Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Squid Game, Image Lee Jung Jae Hancur di Sini

Biasa tampil keren, Lee Jung Jae beda banget di Squid Game

Serial drama terbaru Netflix, Squid Game sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar drama Korea. Memiliki 8 episode, drama ini akan segera tayang pada 17 September nanti. 

Ber-genre suspense, Squid Game dibintangi oleh Lee Jung Jae, Park Hae Soo, Jung Ho Yeon, dan Heo Sung Tae yang disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk. IDN Times mendapatkan kesempatan mengikuti press conference Squid Game pada Rabu (15/9/2021). Berikut faktanya menariknya! 

1. Pembuatan ide dari Squid Game sudah selesai sejak 2009

6 Fakta Menarik Squid Game, Image Lee Jung Jae Hancur di SiniStill Cut drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Dirilis tahun 2021, sebenarnya ide pembuatan Squid Game ini telah dibuat sejak 2008, setelah Hwang Dong Yuk melakukan debutnya dan menyelesaikan naskahnya di tahun 2009. 

"Saat itu, saya sedang sering-seringnya ke toko buku komik. Karena membaca begitu banyak komik, saya kepikiran untuk membuat sesuatu seperti cerita komik di Korea," tutur Hwang Dong Yuk. 

Sayangnya, pada saat itu, cerita tersebut sangatlah asing, terlalu kejam, dan sulit untuk dimengerti bagi kebanyakan orang. Hwang Dong Yuk menyatakan bahwa dia harus menyimpan cerita itu karena susah untuk investasi hingga casting untuk pemerannya. 

"Untungnya setelah satu dekade, waktu telah banyak berubah dan banyak orang yang mengatakan kalau cerita ini cukup mencerminkan kehidupan saat ini. Jadi dengan itu, saya memperluas ceritanya," tambah Hwang Dong Yuk. 

2. Judul Squid Game diambil dari permainan yang menjadi favorit sutradara saat kecil

6 Fakta Menarik Squid Game, Image Lee Jung Jae Hancur di SiniStill Cut drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Mungkin sampai sekarang, masih banyak yang bertanya-tanya, apa yang dimaksud dari Squid Game ini. Ternyata, judul ini terinspirasi dari salah satu permainan favorit sutradara Hwang Dong Yuk saat dirinya masih kecil. 

"Permainan Squid Game ini merupakan permainan yang menggunakan fisik paling banyak di antara permainan yang biasa saya mainkan saat kecil," tutur Hwang Dong Yuk. 

Ada pesan tersendiri yang ingin Dong Yuk sampaikan di dalam drama survival ini. Tidak hanya sekadar menjadi permainan favoritnya, Dong Yuk menyampaikan pendapatnya. 

"Permainan ini bisa menjadi permainan anak-anak yang paling simbolis untuk menunjukkan berbagai aspek dari masyarakat yang sangat kompetitif yang saat ini kita jalani," jelas Dong Yuk. 

3. Alasan dan esensi yang unik dalam pemilihan permainan anak-anak

6 Fakta Menarik Squid Game, Image Lee Jung Jae Hancur di SiniStill Cut drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Hwang Dong Yuk menyampaikan bahwa permainan anak-anak akan sangat mudah dimengerti. Para penonton akan lebih enjoy saat menonton drama ini. 

"Dengan peraturan yang mudah, jadi tidak akan ada energi yang habis hanya untuk menjelaskan peraturannya," tanggap Hwang Dong Yuk. 

Berbeda dengan drama survival pada umumnya, serial Squid Game memiliki sisi uniknya tersendiri. Walau menggunakan permainan anak-anak, ada satu hal yang ingin difokuskan oleh sutradara Hwang Dong Yuk. 

"Biasanya kalau di permainan, kita lebih sering fokus kepada pemenang. Tetapi di Squid Game, saya ingin memusatkan siapa yang kalah. Karena tidak akan ada pemenang kalau gak ada yang kalah," ujarnya. 

Permainan anak-anak yang dipilih dalam drama ini didominasi oleh permainan yang melekat dengan budaya Korea. Ketika ditanya apakah ada kekhawatiran jika gambaran permainan tersebut tidak sampai ke penonton global, berikut jawaban Hwang Dong Yuk. 

