Comscore Tracker

6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan Independen

Semangat dan kemandirian mereka patut untuk ditiru, nih

Sejak merilis Snow White and The Seven Dwarfs pada tahun 1937, Disney mendominasi dunia perfilman anak. Putri kerajaan pada film-film Disney lawas hampir memiliki akhir bahagia yang sama serta menikah dengan pangeran.

Namun seiring berjalannya waktu, karakter perempuan Disney dibuat semakin independen dan memiliki kemandirian, tak kalah tangguh dengan karakter pria.

Beberapa karakter tersebut ada di deretan film Disney berikut ini, nih. Mari kita simak!

1. Mulan

6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan IndependenMulan di Film Mulan tahun 1998 (dok. Disney/Mulan)

Film Mulan dirilis pada tahun 1998 menampilkan karakter Princess yang berbeda dari sebelumnya. Mulan berpura-pura menjadi laki-laki untuk ikut berperang menggantikan ayahnya yang sakit. Dengan keberanian dan kegigihannya dalam berlatih, Mulan menjadi prajurit tangguh hingga ia dapat melindungi orang-orang di sekitarnya dan menyelamatkan kerajaan.

2. The Princess and The Frog

6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan IndependenTiana di Film The Princess and The Frog (dok. Disney/The Princess and The Frog)

Tiana bermimpi untuk membangun restorannya sendiri. Ia mendedikasikan dirinya dengan bekerja keras walaupun Tiana memiliki pangeran. Mencapai kemandirian dan stabilitas ekonomi adalah tujuan utama hidupnya.

3. Brave

6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan IndependenMerida di Film Brave (dok. Pixar/Brave)

Orangtua Merida ingin menjodohkannya dengan pangeran. Namun Merida sangat vokal tentang memilih jalannya sendiri. Ia juga menentang norma gender dengan bersikap tomboy. Pada akhir film, Merida mengajari orang-orang di sekitarnya bahwa perempuan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran serta menjadi diri sendiri adalah hal paling penting.

Baca Juga: 8 Woman Fighter di KDrama Terbaru, Damage-nya Bukan Main!

4. Moana

6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan IndependenMoana di Film Moana (dok. Disney/Moana)

Moana merupakan film yang dirilis pada tahun 2016 berkisah tentang gadis pulau yang belajar untuk mengikuti jalan dan impiannya, sambil tetap terhubung dengan keluarga dan tanggung jawabnya. Moana rela berpetualang untuk menyelamatkan pulaunya dan berpegang teguh akan apa yang ia anggap benar.

5. Frozen

6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan IndependenElsa di Film Frozen (dok. Disney/Frozen)

Elsa terjebak dalam keadaan yang membuatnya merasa insecure karena kekuatannya dianggap kutukan. Ia berjuang untuk melawan ketakutannya bersama Anna, adik Elsa, yang membantunya untuk menemukan keberanian dan menyelamatkan Kerajaan Arendelle dari malapetaka. Hingga akhir film, karakter Elsa tidak memiliki love interest dan hanya berfokus pada keluarga serta kerajaannya.

6. Raya and The Last Dragon

6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan IndependenRaya di Film Raya and The Last Dragon (dok. Disney/Raya and The Last Dragon)

Karakter Raya digambarkan sebagai gadis yang tidak ragu-ragu menegaskan tujuannya dan melewati rintangan. Karakter independen dalam film ini tak hanya Raya, namun ada beberapa karakter perempuan lainnya yang masing-masing memiliki motif serta keyakinan atas apa yang mereka perjuangan.

Walaupun mereka adalah princess, namun karakternya yang independen serta powerful patut untuk disontek. Semoga semangat deretan karakter di atas menginspirasi kalian dalam menjalani hidup, ya. 

Baca Juga: 7 Karakter Independent Woman di KDrama yang Bisa Kamu Tiru

atika siska Photo Writer atika siska

write to escape

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya