Comscore Tracker

Meskipun Sedikit Jumpscare, 9 Film Horor Ini Tetap Asik Ditonton

Cocok untuk kalian yang tidak suka dikagetkan #IDNTimesHype

Horor dan jumpscare merupakan kombinasi yang sempurna jika dikemas dalam sebuah film. Jumpscare merupakan unsur yang dibuat untuk menjadi trigger dan menciptakan ketertarikan terhadap film horor.

Namun, hal itu tidak selalu dikombinasikan. Sebab, ada beberapa film horor yang minim jumpscare, namun tetap seru untuk ditonton.

Berikut 9 rekomendasi film horor dengan sedikit jumpscare. Cocok untuk yang suka 'ketenangan' di film horor!

1. Hereditary (2018)

https://www.youtube.com/embed/V6wWKNij_1M

Mari kita awali dengan sebuah film garapan Ari Aster ini. Mendapatkan warisan mungkin adalah sesuatu yang menyenangkan, namun bagaimana bila warisan yang didapat bukanlah harta melainkan hal yang berhubungan dengan supranatural?

Pastinya siapapun tidak mau mendapatkan warisan seperti itu. Nah, dalam film Hereditary ini penonton akan disuguhkan sebuah keluarga yang mulai merasakan kekuatan supranatural pasca seorang nenek meninggal secara misterius.

2. Midsommar (2019)

https://www.youtube.com/embed/1Vnghdsjmd0

Horor di siang hari, kenapa tidak? Film Midsommar bahkan membuktikannya. Film yang juga digarap oleh Ari Aster ini mengambil latar waktu yang lebih banyak terjadi di siang hari. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi nuansa horor yang diciptakan dalam film.

3. Silemce Of The Lambs (1991)

https://www.youtube.com/embed/W6Mm8Sbe__o

Siapa yang tak kenal dengan Hannibal Lecter? Seorang pembunuh keji yang bisa membuat kita merasa ngeri hanya karna melihat sosoknya.

Film ini membangun kengerian bukan dari jumpscare, melainkan suasana tokoh utama ketika beradegan di dalam film. Sungguh sangat mengerikan bila ternyata sosok Hannibal benar-benar ada di dunia nyata.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Menegangkan tentang Hiu Pembunuh yang Penuh Teror

4. Pet Sematary (2019)

https://www.youtube.com/embed/VllcgXSIJkE

Kematian hewan kesayangan merupakan kepedihan yang sangat dalam. Kadang kita juga berpikir untuk bisa menghidupkan kembali hewan peliharaan tersebut.

Film Pet Sematary pun dapat 'mengabulkannya'. Dalam film ini, penonton akan dibuat bertanya-tanya mengenai, apa jadinya jika hewan-hewan tadi bisa kita hidupkan kembali. Apakah akan sesuai ekspetasi atau sebaliknya?

5. Sinister (2012)

https://www.youtube.com/embed/_kbQAJR9YWQ

Anak-anak merupakan salah satu unsur penting dalam film horor. Dalam kebanyakan film, anak-anak akan dijadikan sebagai korban yang paling merasa ketakutan.

Namun, bagaimana jika ternyata anak kecil tersebut justru yang menjadi pelaku utama berbagai hal mengerikan? Kamu bisa menemukan jawabannya lewat film Sinister.

6. Bird Box (2018)

https://www.youtube.com/embed/o2AsIXSh2xo

Hati-hati dengan yang anda lihat! Mungkin itu slogan yang tepat untuk dipakai di film Bird Box ini. Hal tersebut karena banyak hal-hal menyeramkan berasal dari penglihatan kita.

Bird Box sendiri bercerita mengenai dua orang anak yang dipanggil Boy dan Girl. Keduanya memakai penutup mata dan terpaksa mengarugi sungai dan melewati hutan.

Penutup mata tadi berfungsi agar keduanya bisa terhidar dari bahaya yang disebabkan mahluk supranatural. Selain itu mereka juga harus bertahan hidup dan terhindar dari ancaman bunuh diridi.

Baca Juga: Horor dan Menegangkan, 10 Potret Cuplikan Film The 8th Night

7. A Quiet Place (2018) 

https://www.youtube.com/embed/WR7cc5t7tv8

Masih dengan film horor yang berhubungan dengan indra. Film selanjutnya yang bisa masuk watchlist kamu adalah A Quiet Place.

Kali ini indra pendengaran akan menjadi sumber ketakutannya. A Quiet Place sendiri bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari 4 anggota harus menjalani kehidupan mereka dalam sunyi sambil terus bersembunyi. Hal tersebut mereka lakukan lantaran harus menghindari mahluk yang memburu mereka lewat suara.

8. Inhuman Kiss (2019)

https://www.youtube.com/embed/CBEz-cJSGxo

Inhuman Kiss adalah film horor yang juga dibumbui dengan kisah percintaan. Mungkin kalian akan bertanya-tanya, bagaimana jadinya jika orang yang kita cintai ternyata bukan mansuia?

Nah, film Inhuman Kiss akan memberikan gambarannya. Para tokoh utama dalam film ini akan memperlihatkan, bagaimana mereka menghadapi problematika yang sekaligus jadi penghalang antara cinta mereka.

9. Goosebumps (2015)

https://www.youtube.com/embed/K4Nm1irH0q8

Bukan cuma percintaan yang bisa disisipkan dalam film horor, komedi juga bisa. Hal tersebut terbukti dari film horor yang disutradarai oleh Rob Letterman ini.

Beberapa adegan dalam film Goosebumps dapat membuat kita tertawa. Namun, ada juga adegan yang bisa bikin merinding di waktu yang bersamaan. Buat yang gak suka jumpscare, film Goosebumps bisa menjadi salah satu alternatif, nih.

Itulah 9 rekomendasi film horor minim jumpscare yang bisa masuk dalam watchlist kamu. Kira-kira, film mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu?

Baca Juga: 5 Film Horor Spanyol Terseram yang Gak Boleh Ditonton Sendirian

Bayu Ramdhani Photo Writer Bayu Ramdhani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya