Comscore Tracker

5 Film Animasi Paling Laris Sepanjang Masa, Nilainya Fantastis!

Film animasi merupakan mesin uang yang sangat menguntungkan

Film animasi merupakan film berisi gambar dan grafis yang digerakkan oleh computer, untuk ditampilkan di layar film tentu dengan cerita atau skenario yang dbuat sedemikian rupa untuk menarik minat penonton.  Film animasi seringnya dapat dinikmati oleh penonton dengan berbagai usia, sehingga memungkin untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar.

Film animasi merupakan mesin uang yang sangat menguntungkan bagi produsen film di dunia. Selain karena spektrum pemirsanya yang besar dari anak-anak hingga dewasa, film animasi juga bisa diproduksi dengan biaya yang cukup rendah. Berbagai rumah produksi berlomba-lomba menghasilkan film animasi yang laku di pasaran, berikut lima film animasi paling laris sepanjang masa.

5. Despicable Me 3

5 Film Animasi Paling Laris Sepanjang Masa, Nilainya Fantastis!www.milktooth.com.au

Despicable Me 3 bertengger di urutan kelima film animasi terlaris, dengan perolehan penjualan sebesar 1,03 miliar dolar di seluruh dunia. Jika dikonversi dengan nilai tukar rupiah 14.000 per dolar amerika, maka nilainya setara dengan 14,5 triliun rupiah. Dengan biaya produksi yang relatif kecil hanya berkisar 80 juta dolar, film ini menguntungkan bagi produsernya apalagi jika ditambah film-film sebelumnya.

Film ini kembali mengulang sukses mengemas pesan penuh makna dengan cara yang menghibur, sejak cerita bermulai di Despicable pertama, kedua dan juga minions. Kali ini tokoh Gru mengalami krisis identitas, setelah gagal menurunkan tokoh jahat terbaru untuk mengancam kemanusiaan. Menariknya, disini Gru mengetahui bahwa ternyata ia memiliki saudara kembar yang telah lama hilang.

4. Toy Story 3

5 Film Animasi Paling Laris Sepanjang Masa, Nilainya Fantastis!trampolinegigant.eu

Film animasi keempat paling laris sepanjang masa, ditempati oleh Toy Story 3. Film yang diproduksi oleh Pixar Studio ini meraup penjualan sebesar 1,06 miliar dolar setara dengan 14,9 triliun rupiah. Setelah film pertamanya dirilis tahun 1995 dan sekuelnya rilis pada tahun 1999, sebelas tahun kemudian Toy Story 3 baru dirilis dan berhasil memuaskan penantian Panjang penggemar tokoh-tokoh di dalamnya.

Film animasi dengan tokoh favorit Woody dan Buzz ini bercerita ketika Andy, pemilik sekelompok mainan hidup ini bersiap berangkat ke Perguruan Tinggi. Tentu karena telah dewasa, Andy tak lagi memainkan mereka sehingga disumbangkanlah seluruh mainannya ke sebuah tempat penitipan anak. Di tempat inilah petualangan Woody dan kawan-kawannya dimulai dengan penuh ketegangan.

3. Minions

5 Film Animasi Paling Laris Sepanjang Masa, Nilainya Fantastis!hipi.info

Di urutan ketiga film animasi terlaris, ditempati oleh Minions. Film yang dirilis tahun 2015 ini, memperoleh penjualan sebesar 1,16 milyar dollar atau 16,3 triliun rupiah. Selain pemutarannya di berbagai bioskop seluruh dunia, pendapatannya juga terdongkrak dengan penjualan mainan dan merchandise yang bersaing dengan Star Wars sebagai film dengan penjualan mainan tertinggi.

Film animasi perdana Illumination Entertainment ini bercerita tentang sebuah boneka bermata satu, ciptaan Gru sang tokoh super jahat. Minions sendiri merupakan karakter yang juga muncul dalam film Despicable Me, karenanya kedua film memiliki keterkaitan cerita dan pesan. Meskipun film animasi yang menghibur untuk anak-anak, film ini juga menyampaikan banyak pesan kehidupan.

Baca Juga: Favorit Sepanjang Masa, Ini 7 Pesan Penting dari Film Animasi "Up"

2. Incredibles 2

5 Film Animasi Paling Laris Sepanjang Masa, Nilainya Fantastis!Forbes

Film Incredibles 2 menempati urutan kedua, setelah 14 tahun film pertamanya dirilis. Dengan pendapatan sebesar 1,24 Milyar Dollar atau 17,4 triliun rupiah, sekuel film ini berhasil membukukan penjualan dua kali lipat dari film pertamanya. Film produksi bersama Pixar Studio dan Walt Disney baru dirilis 2018 lalu, namun capaian penjualan sangat fantastis meski belum setahun beredar.

Kisah tentang keluarga superhero ini memang dinanti-nanti penggemarnya. Film yang disutradarai langsung oleh Brad Bird penulis ceritanya ini, selalu berhasil memukau penonton. Cerita dalam sekuel kali ini, menempatkan tokoh Helen yang dijuluki Elastis Girl sebagai sorotan. Holly Hunter yang mengisi suara Helen berhasil membuat cerita film ini lebih hidup dan penuh kejutan.

1. Frozen

5 Film Animasi Paling Laris Sepanjang Masa, Nilainya Fantastis!Fiscus Wannabe

Juara film paling laris sepanjang masa ditempati oleh Frozen, film yang dirilis tahun 2013 dan disutradarai oleh Chris Buck dan Jennifer Lee. Penjualannya sangat fantastis, sebesar 1,27 milyar dollar atau senilai lebih dari 17,5 triliun rupiah di seluruh dunia. Sejak 3 bulan penayangannya, Frozen mampu menggeser posisi Toy Story 3 sebagai film terlaris pada saat itu.

Film yang bercerita tentang kakak beradik Elsa dan Anna, keduanya merupakan putri kerajaan Arendelle. Ketika usia belia, keduanya selalu bermain bersama dan nyaris tak terpisahkan. Namun, kekuatan yang dimiliki Elsa menghantuinya sehingga membuat adiknya terluka dan sekarat. Film ini sangat digemari anak-anak di seluruh dunia, karena mengajarkan kasih sayang dan pengorbanan.

Fantastis kan nilainya ? Kalau sebuah film bisa menghasilkan belasan triliun, berapa banyak uang yang dihasilkan oleh puluhan rumah produksi dalam setahun ? Mungkinkah lebih tinggi dari APBN kita ? Entahlah, yang jelas sebagai anak bangsa mari kita berkarya untuk negeri tercinta.

Baca Juga: 7 Film Animasi Bioskop yang Tayang Tahun 2019, Siapa Nunggu Lion King?

Begras Satria Photo Community Writer Begras Satria

Social Entrepreneur & Senior Millenials :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You