"Jika melihat semua permainan yang ada di Squid Game, ada beberapa yang mirip secara global. Walau memang melekat dengan Korea, karena ini permainan anak-anak, pasti sangat mudah dimengerti, kok. Dengan 10 detik pun, para penonton akan langsung memahami permainan tersebut," jawab Hwang Dong Yuk. 

Baca Juga: Sinopsis Squid Game, Thriller Menegangkan Tentang Masyarakat Kapitalis

4. Di drama Squid Game ini, sang sutradara ingin mengubah image Lee Jung Jae dari biasanya

6 Fakta Menarik Squid Game, Image Lee Jung Jae Hancur di SiniPress Conference drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Sebagai salah satu aktor andal, Squid Game bukan menjadi proyek drama pertama Lee Jung Jae. Dirinya memang dikenal selalu keren di berbagai drama yang pernah ia perankan. 

Tidak seperti proyek drama yang pernah dikerjakan sebelumnya, karakter dari Ki Hoon ini  sepenuhnya berbeda dari Lee Jung Jae. Karakter ini sangat baru untuk Lee Jung Jae sendiri. 

"Saya tidak ingin menyebutnya sebagai perubahan. Tetapi saat saya menonton episode terakhirnya, saya malah ketawa dan kaget sendiri dengan akting saya," tutur Lee Jung Jae sambil tertawa. 

Sang sutradara, Hwang Dong Yuk memiliki alasan tersendiri kenapa memilih Lee Jung Jae sebagai Ki Hoon. "Lee Jung Jae selalu memerankan karakter yang keren sejak karya-karyanya yang paling awal dan terbaru, itulah sebabnya saya ingin menghancurkan citra itu," jelas Hwang Dong Yuk . 

5. Chemistry Lee Jung Jae dan Park Hae Soo yang dibangun bagaikan anak kembar yang terpisah

6 Fakta Menarik Squid Game, Image Lee Jung Jae Hancur di SiniPress Conference drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Sutradara Hwang Dong Yuk ingin karakter dari Lee Jung Jae dan Park Hae Soo mirip seperti kembar fraternal. Karakter Ki Hoon dan Sang Woo menghabiskan masa kecil bersama dan berbagi kenangan yang sama. 

Seiring waktu berjalan, mereka berada di jalur yang berbeda. Satu dari mereka sukses dan satunya lagi gagal. Sang sutradara ingin chemistry mereka berdua seperti kembar yang terpisah namun kembali bertemu. 

"Ketika disatukan lagi di tempat yang sama dan menggunakan baju olahraga yang sama, kira-kira bagaimana akhirnya mereka untuk menghadapi kenyataan pahit," ujar Hwang Dong Yuk.

6. Pesan yang ingin diangkat di Squid Game oleh sutradara Hwang Dong Hyuk adalah untuk tidak hidup dengan penuh persaingan

6 Fakta Menarik Squid Game, Image Lee Jung Jae Hancur di SiniStill Cut drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Selain memiliki unsur-unsur yang menarik di dalamnya, tentu drama ini memiliki pesan dan makna yang hangat. Di kehidupan sehari-hari, tanpa disadari, kita mengalami banyak kompetisi. 

"Kompetisi yang ditunjukkan dalam drama ini hanyalah seperti kompetisi virtual saja dan akan ada aspek hiburannya juga," ujar Hwang Dong Yuk. 

Sutradara Hwang Dong Yuk mengatakan kalau kompetisi yang ada di Squid Game ini tidak sama dengan kompetisi yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari sehingga penonton dapat menikmati drama ini tanpa beban. 

"Namun, setelah menonton drama ini, mungkin para penonton akan mulai berpikir kenapa kita harus bersaing dengan keras di hidup ini dan itu akan membuat penonton juga berpikir kenapa saya harus hidup secara kompetitif. Itulah yang saya ingin sampaikan lewat drama ini," tambahnya. 

Itu dia 6 fakta menarik tentang serial drama terbaru Netflix, Squid Game. Drama ini akan tayang perdana pada Jumat (17/9/2020). Jangan lupa catat tanggalnya dan nonton dramanya ya, pasti bakal seru banget! 

Baca Juga: Review Squid Game, Permainan Anak-anak tapi Menegangkan

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya