Comscore Tracker

5 Fakta Yoshitomo Nara, Sosok di Balik Buku "The Lonesome Puppy"

Member dari Superflat, grup seniman avant-garde Jepang

Di Jepang terkenal dengan seniman-seniman dengan talenta dan keunikan yang luar biasa. Selain Takashi Murakami, sosok Yoshitomo Nara juga menarik perhatian para penggemar seni dunia, terutama dengan bukunya "The Lonesome Puppy". Berikut adalah lima fakta menarik dari Yoshitomo Nara yang wajib kalian ketahui.

1. Salah satu member Superflat

5 Fakta Yoshitomo Nara, Sosok di Balik Buku The Lonesome Puppyhifructose.com

Yoshitomo Nara merupakan salah satu member grup seniman avant-garde Jepang Superflat pada tahun 2001. Tak tanggung-tanggung beberapa member dari grup ini adalah Takashi Murakami dan Chiho Aoshima. 

Superflat sendiri ditemukan oleh Takashi Murakami pada tahun 2001 yang berfokus kepada graphic art, animation, pop culture dan fine arts. Sebuah gerakan seni yang sedang berkembang di kalangan anak-anak muda Jepang saat ini. 

2. Gambar Yoshitomo Nara memiliki sisi gelap 

5 Fakta Yoshitomo Nara, Sosok di Balik Buku The Lonesome Puppyinstagram.com/michinara3

Gambar anak-anak dari Yoshitomo Nara yang imut juga memiliki sisi gelapnya. Kebanyakan detail dari gambar anak laki-laki dan perempuan dari Yoshitomo Nara ini memegang pisau, obor bahkan memiliki fitur seperti vampir.

Namun ketika ditanya mengenai mengapa gambar anak-anak miliknya rata-rata perempuan Nara memiliki jawaban yang menarik. Seperti yang dikutip dari Christie's menurut pria kelahiran 1959 ini dirinya hanya menggambarkan sosok yang netral. Dalam arti, Nara tidak pernah memikirkan gambarnya itu adalah laki-laki atau perempuan, menurut pria kelahiran 1959 ini dirinya hanya menggambar apa yang ada dalam pikirannya. 

Baca Juga: Ini Dia 5 Hal Menarik dari Daniel Arsham Sosok Seniman yang Buta Warna

3. Karyanya dilelang $25 juta di Hong Kong

5 Fakta Yoshitomo Nara, Sosok di Balik Buku The Lonesome Puppyhypebeast.com

Yoshitomo Nara juga merupakan sosok seniman terkenal dengan harga lelang yang mahal. Pada 2019 lalu, karyanya "Knife Behind Back" berhasil dilelang dengan harga $25 juta. Hasil lelang tersebut merupakan penjualan termahal karya Yoshitomo Nara sepanjang karirnya.  Knife Behind Back menggambarkan sosok anak mengenakan rok merah dengan wajah yang marah. Lelang ini mengalahkan karya Sleepless Night (Cat) sebelumnya yang memiliki nilai $4.45 juta. 

4. Karyanya memiliki perpaduan gaya seni modern dan tradisional

5 Fakta Yoshitomo Nara, Sosok di Balik Buku The Lonesome Puppyinstagram.com/michinara3

Dalam karyanya, ia mulai menggabungkan elemen dari masa lalunya; dia melukis potret anak-anak dengan fitur wajah yang diadopsi dari Otafuku Jepang dan topeng teater Okame. Dirinya juga menggunakan pose yang diangkat dari kartun anime dan manga yang dibacanya ketika anak-anak. Nara juga menggunakan komposisi woodblock Edo ukiyo-e.

5. Menulis buku anak-anak "The Lonesome Puppy"

5 Fakta Yoshitomo Nara, Sosok di Balik Buku The Lonesome Puppygoodreads.com

Meski memiliki karya yang cukup gelap, Nara juga sempat menulis buku anak-anak yang berjudul "The Lonesome Puppy" pada tahun 2008. Buku ini menceritakan seekor anak anjing yang sangat besar, namun sayang tak seorang pun menyadari anak anjing tersebut. Hingga suatu hari seorang anak kecil memanjatnya hingga menemukan sosok wajah anak anjing tersebut, keduanya pun akhirnya menjadi sahabat.

Itulah lima hal menarik dari sosok Yoshitomo Nara, seniman asal Jepang yang termasuk dengan grup Superflat milik Takashi Murakami. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Takashi Murakami, Seniman Cerdas dengan Gaya Unik

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya