Comscore Tracker

Angkat Kisah Seekor Anjing Peliharaan, 5 Fakta Film June & Kopi

Film keluarga yang bikin haru dan gemas! #IDNTimesHype

Ada film keluarga baru yang akan segera menemani kalian, nih! Film ini berjudul June & Kopi dan mengisahkan tentang dua ekor anjing yang tinggal bersama sebuah keluarga kecil. Film yang dibintangi oleh Ryan Delon dan Acha Septriasa ini akan tayang pada 28 Januari 2021 di platform streaming Netflix.

Sebelum menonton film ini, yuk kita intip beberapa fakta mengenai June & Kopi di bawah ini.

 

1. Sinopsis June & Kopi

Angkat Kisah Seekor Anjing Peliharaan, 5 Fakta Film June & KopiJune & Kopi (dok. Netflix)

June & Kopi adalah film keluarga yang menceritakan tentang seekor anjing jalanan bernama June. Ia kemudian diadopsi oleh sebuah keluarga kecil yang terdiri dari pasangan suami istri bernama Ale dan Aya dan anjing peliharaan mereka, Kopi. Anggota mereka bertambah ketika Ale dan Aya dikaruniai anak perempuan, yakni Karin.

Seiring berjalannya cerita, June mencoba untuk beradaptasi di lingkungan baru ini agar bisa lebih dekat dengan mereka. Ia juga berusaha untuk mengatasi rasa takutnya terhadap anak kecil, terutama ketika berinteraksi dengan Karin.

2. Daftar pemain June & Kopi

Angkat Kisah Seekor Anjing Peliharaan, 5 Fakta Film June & KopiPara pemeran June & Kopi (dok. Netflix)

June dan Kopi diperankan oleh dua ekor anjing dengan nama yang sama. Keduanya diadopsi oleh sutradara Noviandra Santoso dan timnya di tempat penampungan anjing. Selain itu, masing-masing dari mereka juga mempunyai pemeran pengganti, yakni Suki dan Buddha.

Sementara itu, Ryan Delon dan Acha Septriasa telah didapuk sebagai pemeran utama di film ini. Berikut adalah para pemeran dari June & Kopi.

  1. Ryan Delon (Ale)
  2. Acha Septriasa (Aya)
  3. Makayla Rose Hilli (Karin)
  4. TJ (Ika)
  5. June dan Suki (June)
  6. Kopi dan Buddha (Kopi)

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Film Soul

3. Terinspirasi dari anjing milik sutradara

Angkat Kisah Seekor Anjing Peliharaan, 5 Fakta Film June & KopiJune dan Makayla Rose Hilli (dok. Netflix)

June & Kopi sendiri terinspirasi dari kisah nyata Noviandra dan beberapa anjing yang pernah ia rawat. Menurutnya, karakter June mempunyai persamaan dengan salah satu anjingnya yang takut terhadap laki-laki, sedangkan karakter Kopi mirip dengan Cody, salah satu anjing yang ia rawat dan mempunyai sifat ramah.

Sementara itu, sebagian besar interaksi antara keluarga Ale dan kedua anjing di film ini juga diambil dari interaksi Noviandra dengan anjing peliharaannya.

"Itu aku ambil dari interaksi aku dan anjing aku yang udah meninggal pas aku kuliah, dan kita tuh punya tradisi kami sendiri yang diulang-ulang setiap hari, kayak kalau pas aku pulang, dia tuh selalu loncat ke dada aku to say like, 'Welcome back!,'" ungkap Noviandra.

4. Proses pelatihan untuk pemeran anjing

Angkat Kisah Seekor Anjing Peliharaan, 5 Fakta Film June & KopiKopi (dok. Netflix)

Menurut Noviandra, ia dan tim pelatih membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga bulan untuk menyiapkan June dan Kopi agar bisa berakting di film ini. Latihan ini berbeda dengan latihan trik anjing pada umumnya, di mana mereka dilatih berdasarkan gerakan yang ingin ditampilkan di setiap adegan.

Tak hanya itu, para kru juga harus mengukur jarak tempat yang sesuai agar kedua anjing ini dapat berjalan dari satu titik ke yang lain dengan tepat.

"Mereka (June dan Kopi) bukan cuma ngelakuin trik di depan kamera, tapi mereka harus akting dan convey emosi di situ," ujar Noviandra.

"Kalau dia harus jalan, kita harus ngajarin dia untuk jalan, dan kalau dia perlu jogging, kita harus ngajarin dia ada command buat jogging, dan mereka juga harus belajar untuk bekerja dengan orang yang bukan pelatihnya, terutama dengan para pemain," tambah Noviandra, yang juga bekerja sebagai pelatih selama proses pembuatan film ini.

5. Bonding antara Acha dan Ryan dengan para pemeran anjing

Angkat Kisah Seekor Anjing Peliharaan, 5 Fakta Film June & KopiJune dan Acha Septriasa (dok. Netflix)

Baik Ryan Delon dan Acha Septriasa mengaku senang bisa bermain dengan June dan Kopi serta pemeran pengganti mereka.

Meskipun tidak mempunyai anjing peliharaan, Acha dan kedua pemeran June tetap dapat mengakrabkan diri mereka dengan mudah. Bahkan, June dan Suki sudah dianggap sebagai peliharaannya sendiri.

"Suki dekat banget sama aku karena dia memang suka menyapa, dan June itu a very smart dog karena dia hafalannya itu top banget dan enggak pernah salah setiap scene, sampai aku kayak dipaksa untuk selalu melahirkan adegan yang natural walaupun berapa pun take-nya karena si June memang se-natural itu," ujar Acha.

Sebagai pemilik tujuh anjing peliharaan di rumahnya, Ryan juga mengekspresikan keseruannya ketika berperan bersama June dan Kopi.

"Mereka itu bikin kita jatuh hati, karena mereka pintar, mereka cerdas, terus kalau take banyakan saya yang salah daripada anjingnya, pokoknya seru," canda Ryan.

Itu tadi beberapa informasi mengenai June & Kopi. Jangan lupa tonton film ini di Netflix pada 28 Januari 2021 mendatang, ya!

Baca Juga: 5 Film dan Serial Drama Tentang Keluarga Disfungsi yang Menguras Emosi

Topic:

  • Audrie Safira Maulana
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya