Comscore Tracker

Tak Hanya Spirited Away, 5 Film Anime Ini Raih Penghargaan Bergengsi

Film anime mana yang jadi favoritmu?

Anime merupakan serial film animasi dari Jepang yang sudah menjadi tontonan populer saat ini. Bagi yang suka anime, mungkin kamu lebih suka nonton serial. Namun ternyata, ada juga film anime yang memiliki kualitas yang tak kalah dari serial anime biasa. 

Bahkan, film anime ini masuk dalam box office hingga menorehkan penghargaan bergengsi. Film anime yang masuk box office juga mampu mengalahkan popularitas film animasi ternama hollywood, salah satunya Spirited Away yang berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi Oscar.

Namun, tak hanya Spirited Away, ada beberapa film anime lain yang berhasil menyabet penghargaan bergengsi. Berikut lima film anime yang meraih penghargaan bergengsi.

1. Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi)

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakush mengangkat cerita tentang seorang gadis kecil bernama Chihiro Ogino yang secara tidak sengaja masuk ke dunia arwah. Awalnya, Chihiro dan orangtuanya hendak mencari jalan ke rumah barunya, namun mereka justru tersesat ke dalam perlintasan antara gerbang dunia arwah dan dunia manusia.

Orangtuanya justru penasaran sehingga mereka terus berkeliling untuk mencari tahu tentang tempat itu. Hingga akhirnya, mereka berubah wujud menjadi babi karena memakan makanan dari dunia arwah tersebut.

Dalam usaha menyelamatkan kedua orangtuanya, Chihiro bertemu penjaga dunia arwah yang bernama Haku. Chihiro pun dibantu Haku untuk kembali ke dunia manusia. 

Spirited Away merupakan film anime yang dirilis di Jepang pada Juli 2001. Anime ini telah ditonton sekitar 23 juta penonton dan berhasil meraih keuntungan sebesar 30 miliar yen (Rp4,4 triliun).

Dengan perolehan tersebut, film anime ini mampu mengukir sejarah menjadi yang filmtersukses di Jepang, bahkan mengalahkan Titanic. Puncaknya, Spirited Away berhasil meraih penghargaan Oscar sebagai film animasi terbaik pada 2002.

2. Your Name (Kimi no Nawa)

https://www.youtube.com/embed/xU47nhruN-Q

Your Name atau Kimi no Nawa bercerita tentang Taki, seorang siswa di Tokyo dan Mitsuha, seorang siswi di pedesaan terpencil Jepang. Taki dan Mitsuha mengalami hal aneh setiap kali bangun dari tidur yaitu bertukar tubuh.

Kehidupan keduanya kacau hingga akhirnya Taki dan Mitsuha mencari petunjuk agar keduanya bisa dipertemukan sehingga kejanggalan ini bisa segera terselesaikan. Akhirnya, mereka bisa bertemu dan mengetahui bahwa ada suatu hal yang pernah terjadi di antara mereka. 

Your Name dirilis perdana pada 6 Juli 2016 di Anime Expo Los Angeles, California. Film anime ini cukup sukses meraih pendapatan kotor sebesar 6,29 miliar yen (Rp917 miliar) dalam waktu 3 minggu.

Tak hanya dari sisi komersial, Your Name juga berhasil meraih penghargaan dari Los Angeles Film Critics Award sebagai Film Animasi Terbaik 2016. Penghargaan ini layak diberikan karena mencatatkan sejarah baru dengan mendominasi puncak tertinggi box office Jepang selama 9 minggu berturut-turut.

Baca Juga: 5 Makhluk Pemangsa Manusia di Dunia Anime yang Bikin Ngeri Sendiri!

3. Princess Mononoke (Mononoke Hime)

https://www.youtube.com/embed/4OiMOHRDs14

Princess Mononoke mengisahkan makhluk supranatural berwujud babi raksasa yang menyerang sebuah desa. Seorang pangeran mencoba melindungi desa, namun ia justru mendapat luka di lengannya.

Siapa sangka, luka tersebut ternyata sebuah kutukan yang bisa memunculkan kekuatan super, namun kekuatan tersebut bisa merenggut nyawa pemiliknya. Untuk menyembuhkannya, pangeran tersebut harus pergi ke wilayah barat yang merupakan tempat asal makhluk supranatural.

Film anime ini dirilis perdana pada 12 Juli 1997 dan berhasil meraih banyak penghargaan bergengsi seperti dalam Mainichi Film Award sebagai kategori Film Terbaik 1997. Setahun kemudian, Princess Mononoke juga menang di kategori yang sama dalam ajang Japan Academy Film Prize.

4. A Silent Voice (Koe no Katachi)

https://www.youtube.com/embed/b_ePl3_RpJ0

A Silent Voice mengangkat cerita tentang bocah laki-laki bernama Ishida Shouya yang dikenal sebagai anak nakal karena sering membuat onar. Suatu ketika, ada gadis tuli bernama Nishimiya Shouko yang menjadi murid baru di kelas Ishida.

Ishida yang dikenal nakal melakukan perundungan. Namun, saat beranjak dewasa, Ishida menyadari bahwa kelakuannya dulu kepada Nishimiya merupakan perilaku tercela. Meskipun telah menyesali dan berusaha menebus kesalahannya, Ishida terus dihantui penyesalan yang mendalam hingga terlintas di benaknya untuk mengakhiri hidup. 

A Silent Voice dirilis perdana di Jepang pada 17 September 2016. Bertengger di peringkat kedua box office Jepang, film anime ini meraih keuntungan sekitar USD33 juta (Rp518 miliar).

Penghargaan yang pernah diraih A Silent Voice yaitu Film Animasi Terbaik 2017 dari Japan Movie Critics Award. Selain itu, film anime ini juga terpilih sebagai salah satu dari berbagai film pilihan dalam Festival Film Animasi Internasional Annecy 2017.

5. Wolf Children (Ookami Kodomo no Ame to Yuki)

https://www.youtube.com/embed/ed1xwAtF728

Wolf Children mengangkat cerita tentang perjuangan seorang ibu bernama Hana yang membesarkan dua anaknya yang merupakan werewolf. Awalnya, Hana jatuh cinta pada lelaki misterius yang ikut kuliah di kelasnya.

Saat malam purnama tiba, lelaki tersebut menampakkan wujud aslinya. Kemudian, ia pun mengungkapkan jati dirinya kepada Hana bahwa dirinya bukan manusia biasa, melainkan setengah serigala.

Meskipun demikian, Hana tetap mencintainya hingga memutuskan untuk berkeluarga dan dikaruniai dua orang anak bernama Ame dan Yuki. Suatu ketika, saat berburu makanan, kekasihnya justru terbunuh.

Hana harus berjuang sendirian membesarkan kedua anaknya yang juga merupakan werewolf. Wolf Children dirilis perdana di Prancis pada 25 Juni 2012. Film anime ini menjadi film animasi Jepang terlaris kelima pada 2012 dengan keuntungan 4,2 miliar yen (Rp613 miliar).

Film ini mendapat penghargaan Best Animation Film dalam ajang Mainichi Film Award pada 2012. Setahun kemudian, Wolf Children mendapatkan penghargaan Animation of the Year di Japan Academy Film Prize dan Tokyo International Anime Fair (TAF).

Sementara, dari dunia internasional, film ini mendapatkan penghargaan dari Oslo Films from the South Festival pada 2012 dan Home Media Magazine sebagai Best Anime Disc pada 2014.

Film anime tersebut sangat layak kamu tonton untuk menemani waktu di rumah. Dari film anime tersebut, mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya