Comscore Tracker

Demi Ikut Wamil, 5 Artis Korea Ini Rela Melepas Kewarganegaraan Asing

Patut diacungi jempol, nih #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Ada beberapa artis Korea Selatan yang berusaha menghindari wajib militer di masa lalu. Namun, tak semuanya seperti itu. Justru, ada sejumlah artis yang sangat berkomitmen terhadap tanah leluhurnya itu sampai rela melepas status kewarganegaraan asingnya.

Berikut adalah lima artis yang rela melepas kewarganegaraan asingnya, sehingga bisa mengikuti wajib militer di Korea Selatan. Apakah ada bias kalian?

1. Ok Taecyeon

Demi Ikut Wamil, 5 Artis Korea Ini Rela Melepas Kewarganegaraan Asinginstagram.com/ok_taecyeon

Taecyeon 2PM lahir di Korea Selatan. Namun, keluarganya pindah ke Bedford, Amerika Serikat ketika ia masih kecil. Ia tinggal dan menjadi warga negara Amerika Serikat sampai kembali ke Korea Selatan pada umur 17 tahun untuk bergabung dengan JYP Entertainment.

Meski Taecyeon punya kaitan erat dengan Amerika Serikat karena tumbuh besar di sana, ia rela melepas kewarganegaraan asingnya pada 2010 lalu. Ini ia lakukan, agar bisa mendaftar wajib militer di Korea Selatan.

2. Park Eun Seok

Demi Ikut Wamil, 5 Artis Korea Ini Rela Melepas Kewarganegaraan Asinginstagram.com/__silverstone__

Melejit lewat drama The Penthouse, aktor Park Eun Seok menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Tumbuh dan besar di sana, ia baru tinggal di Korea Selatan pada umur 20-an.

Park Eun Seok punya mimpi menjadi aktor di tanah leluhurnya. Tapi ada satu masalah, yaitu ia tak bisa bahasa Korea. Sebagai solusi, ia melepas kewarganegaraan asingnya dan mendaftar wajib militer Korea Selatan selama dua tahun. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan memahami budaya Korea Selatan.

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Stylish ala Park Eun Seok, Aktor KDrama The Penthouse

3. Bernard Park

Demi Ikut Wamil, 5 Artis Korea Ini Rela Melepas Kewarganegaraan Asinginstagram.com/bernardpark

Penyanyi Bernard Park lahir dan besar di Georgia, Amerika Serikat sampai masa kuliah. Setelah itu, ia pergi Korea Selatan pada umur 21 tahun dan mengikuti program audisi KPop Star musim ketiga.

Meski memegang kewarganegaraan Amerika Serikat, Bernard Park memutuskan ingin mendaftar wajib militer. Pada Desember 2018, ia resmi melepas kewarganegaraan asingya dan menjalani wajib militer di Korea Selatan.

4. Youn Jung Hoon

Demi Ikut Wamil, 5 Artis Korea Ini Rela Melepas Kewarganegaraan Asinginstagram.com/jeffyoun.fc

Dikenal sebagai aktor berbakat Korea dan anggota tetap acara ragam 2 Days and 1 Night, Youn Jung Hoon sebenarnya lahir di Korea Selatan. Namun, saat masih muda, ia dikirim orang tuanya untuk tinggal dan belajar di Amerika Serikat hingga kuliah.

Setelah krisis moneter 1998 melanda Korea Selatan, ia kembali ke tanah airnya dan berkarir sebagai aktor. Meski masih memegang kewarganegaraan asing, ia memutuskan melepasnya agar bisa ikut wajib militer di Korea Selatan.

5. Andy Shinhwa

Demi Ikut Wamil, 5 Artis Korea Ini Rela Melepas Kewarganegaraan Asinginstagram.com/kpopandbirthday

Idola KPop generasi awal, Andy Shinhwa lahir di Korea Selatan. Namun, ia tumbuh besar di California, Amerika Serikat. Ia kembali ke Seoul saat duduk di bangku SMA untuk mengejar karier sebagai penyanyi. Ia menetap di Korea Selatan sampai akhirnya debut sebagai anggota Shinhwa pada 1998.

Andy juga melepas kewarganegaraan asingnya agar bisa ikut wajib militer di Korea Selatan. Namun, pendidikan luar negeri yang dijalaninya tak diakui pemerintah Korea  Selatan untuk bergabung dengan militer. Sehingga ia mengikuti ujian persamaan dan lulus untuk mengikuti wajib militer.

Nah, itulah lima artis Korea yang dengan jiwa besar melepas kewarganegaraan asing miliknya. Punya berbagai alasan dan tujuan yang berbeda, kecintaan mereka pada tanah leluhurnya ini patut diacungi jempol.

Baca Juga: Resmi Menikah, Ini 10 Potret Menawan Junjin Shinhwa yang Memikat Hati

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya