Comscore Tracker

5 Film Animasi Jepang yang Memberimu Pelajaran Hidup

Siapkan tisu disampingmu!

Apakah kamu suka nonton film? Salah satu cara terbaik untuk rehat setelah hari yang melelahkan adalah dengan tenggelam dalam dunia khayalan yang disajikan oleh film. Animasi Jepang dikenal akan dunia buatannya yang luar biasa, tokoh tak terlupakan, dan momen yang menguras emosi.

Jepang telah menghasilkan beberapa animasi masterpiece selama bertahun-tahun. Maha karya tersebut selain menyajikan gambar indah dan cerita solid, tapi juga memberi makna kehidupan yang bisa diresapi oleh mereka yang menonton. Berikut adalah lima rekomendasi film animasi penuh makna yang bisa kamu nikmati.

1. My Neighbor Totoro (1988)

5 Film Animasi Jepang yang Memberimu Pelajaran Hidupvox.com

Dianggap sebagai salah satu masterpiece Studio Ghibli. My Neighbor Totoro adalah sebuah cerita klasik yang masih populer pada banyak generasi. Menghasilkan beberapa penghargaan dengan nuansa gelapnya, film ini sangat berharga untuk ditonton.

Bercerita tentang sebuah keluarga yang pindah ke rumah baru agar bisa lebih dekat dengan rumah sakit tempat sang ibu dirawat dari penyakit yang sudah menahun. Totoro muncul sebagai penjaga dan kawan untuk dua gadis kecil, Mei dan Satsuki.

Beberapa teori penggemar menyebut bahwa Totoro bukan hanya sekadar makhluk mistis biasa, tapi sesuatu yang kejam. Tontonlah film klasik ini dan putuskan sendiri!

2. Princess Mononoke (1997)

5 Film Animasi Jepang yang Memberimu Pelajaran Hidupdrafthouse.com

Princess Mononoke berlatar di masa Muromachi (sekitar abad 14 sampai 16) dan menceritakan tentang sebuah perang antara para penjaga hutan dengan orang-orang yang ingin mengeruk sumber dayanya.

Melalui kisah fantasi, kita bisa belajar tentang dunia sekitar kita dan sisi kelam sifat serakah manusia. Namun, meski ini film animasi, butuh kebijaksanaan penonton, karena adanya adegan kekerasan dan menakutkan untuk anak kecil.

3. Spirited Away (2001)

5 Film Animasi Jepang yang Memberimu Pelajaran Hidupromesentinel.com

Salah satu film Studio Ghibli paling terkenal adalah Spirited away, cerita tentang sebuah keluarga yang tanpa sengaja masuk ke dunia roh dan mereka harus menebusnya. Ayah Chihiro mengambil jalur yang salah ketika sedang berjalan-jalan, dan harus menjumpai dunia baru yang tak pernah diketahui.

Ketika orang tua Chihiro makan di sebuah kedai rumah makan yang kosong, sebuah roh memberi peringatan pada Chihiro agar pergi melewati sungai sebelum terlambat. Namun, orang tua Chihiro telah berubah menjadi babi, dan mengurung mereka semua dalam dunia roh.

Spirited away telah dinobatkan sebagai salah satu film terbaik abad 21 pada 2016. Jika kamu suka Studio Ghibli, tentu menjadi akan sebuah tindakan kriminal karena melewatkan film ini.

Baca Juga: 5 Film Komedi Tentang Masa Kelulusan SMA yang Seru Banget

4. 5 Centimeters Per Second (2007)

5 Film Animasi Jepang yang Memberimu Pelajaran Hidupasianpacificscreenawards.com

Jepang terkenal dengan dengan kisah cinta yang mengharukan, jadi jika kamu menyukai sebuah kisah romansa menguras emosi, 5 Centimeters Per Second sangat cocok untukmu.

Dua teman sejak masih kanak-kanak Takaki dan Kanae terpisah ketika keluarga mereka pindah jauh dari kampung halaman. Namun, mereka tetap saling berkabar melalui surat, tapi seiring waktu berjalan membuat mereka saling lupa. Bisakah cinta bertahan?

5. Wolf Children (2012)

5 Film Animasi Jepang yang Memberimu Pelajaran Hiduplatimes.com

Film ini bercerita tentang anak-anak dari seorang ayah werewolf dan ibu manusia, Yuki dan Ame yang dikenal sebagai wolf children bisa mengubah wujud menjadi manusia dan serigala.

Ame lebih tertarik mengeksplorasi sisi liar serigala sementara Yuki berjuang untuk menyatu dengan kehidupan manusia dan pergi sekolah. Film ini sangat menarik karena menunjukkan perjuangan seorang ibu, dan bagaimana anak harus bebas memilih jalan hidupnya sendiri.

Nah, itu tadi lima film animasi Jepang yang penuh pelajaran hidup dan sarat makna. Apakah kamu sudah menonton salah satunya?

Baca Juga: 5 Lagu Tema Terbaik Anime Era 90an, Membekas di Hati dan Telinga!

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You