Comscore Tracker

Lampaui Prediksi, 7 Mikrofon Milik BTS Terjual Rp1 Miliar

BTS pernah dikritik karena mau tampil di Arab Saudi

Los Angeles, IDN Times - Tujuh mikrofon milik grup K-Pop ternama, BTS, terjual dengan harga fantastis yaitu Rp1,1 miliar. Informasi ini diungkap oleh penyelenggara lelang, Julien's Auctions, kepada Reuters pada Jumat (24/1).

Angka tersebut jauh melampaui prediksi awal. Pihak penyelenggara awalnya memperkirakan tujuh mikrofon yang dipakai BTS saat tur dunia tersebut akan laku antara Rp136 juta hingga Rp272 juta.

1. Itu adalah barang pertama BTS yang dilelang

Lampaui Prediksi, 7 Mikrofon Milik BTS Terjual Rp1 MiliarTujuh mikrofon yang ditandatangani dan digunakan oleh grup K-Pop BTS, dideskripsikan sebagai barang pertama yang akan dilelang dari grup tersebut, terlihat dalam foto tidak bertanggal sebelum lelang online di Los Angeles, California, Amerika Serikat, dalam foto yang disiarkan kepada Reuters oleh Julien's Auctions, pada 24 Januari 2019. ANTARA FOTO/Julien's Auctions/Handout via REUTERS

Ketujuh mikrofon itu sendiri sudah dibubuhi tanda tangan masing-masing anggota BTS sehingga akan terasa lebih personal dan istimewa. Julien mengatakan mikrofon tersebut merupakan barang-barang BTS pertama yang pernah dijual melalui acara lelang untuk amal.

V, SUGA, J-Hope, Jungkook, Jin, Jimin dan RM menggunakan mikrofon itu antara tahun 2017 sampai 2019 saat mereka menjalani tur dunia yang bertajuk "Love Yourself". Tur tersebut sekaligus membawa nama BTS semakin populer di kalangan pencinta musik dunia.

2. Lelang berlangsung sebelum acara penghargaan Grammy

Lampaui Prediksi, 7 Mikrofon Milik BTS Terjual Rp1 MiliarGrup boyband asal Korea BTS tampil saat perayaan Malam Tahun Baru di Times Square kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat, pada 31 Desember 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah Moon

Lelang itu diselenggarakan menjelang Grammy Awards yang akan berlangsung pada Minggu (26/1). Hasil lelang akan diberikan kepada MusiCares, salah satu badan amal Recording Academy, yang juga baru saja menjual barang-barang milik Aerosmith, Pete Townsend, dan mendiang Tom Petty.

Dalam situsnya, MusiCares menginformasikan bahwa lembaga itu "menyediakan jaminan keamanan berupa bantuan untuk orang-orang yang bekerja di industri musik saat dibutuhkan". Bantuan tersebut berupa "finansial, medis dan kebutuhan darurat personal" yang diberikan "dengan integritas dan kerahasiaan".

3. BTS akan tampil di Grammy Awards

Lampaui Prediksi, 7 Mikrofon Milik BTS Terjual Rp1 MiliarBTS. instagram.com/bts_bighitsofficial

Sementara itu, sempat muncul spekulasi mengenai apakah BTS akan tampil di panggung Grammy Awards ke-62 yang diselenggarakan di Staples Center, Los Angeles. Berdasarkan situs resmi Grammy, nama dan foto BTS pun muncul.

Dengan kata lain, grup yang berada di bawah manajemen Big Hits itu resmi akan menghibur para penggemar di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Ini menjadi penampilan pertama mereka di acara penghargaan musik tersebut.

Selain BTS, nama-nama populer lainnya yang akan mengisi acara antara lain adalah Ariana Grande, Aerosmith, Camila Cabello, Jonas Brothers, Billie Eilish, John Legend dan Demi Lovato. Penyanyi Alicia Keys sendiri didapuk sebagai pembawa acara.

Baca Juga: Ariana Grande dan 9 Aktris Dunia yang Dekat dengan BTS, Bikin Iri!

4. BTS memecahkan rekor musik dunia pada 2019

Lampaui Prediksi, 7 Mikrofon Milik BTS Terjual Rp1 MiliarBTS. instagram.com/bts_bighitsofficial

BTS melakukan debut mereka di Korea Selatan pada 2013. Sejak itu, pasang-surut menghampiri hingga kesuksesan mampu mereka raih tak hanya di Asia, tapi juga Amerika Utara dan Eropa. Pada 2019, BTS adalah grup pertama sejak The Beatles yang tiga albumnya bertengger di puncak tangga lagu Billboard 200 dalam kurun waktu setahun.

Baru-baru ini, album "Love Yourself: Answer" yang mereka rilis pada 2018 secara resmi mendapatkan sertifikat platinum di Amerika Serikat. Ini adalah pencapaian tersendiri mengingat album yang sama diumumkan menerima sertifikat emas pada tahun lalu.

5. BTS dikritik karena bersedia tampil di Arab Saudi

Lampaui Prediksi, 7 Mikrofon Milik BTS Terjual Rp1 MiliarBTS di Billboard Music Awards di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 21 Mei 2018. instagram.com/bts_bighitsofficial

Dengan sederet pencapaian tersebut, BTS tetap tak bisa lepas dari kritik. Salah satu yang paling menonjol adalah keputusan mereka untuk tampil di King Fahd International Stadium, Arab Saudi, pada Oktober lalu. BTS adalah artis non-Arab pertama yang tampil di sana.

Dilansir dari The Guardian, mereka dituduh membantu menutupi kejahatan rezim otoriter di Riyadh, apalagi usai pembunuhan jurnalis Jamal Khasshogi di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2018.

Fans BTS di media sosial pun terbelah. Beberapa mendukung, sedangkan yang lainnya menilai penampilan itu tak sejalan dengan kampanye BTS bersama UNICEF untuk mengakhiri kekerasan.

Mereka juga menyoroti pidato BTS di PBB soal keberanian menyuarakan pendapat di saat pemerintah Arab Saudi dikenal luas sangat anti-kritik. Arab Saudi juga menolak hubungan sesama jenis dan bersikeras membatasi aktivitas perempuan. Kaum hawa sendiri baru diizinkan masuk ke dalam stadion pada 2018 lalu.

Baca Juga: Kami Tahu Siapa Biasmu dari Semua Member BTS

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

is capitalism any good?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya