Comscore Tracker

Gara-gara Virus Corona, Konser BTS di Korea Selatan Batal Berlangsung

Selain BTS, ada Zico dan NCT 127 yang jadi bintang tamu

Seoul, IDN Times - Konser musik yang rencananya menampilkan kelompok K-pop seperti BTS dinyatakan batal oleh pihak penyelenggara karena laporan kasus virus corona atau COVID-19 di Korea Selatan yang semakin meningkat. 

Awalnya, stasiun televisi Korea Selatan, SBS, menjadwalkan konser tersebut untuk berlangsung pada 8 Maret di Stadion Daegu. Akan tetapi, rencana itu dikonfirmasi batal pada Rabu (19/2).

"[Kami] dengan kecewa memutuskan untuk membatalkan konser sampai waktu tidak terbatas demi mencegah penyebaran virus corona dan keamanan penonton serta para artis," tulis SBS lewat situs resmi, yang dikutip kantor berita Yonhap.

1. Ada kasus virus corona di Daegu

Gara-gara Virus Corona, Konser BTS di Korea Selatan Batal BerlangsungGrup boyband asal Korea BTS tampil saat perayaan Malam Tahun Baru di Times Square kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat, pada 31 Desember 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah Moon

Penggemar bisa membeli tiket sejak Selasa (18/2). Akan tetapi, begitu muncul laporan bahwa ada lebih dari 10 kasus virus corona di Daegu yang berlokasi 300 kilometer dari Seoul, penyelenggara pilih menghentikan penjualan. Selain BTS, solois Zico dan grup NCT127 juga batal tampil.

Seperti dilaporkan The Straits Times, otoritas kesehatan Korea Selatan mengonfirmasi ada 20 kasus virus corona baru pada Rabu. Sebanyak 13 di antaranya diduga terinfeksi setelah melakukan ibadah di salah satu gereja yang berlokasi di Daegu. Total pasien virus corona di negara itu pun melonjak menjadi 51.

2. Muncul petisi online untuk membatalkan konser tersebut

Gara-gara Virus Corona, Konser BTS di Korea Selatan Batal BerlangsungSebuah pesawat Boeing 747-400 carter yang membawa warga Korea Selatan yang dievakuasi dari Wuhan, pusat penularan virus corona baru di Tiongkok, tiba Bandara Internasional Gimpo, Korea Selatan, pada 31 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran

Mengingat deretan musisi yang mengisi konser itu sangat populer secara internasional, dipastikan pembeli tiket tidak hanya berasal dari Korea Selatan. Ini membuat netizen khawatir hingga membuat petisi yang ditujukan kepada Kantor Kepresidenan Korea Selatan agar konser dibatalkan.

"Setidaknya akan ada 8.000 fans yang akan masuk ke negara ini dari Tiongkok, Thailand, Taiwan, Hong Kong dan negara-negara lain... Ini akan membuat [otoritas] mustahil bisa melacak dan memfumigasi [sumber infeksi]," tulis pembuat petisi, merujuk pada satu prosedur standar penyemprotan cairan disinfektan.

3. Hampir 11.000 orang sudah diperiksa oleh petugas kesehatan Korea Selatan

Gara-gara Virus Corona, Konser BTS di Korea Selatan Batal BerlangsungPenumpang kapal pesiar Diamond Princess asal Korea Selatan turun dari pesawat kepresidenan Korea Selatan di Bandara Internasional Gimpo di Seoul, Korea Selatan, pada 19 Februari 2020. ANTARA FOTO/Yonhap via REUTERS

Kasus virus corona di Daegu diduga berasal dari seorang "penyebar super" yaitu perempuan berusia 68 tahun yang didiagnosis pada Selasa. Dikutip dari The Korea Times, sejak 3 Januari lalu Korea Selatan sudah memeriksa 10.411 warga. Sebanyak 9.335 dinyatakan negatif, sedangkan 12 lainnya diizinkan pulang setelah sembuh.

Sementara yang masih berada dalam karantina adalah sekitar 1.030 orang. Angka ini melonjak dibandingkan sehari sebelumnya ketika Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korea Selatan melaporkan ada 818 orang yang dikarantina.

Baca Juga: 5 Teori Tersembunyi di Balik Lagu Black Swan BTS, Kamu Sadar Gak? 

4. Agensi musik Korea Selatan menunda tur para artis mereka

Gara-gara Virus Corona, Konser BTS di Korea Selatan Batal BerlangsungPegawai dari perusahaan layanan desinfektan menunggu untuk mensanitasi pasar tradisional di Seoul, Korea Selatan,pada 5 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran

Lebih dari 2.000 orang meninggal karena virus corona di Tiongkok daratan. Tapi kematian akibat virus yang sama juga terjadi di Hong Kong, Jepang, Filipina dan Prancis. Dampaknya pun dirasakan oleh para artis K-pop dan penggemar mereka.

Misalnya, JYP Entertainment yang mengabarkan telah menunda konser grup GOT7 di Stadion Rajamangala Thailand yang seharusnya berlangsung pada 14 dan 14 Februari lalu. Padahal, tiket sudah ludes terjual. Agensi itu mengumumkan konser akan dilaksanakan pada awal Mei.

Keputusan yang sama diambil oleh YG Enterteinment yang membatalkan konser WINNER dan Sechs Kies masing-masing pada pertengahan Februari dan awal Maret. Begitu pun dengan Cube Entertainment yang memundurkan jadwal konser (G) I-DLE di Bangkok dari April ke waktu yang belum bisa ditentukan.

5. Jepang juga membatalkan perayaan ulang tahun Kaisar Naruhito

Gara-gara Virus Corona, Konser BTS di Korea Selatan Batal BerlangsungWarga menuju jalur antrian taksi setelah turun dari kapal pesiar Diamond Princess, di Terminal Kapal Dermaga Daikoku di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pada 19 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-hoon

Bukan hanya Korea Selatan yang membatalkan berbagai acara akibat wabah virus corona. Dilaporkan NHK, Jepang memutuskan tidak jadi menggelar perayaan ulang tahun Kaisar Naruhito secara publik pada 23 Februari mendatang. Jika tetap berlangsung, itu akan jadi kali pertama sang Kaisar merayakan ulang tahun sejak naik takhta pada Mei 2018.

Baca Juga: Siap Comeback, Ini 7 Lagu BTS yang Berhasil Tembus Billboard Hot 100

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

is capitalism any good?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya