjadi pada tahun 79 Masehi yang bercerita tentang seorang budak yang menjalin cinta dengan putri majikannya. Namun perjalan cinta mengalami hadangan yang sangat berat.

Bukan saja karena perbedaan kasta status tapi juga karena munculnya bencana yang sangat hebat saat itu. Gunung Vesuvius meletus dengan kekuatan 40 bom nuklir selama dua hari. Hingga menghancur leburkan kota Pompeii dan membuatnya terkubur abu setinggi 4 sampai 6 meter. Film ini adalah film yang diangkat dari kisah nyata dan tayang pada tahun 2014. 

10. The Impossible

https://www.youtube.com/embed/Bgw394ZKsis

Film ini merupakan fil tentang bencana tsunami yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada desember 2004 silam. Bencana ini merupakan bencana tsunami terbesar yang mengguncang negara-negara di lautan hindia termasuk Indonesia. Dan bencana ini menewaskan lebih dari 230.000 orang. Film The Impossible menceritakan tentang sebuah keluarga yang sedang mengadakan liburan natal dipantai yang berada di Thailand.

Namun ketika mereka sedang bermain asyik dan bersantai di kolam renang, air laut tiba-tiba meluap dan memporak-porandakan seluruh bangunan yang berada di dekat pantai. Termasuk kota yang mereka kunjungi. Cerita yang disajikan dala film ini sangat dramatis dan sangat realistis. Film ini merupakan film yang sangat sukses dan mendapatkan banyak penghargaan. 

Itu dia sejumlah film bertema bencana alam yang mengerikan. Sudahkah kamu menonton salah satunya?

Baca Juga: Sukses dengan Glass, Ini 5 Film Lain James McAvoy yang Wajib Ditonton!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya