Comscore Tracker

Biodata dan Profil Gita Savitri, YouTuber yang Kembali Tuai Pro-Kontra

Gitasav trending lagi, komentarnya jadi sorotan

Gita Savitri kembali menuai perhatian masyarakat Indonesia. Baru-baru ini, Gita mengkritisi larangan LGBT yang dilakukan Qatar saat Piala Dunia 2022.

Buntut dari kritik tersebut, ia sampai trending di Twitter hingga gaya berhijabnya dikomentari. Yuk, kenal lebih jauh sama Gita Savitri.

1. Biodata singkat Gita Savitri

Biodata dan Profil Gita Savitri, YouTuber yang Kembali Tuai Pro-KontraGita Savitri (Instagram.com/gitasav/)
  • Nama Lengkap: Gita Savitri Devi
  • Nama panggilan: Gita
  • Tempat lahir: Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Tanggal Lahir: 27 Juli 1992
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Pekerjaan: YouTuber, Penyanyi, dan Penulis Buku
  • Instagram: @gitasav
  • YouTube: Gita Savitri Devi

2. Perjalanan karier Gita Savitri

Biodata dan Profil Gita Savitri, YouTuber yang Kembali Tuai Pro-KontraGita Savitri (Instagram.com/gitasav/)

Gita Savitri memulai kariernya sebagai YouTuber sejak 17 Desember 2009. Pada awalnya, ia mengunggah video cover untuk mengisi waktu luang saat gap year sebelum berkuliah.

Pada 2010, Gita pindah ke Berlin untuk melanjutkan pendidikannya. Saat berkuliah, Gita sesekali masih mengunggah video cover saat bernyanyi, baik sendiri maupun bersama suaminya, Paul Andre Partohap.

Barulah pada 24 Maret 2016, Gita mengunggah vlog pertamanya di Youtube Gita Savitri Devi. Vlognya rilis setiap minggu dan mengulas pengalaman selama Gita jadi mahasiswa di Berlin.

Pada tahun 2017, Gita merilis single bersama suaminya dengan nama Paul & Gata. Single berjudul "Seandainya" itu dijadikan soundtrack film Rentang Kisah (2020).

Di tahun yang sama, Gita juga merilis buku berjudul Rentang Kisah (2017) yang bercerita tentang pengalamannya selama berkuliah di Jerman. Buku tersebut juga diadaptasi menjadi film layar lebar yang diperankan oleh Beby Tsabina dan Bio One.

Baca Juga: 9 Potret Gita Savitri dan Paul Liburan Keliling Eropa, Seru Banget!

3. Karya Gita Savitri sebagai penyanyi dan penulis buku

Biodata dan Profil Gita Savitri, YouTuber yang Kembali Tuai Pro-KontraGita Savitri (Instagram.com/gitasav/)

Tidak hanya dikenal sebagai YouTuber, Gita Savitri juga merambah dunia tarik suara dan sastra. Yuk, simak karya-karyanya!

Buku:

  • Rentang Kisah (2017)
  • A Cup of Tea (2020)

Buku yang diadaptasi menjadi film:

  • Rentang Kisah (2020)

Single "Paul & Gita":

  • Seandainya (2017)
  • Merindukanmu (2019)
  • Memilihmu (2021)

4. Fakta Gita Savitri

Biodata dan Profil Gita Savitri, YouTuber yang Kembali Tuai Pro-KontraGita Savitri (Instagram.com/gitasav/)

Selain peduli dengan pendidikannya, Gita juga berbakat di bidang seni. Berikut beberapa fakta menarik tentang Gita:

  • Gita Savitri pernah mendaftar kuliah di ITB, tapi ia memilih untuk berkuliah di Jerman.
  • Setelah lulus SMA, Gita harus gap year setahun karena usianya belum cukup untuk berkuliah di Jerman. Ia akhirnya pindah ke Berlin pada 2010.
  • Gita lulusan Sarjana Kimia di Freie Universitat Berlin dan lulus di tahun 2017.
  • Setahun sebelum lulus, Gita kembali aktif dengan YouTubenya. Ia rutin membagikan vlog dan video inspiratif tentang pengalamannya di Jerman.
  • Di tahun 2017, kepopuleran Gita meningkat setelah merilis buku Rentang Kisah yang juga difilmkan.
  • Paul mulai sering berkolaborasi bersama di YouTube Gita sejak tahun 2013. Keduanya menikah pada 4 Agustus 2018.
  • Pada 2019, Gita dan Paul pindah ke Hamburg untuk mengejar karier sesuai dengan gelar sarjana mereka.
  • Gita disebut memiliki kemiripan dengan aktris Korea bernama Kim Ji Won.
  • Gita dan Paul juga mengisi beberapa soundtrack dari film layar lebar Rentang Kisah (2020).
  • Gita sering menyampaikan pemikirannya tentang isu sosial melalui konten di Instagram hingga YouTube.

5. Beberapa kontroversi Gita Savitri

Biodata dan Profil Gita Savitri, YouTuber yang Kembali Tuai Pro-KontraGita Savitri (Instagram.com/gitasav/)

Melalui channel YouTube-nya, Gita Savitri dan Paul mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk childfree. Keputusan itu mereka sampaikan pada tahun 2021 dan menimbulkan banyak kontroversi, karena masih dianggap awam.

Nama Gita Savitri sempat trending di Twitter lantaran mengkritisi soal aksi tutup mulut Jerman di Piala Dunia. Saat itu klub sepak bola Jerman melakukan aksi tutup mulut karena larangan menggunakan band pelangi.

"Masih banyak hal yang bisa mereka lakukan sebagai klub bola ternama di salah satu negara first world, gak cuma sekadar foto terus begini (gerakan tutup mulut). Buat bilang kalau mereka di-silent sama FIFA," Gita mengomentari soal aksi tersebut dalam video YouTube-nya, Trending di Twitter karena kritisi Qatar, yang diunggah pada Minggu (26/11/2022).

Di sisi lain, Gita juga menyayangkan aksi FIFA dan Qatar, terlebih karena larangan LGBT tersebut. "Qatar mengidentifikasikan diri mereka sebagai homofobia dengan argumen yang kurang pas. 'Ini budaya kita'. Pada dasarnya mereka berkata itu budaya mereka (Qatar), yaitu kita (sebagai orang Qatar) mendiskriminasi orang lain yang tidak heteroseksual," lanjutnya.

Gita dianggap mendukung  LGBT dan hal ini mendapat kecaman dari beberapa masyarakat. Di dalam vlognya itu, ia menyayangkan Qatar hanya menyoroti soal LGBT, sedangkan ketidakadilan lain yang cenderung terjadi terhadap perempuan tidak dikritisi.

Ia juga memberikan contoh, bagaimana jika dirinya seorang perempuan muslim dipaksa melepas hijab karena berada di Jerman. Metafora ini menurutnya hampir sama dengan larangan Qatar soal LGBT selama Piala Dunia 2022.

"Orang-orang open minded lah yang bikin gue itu bisa tinggal nyaman di Jerman. Kayak orang-orang open minded lah yang bikin muslim-muslim itu banyak yang bisa nyaman dan hidup senormal aja, senyaman aja di negara-negara yang bukan negara asalnya," jelas Gita tentang alasannya menjadi open minded, bukan konservatif.

Menyusul kontroversi tersebut, Gitasav juga disorot lantaran penampilan hijab turbannya akhir-akhir ini. Ia juga kedapatan menanggapi dengan pedas komentar netizen yang mempermasalahkan penampilannya. Netizen pun berdebat di social media. Banyak juga yang membela sang YouTuber, karena penampilan adalah urusan preferensi masing-masing.

https://www.youtube.com/embed/ArEcDfKVnFs

Baca Juga: Tak Ingin Punya Anak, 10 Potret Gita Savitri yang Tengah Disorot

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya