Comscore Tracker

Dukung Musisi Lokal, 5 Fakta Kampanye JOOX Rumah Jagoan Lokal

Ajak .Feast hingga Tasya Rosmala #IDNTimesHype

JOOX Indonesia telah mengeluarkan sebuah kampanye bertajuk Rumah Jagoan Lokal. Lewat sesi konferensi pers virtual #KataHati Jagoan Lokal, mereka memberikan beberapa bocoran mengenai program kolaboratif bersama para musisi lokal yang menjadi bagian dari kampanye ini. Tak hanya itu, platform musik asal Asia ini juga menghadirkan fitur baru untuk para penggunanya, lho!

Mulai dari program diskusi interaktif, kanal musik dangdut, hingga radio, inilah beberapa fakta mengenai kampanye Rumah Jagoan Lokal.

1. Sebagai dukungan untuk musisi lokal

Dukung Musisi Lokal, 5 Fakta Kampanye JOOX Rumah Jagoan LokalRumah Jagoan Lokal (dok. JOOX Indonesia)

Dalam memperkenalkan karya musik kepada publik, para musisi harus rela mengeluarkan waktu dan tenaga untuk melakukan tur ke berbagai kota. Mengingat kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau, hal ini dapat sulit dilakukan oleh beberapa musisi, terutama yang tinggal di luar Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Tak hanya itu, adanya pandemik COVID-19 ini juga semakin membatasi mereka untuk berkarya.

"Sekarang memang sudah ada dunia virtual, tapi tetap saja sih kekuatan-kekuatan yang dari dunia luar internet sama saja, kayak dominasinya tetap besar (di Jakarta)," ujar band Kapal Udara di Konferensi Pers Virtual JOOX Indonesia "#KataHati Jagoan Lokal" via Zoom pada Rabu (27/1/2021).

"Tantangannya media sih ya, jadi kalau di daerah, lu harus punya tenaga lebih untuk bisa sampai ke apa yang lu inginkan, sedangkan kalau di Jakarta, karena ini pusat, jadi segala hal itu direct hasilnya," pungkas J. Alfredo alias Romantic Echoes dari Medan.

Agar para musisi dari berbagai macam daerah dapat memperkenalkan karya musik mereka dengan mudah, JOOX Indonesia memutuskan untuk membuat kampanye Rumah Jagoan Lokal. Kampanye ini juga akan didukung oleh fitur interaktif JOOX agar musik mereka semakin dikenal luas di publik.

"Musisi dan komunitas dapat memanfaatkan sederet fitur interaktif yang tersedia di JOOX untuk mempromosikan karya dan berinteraksi langsung dengan penikmat musik di seluruh Indonesia, seperti fitur karaoke, JOOX Live, comment, dan share lyric, " ujar Head of Marketing JOOX Indonesia Yuanita Agata.

2. Kolaborasi dengan musisi indie lokal

Dukung Musisi Lokal, 5 Fakta Kampanye JOOX Rumah Jagoan Lokal.Feast (Istimewa)

Sebagai upaya untuk mewujudkan kampanye ini, JOOX Indonesia telah berkolaborasi dengan tujuh musisi indie lokal dari kota yang berbeda. Adapun ketujuh musisi ini adalah .Feast dari Jakarta, Kapal Udara dari Makassar, Nosstress dari Denpasar, Sal Priadi dari Malang, Romantic Echoes dari Malang, The Panturas dari Bandung, dan FSTVLST dari Yogyakarta.

Para musisi ini juga telah dipromosikan melalui medium yang beragam, seperti media sosial, kegiatan bersama media, dan billboard yang telah dipasang di tujuh kota tersebut.

3. Program Kanal Komunal dan Vokal Lokal

Dukung Musisi Lokal, 5 Fakta Kampanye JOOX Rumah Jagoan LokalKapal Udara dan Romantic Echoes (dok. JOOX Indonesia)

JOOX Indonesia juga telah membuat beberapa program kolaboratif untuk mendukung karya dari para musisi lokal. Salah satu program kolaboratif tersebut adalah Kanal Komunal, sebuah diskusi interaktif antara musisi dengan komunitas kreatif yang akan membahas mengenai skena dan budaya musik di Indonesia. Program ini akan tayang di JOOX Live setiap Jumat pukul 20.00 WIB.

Selain itu, JOOX Indonesia dan beberapa musisi lokal juga berkolaborasi untuk mengeluarkan lagu-lagu eksklusif dalam program Vokal Lokal.

Baca Juga: 5 Fakta #TerimaKasih2020, JOOX Rilis Lagu Untuk Para Musisi

4. Kolaborasi dengan musisi dangdut lokal dalam OM JOOX

Dukung Musisi Lokal, 5 Fakta Kampanye JOOX Rumah Jagoan LokalTasya Rosmala (dok. JOOX Indonesia)

Selain musisi indie, JOOX Indonesia juga telah menggaet 12 musisi dangdut lokal untuk program kolaboratif mereka. Bertajuk Orkes Musik Dangdut atau OM JOOX, program ini akan menghadirkan 12 lagu orisinal dari para musisi dangdut lokal, 200 katalog lagu dangdut eksklusif, Dangdut Top Chart di setiap minggunya, kompetisi karaoke musik dangdut, hingga Dangdut Virtual Concert yang akan tayang di JOOX Live.

Adapun musisi dangdut yang terlibat dalam kolaborasi fase pertama adalah Lusiana Malala dan Andi Mbendol, Ndarboy Genk, Tasya Rosmala, dan Lala Widy, di mana lagu-lagu mereka telah rilis pada Desember 2020 lalu.

Sementara itu, musisi dangdut yang terlibat dalam fase kedua adalah Syahiba Saufa, Ilux, Vita Alvia, dan Anggun Pramudita. Lagu-lagu orisinal mereka dapat kalian dengar pada Februari 2021 mendatang.

5. Fitur radio

Dukung Musisi Lokal, 5 Fakta Kampanye JOOX Rumah Jagoan LokalFitur radio (dok. JOOX Indonesia)

Selain program kolaboratif yang menarik bersama para musisi lokal, JOOX Indonesia juga telah mengeluarkan fitur baru berupa radio di aplikasi mereka. Melalui fitur ini, para pengguna JOOX dapat mendengarkan konten yang lebih beragam dari beberapa daerah di Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga dapat mendengarkan musik lokal dari berbagai macam daerah.

"Jadi semua pengguna kita bisa menikmati berbagai stasiun radio yang mereka inginkan di mana pun tanpa adanya batasan frekuensi dengan kualitas audio yang lebih baik," ujar Yuanita.

Sementara itu, adapun beberapa radio yang telah JOOX Indonesia ajak untuk berkolaborasi adalah Prambors Jakarta, Motion Jakarta, Hot FM Jakarta, Radio Palupi Bangka, Raka FM Bandung, dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa fakta mengenai kampanye terbaru JOOX Indonesia untuk mendukung karya dari para musisi Tanah Air. Apakah ada musisi favorit kalian di sini?

Baca Juga: Konser JOOX Live Presents Surabaya Diramaikan Deretan Bintang Keren

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya