Comscore Tracker

Aksi Memukau, Ini Dia 10 Aktor Bela Diri Terbaik Asal Tiongkok

Kamu pasti familiar dengan aksi keren mereka 

Film-film buatan Tiongkok memang tak setenar dan tak sesukses film-film dari Hollywood. Namun industri perfilman Tiongkok adalah salah satu yang terbaik di Asia. Mereka menghasilkan aktor-aktor terbaik terutama aktor-aktor yang memiliki kemampuan bela diri. Dan berikut adalah 10 aktor bela diri terbaik sepanjang masa asal Tiongkok.

1. Bruce Lee

https://www.youtube.com/embed/a248kDWimEI

Bruce Lee yang lahir pada 27 November 1940 terkenal karena film seni bela dirinya. Dia membawa film-film seni bela diri ke Dunia Barat pada tahun 1970-an. Film-filmnya membangkitkan minat dunia dalam seni bela diri Tiongkok pada 1970-an dan banyak orang asing mulai mengenal Tiongkok dari film-filmnya.

Film-film terkenalnya adalah Enter the Dragon, Chinese Connection 2, Game of Death, dan Fist of Fury.

2. Leslie Cheung

https://www.youtube.com/embed/2VLWIx9TwiM

Leslie Cheung adalah seorang aktor dan penyanyi film asal Hong Kong. Cheung meraih sukses besar di bidang film dan musik. Pada tahun 1991 ia dianugerahi Aktor Terbaik dengan film Days of Being Wild oleh Hong Kong Film Award. Filmnya pada tahun 1993 berjudul Farewell My Concubine adalah film Tiongkok pertama yang memenangkan Palme d'Or di Cannes. Pada tahun 2010 ia masuk dalam daftar 25 Aktor Terbesar di Asia versi CNN

3. Chow Yun-Fat

https://www.youtube.com/embed/gLpZ_5bHmo8

Chow Yun-Fat yang lahir pada tahun 1955 adalah aktor film asal Hong Kong yang terkenal. Ia terkenal dengan film-film gangsternya seperti A Better Tomorrow, The Killer dan Hard Boiled. Di kancah Internasional, pecinta film mengenalnya dari film yang dianugerahi Oscar yakni Crouching Tiger Hidden Dragon.

4. Jackie Chan

https://www.youtube.com/embed/_i42V390bMQ

Jackie Chan lahir pada tahun 1954, adalah aktor dan seniman bela diri asal Hong Kong. Dia terkenal dengan gaya bertarung akrobatik dan aksi inovatif di film-filmnya. Jackie Chan adalah salah satu dari sedikit aktor yang melakukan semua aksi berbahaya tanpa menggunakan stuntman.

Jackie Chan telah berakting di lebih dari 150 film, di antaranya seri Drunken Master, seri The Armor of God, seri Police Story, dan seri Project A adalah karya-karyanya yang paling penting.

5. Stephen Chow

https://www.youtube.com/embed/-m3IB7N_PRk

Stephen Chow lahir pada tahun 1962 adalah aktor komedi yang dikenal dengan film gaya Wu Li Tou, yang dalam bahasa Mandarin secara harfiah berarti omong kosong. Dia memulai karier filmnya pada tahun 1988 dan membintangi banyak film seperti Fight Back to School, Flirting Scholar Westward Journey, King of Comedy, Shaolin Soccer, Kung Fu Hustle, dan masih banyak lagi film-film lainnya.

Film-filmnya memecahkan rekor box office Hong Kong sebanyak 6 kali. Pada 2013, ia menjadi sutradara untuk film barunya berjudul Journey to the West: Conquering the Demons yang mendapatkan pemasukan sekitar $ 218 juta dari seluruh dunia.

Baca Juga: Jago Bela Diri, 9 Film Hits Era 90-an yang Dibintangi oleh Andy Lau

6. Tony Leung Chiu-Wai

https://www.youtube.com/embed/EkhIempXauY

Tony Leung Chiu-Wai adalah aktor film Hong Kong. Dia telah berakting di banyak film sejak tahun 1990-an. Film-film utamanya termasuk Days of Being Wild, Happy Together, Lust Caution, dan The Grandmaster. Ia dianugerahi Aktor Terbaik di Festival Film Cannes untuk filmnya yang rilis tahun 2000 berjudul In the Mood for Love.

7. Jet Li

https://www.youtube.com/embed/fTIm8b9Rft8

Jet Li atau Li Lianjie dalam bahasa Mandarin adalah aktor film dan seniman bela diri asal Tiongkok yang terkenal. Jet Li menjadi terkenal dengan film pertamanya Shaolin Temple yang rilis tahun 1982. Dia terus berakting di banyak film seni bela diri, di antaranya yang paling sukses adalah serial Once Upon A Time In China.

Dia membintangi film Hollywood pertamanya berjudul Romeo Must Die pada tahun 2000 dan kemudian banyak film action lainnya, termasuk Kiss of the Dragon dan Unleashed.

8. Andy Lau

https://www.youtube.com/embed/9WbxUFxnQd4

Andy Lau Tak-wah yang lahir tahun 1961 adalah salah satu aktor film Hong Kong yang paling sukses secara komersial. Ia memulai karier filmnya sejak tahun 1982 dan membintangi film-film seperti Boat People, A Moment of Romance, Infernal Affairs, dan Blind Detective.

Dia telah memenangkan tiga kali Penghargaan Aktor Terbaik Film Hong Kong dan dua Golden Horse Best Actor Awards. Pada tahun 2005 ia dianugerah “No.1 Box Office Actor 1985-2005" Hong Kong dalam 20 tahun terakhir.

9. Ge You

https://www.youtube.com/embed/_JXBDUj69SM

Ge You lahir tahun 1957 adalah aktor komedi Tiongkok yang terkenal. Peran komedi dalam film membuatnya menjadi sangat terkenal di seluruh China. Karya-karya film utamanya adalah If You Are the One, A World Without Thieves, Big Shot’s Funeral, Cell Phone, dan The Trouble Shooters.

Ge You memenangkan Penghargaan Aktor Terbaik di Festival Film Cannes tahun 1994 untuk perannya dalam film To Live.

10. Jiang Wen

https://www.youtube.com/embed/oddinXVmIqU

Jiang Wen lahir tahun 1963 adalah aktor dan sutradara film Tiongkok. Dia menulis dan mengarahkan film debutnya In the Heat of the Sun, yang mana dalam Time Magazine masuk sebagai Sepuluh Film Terbaik Dunia tahun 1995.

Jiang menjadi terkenal di dunia akting dengan filmnya Red Sorghum yang rilis tahun 1986. Filmnya yang tayang perdana tahun 2010 berjudul Let the Bullets Fly memecahkan banyak box office dari film-film domestik.

Nah itulah 10 aktor bela diri terbaik sepanjang masa asal Tiongkok. Ada gak dari mereka yang jadi aktor favorit kamu?

Baca Juga: 10 Potret Wu Qian, Aktris Tiongkok yang Pesonanya Tak Pernah Luntur

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You