Comscore Tracker

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!

Dari masalah kesehatan, pendidikan, sampai ekonomi

Di Korea Selatan, laki-laki berusia 18 sampai 35 tahun harus menjalani wajib militer selama dua tahun. Saat menerima surat panggilan, mereka bisa menundanya dengan alasan logis, misalnya masih sekolah atau berkarier.

Mereka juga harus menjalani uji fisik untuk menentukan penempatan di angkatan darat atau laut. Mereka yang tidak cocok di kedua cabang itu akan ditempatkan bagian pelayanan publik untuk memenuhi kewajibannya pada negara.

Pembebasan wajib militer bukanlah sesuatu yang umum dan perlu alasan logis. Hal itu pun ditentukan oleh dokter yang ditunjuk oleh militer. Berikut adalah beberapa selebritas pria Korea yang dibebaskan dari wajib militer.

1. Seo In Guk

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!sbs.com.au

Meski sudah mengikuti latihan dasar militer, aktor ini dibebaskan dari kewajiban menyelesaikan pengabdian pada negara setelah mengalami patah tulang rawan di pergelangan kaki kirinya.

Selama uji medis, dokter menemukan dia menderita osteochondritis dissecans, kondisi saat sebagian dari tulang rawan dan tulang yang mendasarinya terpisah dari permukaan sendi atau bahkan dapat lepas. Atas alasan itu, dia dipulangkan dari wajib militer.

2. Kim Woo Bin

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!herworld.com

Aktor ini menerima surat panggilan wajib militer ketika dia sedang menjalani pengobatan kanker nasofaring, jenis kanker tenggorokan yang terjadi pada lapisan luar nasofaring, salah satu bagian pada tenggorokan bagian atas yang terletak di belakang hidung dan di balik langit-langit rongga mulut.

Setelah mengikuti uji medis, dia dinyatakan tidak sehat dan dibebaskan dari wajib militer.

3. Yoo Ah In

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!koreaherald.com

Aktor satu ini telah menunjukkan semangatnya untuk menjalani wajib militer pada beberapa kesempatan dan sudah mengikuti rangkaian uji fisik. Namun, dia gagal dalam uji medis karena riwayat cedera masa lalu dan tumor tulang.

Setelah menjalani uji lima kali, pihak militer mengumumkan bahwa Yoo Ah In dibebaskan dari kewajiban mengabdi pada negara.

4. Jo Jung Suk

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!soompi.com

Jo Jung Suk kehilangan ayahnya ketika masih kecil. Hal itu memaksanya menjadi kepala keluarga dan harus merawat ibunya. Semenjak tidak ada anggota keluarga lain yang bisa merawat ibunya, militer memberi dispensasi dengan membebaskan dia dari wajib militer.

5. Jang Dong Gun

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!soompi.com

Jang Dong Gun menderita pneumothorax, penyakit yang bisa menekan paru-paru dan membuatnya jadi mengempis (kolaps) saat dia SMA dan harus menjalani operasi besar. Mempertimbangkan kondisi yang sampai membuatnya sulit menyelesaikan pendidikan, dia dibebaskan dari wajib militer.

6. Jung Woo Sung

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!channel-korea.com

Jung Woo Sung juga dibebaskan dari wajib militer karena latar belakang pendidikan yang tidak memadai. Jung Woo Sung tumbuh di lingkungan rumah tangga yang miskin, sehingga dia tidak punya pilihan selain keluar dari SMA dan mencari uang.

7. Kang Ho Dong

Beragam Alasan, Ini 7 Seleb Korea yang Bebas dari Wajib Militer!koreatimes.co.kr

Kang Ho Dong dulunya adalah seorang atlet gulat. Dia dibebaskan dari wajib militer karena kelebihan berat badan. Menurutnya, dahulu berat tubuhnya sampai 130 kg dan tidak memenuhi standar ideal untuk wajib militer. Karena itu, dia menyerah untuk bisa mengabdi pada negara.

Nah, itu tadi tujuh selebritas pria Korea yang oleh otoritas dibebaskan dari kewajiban mengabdi pada negara. Apakah kamu mengetahui selebritas lain yang juga dibebaskan dari wajib militer? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You