Comscore Tracker

6 Grup KPop yang Kompak Tak Perbarui Kontrak dengan Agensi

Selain GFriend, grup KPop ini kompak tak perbarui kontrak

Dunia KPop sedang heboh dengan kabar keluarnya GFriend dari agensi Source Music. Bagaimana tidak, kabar tersebut dirilis secara mendadak oleh Source Music, hanya berselang empat hari saja sebelum GFriend resmi bubar. Karena kompak tidak memperbarui kontrak dengan agensi, fans dibuat bertanya-tanya, apakah ke depannya para anggota GFriend akan fokus dengan karier solo masing-masing atau akan tetap lanjut bersama.

Kalian tahu gak, kalau ternyata bukan hanya anggota GFriend saja yang kompak tidak memperbarui kontraknya bersama agensi. Para anggota dari lima grup ini juga kompak meninggalkan agensi yang menaunginya, bahkan ada yang sampai mendirikan agensinya sendiri, lho! Yuk, kita simak siapa saja mereka!

1. Shinhwa

6 Grup KPop yang Kompak Tak Perbarui Kontrak dengan AgensiShinhwa (instagram.com/shinhwa_official)

Shinhwa merupakan salah satu boy group generasi pertama yang memulai debutnya pada tahun 1998 di bawah asuhan SM Entertainment. Pada tahun 2003, kontrak Shinhwa dengan SM Entertainment resmi berakhir. Seluruh member kompak mengakhiri kontraknya dengan SM Entertainment dan bergabung dengan Good Entertainment, sebelum akhirnya pada tahun 2012 mendirikan agensinya sendiri, yaitu Shinhwa Company. Keren banget, ya?

2. Beast/Highlight

6 Grup KPop yang Kompak Tak Perbarui Kontrak dengan AgensiBeast now Highlight (instagram.com/highlight_auent)

Beast yang sekarang sudah berganti nama menjadi Highlight ini merupakan  grup yang debut pada 2009 di bawah asuhan Cube Entertainment. Tahun 2016 silam, para anggota Beast sepakat untuk meninggalkan agensi dan tidak memperbarui kontrak.

Pada awalnya mereka ingin mempertahankan nama Beast. Namun, karena alasan hak cipta, mereka sepakat untuk mengganti nama menjadi Highlight. Pada tahun 2016, para anggota Highlight mendirikan agensi mereka sendiri, yaitu Around Us Entertainment. 

3. Girl's Day

6 Grup KPop yang Kompak Tak Perbarui Kontrak dengan AgensiGirl's Day (instagram.com/hyeri_0609)

Pada hari jadinya yang ke-10 di tahun 2009,  para anggota Girl's Day sepakat untuk tidak memperbarui kontraknya dengan Dream T Entertainment. Memulai debutnya pada tahun 2010 silam, masing-masing member Girl's Day ini memilih untuk fokus pada dunia akting dan sepakat untuk mencari agensi baru secara individu. 

Baca Juga: Sukses Jadi Aktris, 10 Adu Pesona Kim Se Jeong dan Hyeri Girl's Day 

4. EXID

6 Grup KPop yang Kompak Tak Perbarui Kontrak dengan AgensiEXID (instagram.com/exid_official

Mengakhiri kontrak secara bergantian, seluruh anggota girl group EXID resmi keluar dari Banana Culture pada tahun 2020. Diawali oleh keluarnya Hani dan Jeonghwa pada Mei 2019, disusul oleh Hyelin dan Solji pada awal tahun 2020, kemudian diakhiri dengan keluarnya LE dari Banana Culture pada Maret, 2020. 

5. GOT7

6 Grup KPop yang Kompak Tak Perbarui Kontrak dengan AgensiGOT7 (instagram.com/got7.with.igot7)

GOT7 merupakan salah satu boyband generasi ketiga yang berhasil melakukan debut pada 2014 di bawah naungan JYP Entertainment. Pada 19 Januari 2020, kontrak GOT7 dengan JYP Entertainment resmi berakhir dan seluruh anggota sepakat untuk tidak memperbarui kontrak. 

6. GFriend

6 Grup KPop yang Kompak Tak Perbarui Kontrak dengan AgensiGFriend (instagram.com/gfriendofficial)

GFriend baru-baru ini menggemparkan fans KPop dengan pengumuman yang sangat mendadak. Pada 18 Mei 2021, Source Music, selaku agensi yang menaungi GFriend, merilis pengumuman bahwa GFriend akan resmi bubar pada 22 Mei 2021. Semangat, Buddy!

Itulah 6 grup KPop yang seluruh anggotanya memilih untuk mengakhiri kontrak dengan agensi yang menaungi grupnya. Ada yang masih bersama sampai sekarang, bahkan mendirikan perusahaannya sendiri. Namun, ada juga yang memilih untuk berkarier di jalannya masing-masing. Apa pun keputusan yang mereka pilih, yuk, kita doakan yang terbaik!

Baca Juga: Kini Lengkap, Berikut Agensi Baru Seluruh Member GOT7

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya