Comscore Tracker

8 Franchise dengan Jumlah Film Terbanyak, Totalnya hingga Puluhan

Ada yang lebih banyak dari film-film MCU

Film adalah jenis hiburan yang dapat kamu tonton dalam beberapa jam saja. Sedangkan acara TV, lebih luas dianggap sebagai jenis cerita visual yang bisa memakan waktu yang lama untuk ditonton. Bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Ada banyak film yang melawan tradisi dengan menjadi memiliki beberapa seri yang dirilis selama bertahun-tahun. Deretan franchise film di bawah ini sudah berlangsung lebih dari belasan hingga puluhan tahun dan sudah menghasilkan banyak film. Berikut adalah 8 franchise dengan jumlah film terbanyak.

1. Otoko wa Tsurai yo (50 Film)

https://www.youtube.com/embed/wD_KBZOFH04

Franchise film Otoko wa Tsurai yo awalnya meruakan sebuah film standalone. Hingga saat ini, Otoko wa Tsurai yo masih menjadi franchise film dengan jumlah film terbanyak yakni 50 film. Lebih mengesankan lagi, 50 film itu dibuat dalam 50 tahun.

Film ini bercerita tentang Torajiro Kuruma (Kiyoshi Atsumi) sebagai karakter utama. Tora adalah seorang bujangan yang baik hati namun memiliki keterbatasan fisik. Ia merupakan orang yang tak bisa menetap dengan satu pasangan walaupun ia sudah mencoba sangat keras.

Kiyoshi Atsumi meninggal pada 1996, meninggalkan seri tanpa kesimpulan yang tepat. Tetapi untuk peringatan 50 tahun film pertama, film ke-50 sekaligus yang terakhir dibuat pada tahun 2019, dan ini adalah salah satu film Jepang terbaik. Film ini juga sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Kiyoshi Atsumi.

2. Godzilla (40 Film)

https://www.youtube.com/embed/QFxN2oDKk0E

Godzilla adalah monster fiksi dari seri film Jepang dengan nama sama. Godzila telah menjadi salah satu karakter film paling terkenal sepanjang masa asal Jepang. Buat kamu anak 90-an, pasti tahu dengan karakter monster yang satu ini.

Ia pertama kali tampil dalam film Godzilla pada tahun 1954 yang diproduksi oleh Toho Film Company Ltd. Sejak saat itu, Godzila menjadi ikon perfilman Jepang dan diterima luas di berbagai negara di dunia. Sampai sekarang, ada 40 film Godzilla yang terdiri dari 32 film yang diproduksi Toho, 5 film buatan Amerika dan 3 film Anime.

3. Marvel Cinematic Universe (29 Film)

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Dengan 29 film hanya dalam kurun waktu 14 tahun, Marvel Cinematic Universe adalah franchise film yang tumbuh paling cepat dan paling populer saat ini. Ini bahkan tidak memperhitungkan banyak acara TV yang dirilis ke Disney+, mulai tahun 2021.

Ada banyak fiilm yang harus ditonton, dan mengingat MCU jauh lebih muda daripada banyak serial film lainnya, MCU sudah terasa seperti raksasa film yang terus berkembang. Dekade pertama MCU diakhiri dengan sangat baik dengan Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

4. Zatoichi (28 Film)

https://www.youtube.com/embed/z6ov1-dJXAk

Franchise Zatoichi bercerita tentang seorang tukang pijat buta yang juga ahli pedang. Serial film ini mengambil latar waktu di Jepang selama paruh pertama tahun 1800-an. 26 film dibintangi oleh aktor Shintaro Katsu, dengan dua film yang dibuat pada tahun 2003 dan 2010, masing-masing menampilkan aktor yang berbeda sebagai peran utama.

Selain itu, ada juga acara TV Zatoichi yang dibintangi Shintaro Katsu yang berlangsung sekitar 100 episode. Apa yang menakjubkan tentang serial film ini adalah aksi bertarung pedang yang epik, selipan humor dengan porsi yang pas, karisma Shintaro Katsu, dan pemandangan Jepang yang indah.

Baca Juga: 5 Fakta Film Thailand 'The Antique Shop', Debut Film Bae Jinyoung

5. James Bond (27 Film)

https://www.youtube.com/embed/BIhNsAtPbPI

Serial James Bond telah bertahan selama enam dekade. Ini adalah serial film yang dirancang dengan cerdik, karena mempertahankan berbagai kiasan, karakter, dan formula unik di seluruh film, tetapi memiliki kebebasan untuk memilih aktor baru dalam peran utama saat dibutuhkan.

Itu sebabnya film-film Roger Moore yang banya adegan konyol dapat berdiri berdampingan dengan film Daniel Craig yang lebih keren. Dapat diterima bahwa kedua pendekatan itu adalah karakter James Bond, tetapi masing-masing mewakili rasa seri yang berbeda. 

6. The Mummy (19 Film)

https://www.youtube.com/embed/GzorZUuZqEI

Dengan 85 tahun antara film Mummy pertama dan yang terbaru, kecil kemungkinan bahwa siapa pun yang melihat The Mummy di bioskop pada tahun 1932 juga dapat melihat The Mummy tahun 2017 di bioskop.

Mungkin pantas jika serial The Mummy berpotensi akan hidup lebih lama dari kita semua. Namun, film The Mummy tahun 2017 yang dibintangi oleh Tom Cruise tidak hanya berdampak pada potensi lebih banyak film Mummy tetapi juga potensi film Universal Monster. Film itu seharusnya memulai dunia sinematik baru, namun malah gagal di pasaran.

7. Gamera (12 Film)

https://www.youtube.com/embed/a8lKCMIF4iA

Sebagai seri, Gamera berdiri di bawah bayang-bayang seri Godzilla. Hal ini karena film ini dimulai satu dekade setelah franchise Godzilla memulai debutnya, sehingga dianggap sebagai seri peniru oleh beberapa orang.

Film terakhirnya dirilis pada tahun 2006. Di sisi lain, Godzilla telah memiliki film Amerika dan film Jepang yang menampilkannya sejak tahun 2006. Gamera adalah seri yang layak ditonton, dan jauh dari sekadar tiruan Godzilla. 3 dari 12 film seri, semuanya dibuat pada 1990-an yang disebut Trilogi Heisei, mungkin itu adalah beberapa film monster raksasa terbaik sepanjang masa.

8. Star Wars (12 Film)

https://www.youtube.com/embed/8Qn_spdM5Zg

Serial Star Wars telah memiliki 12 film layar lebar dalam kurun waktu 40 tahun. Tiga film trilogi terkait dengan keluarga Skywalker, dua film antologi live action, dan satu rilis teater animasi pada tahun 2008. Ini adalah waralaba besar, dan jika kamu hanya fokus pada film, 12 film masih merupakan angka yang cukup banyak.

Dari film-film di atas, MCU, Star Wars, James Bond dan Godzilla yang masih aktif memproduksi film. Menurut kamu, berapa banyak film lagi yang akan dirilis oleh franchise ini?

Baca Juga: 12 Rekomendasi Film Korea yang Dibintangi Pemain Film Alienoid

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya