Comscore Tracker

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film Hollywood

Adegan aksinya seru dan mendebarkan #WaktunyaKorea

Genre spy atau mata-mata kerap kali diangkat dalam film ataupun serial televisi buatan Hollywood. Judul-judul seperti James Bond, The Bourne, Kingsman dan Spy merupakan film-film Hollywood populer dengan genre mata-mata. Hal ini coba diadopsi oleh industri hiburan di Korea Selatan.

Salah satunya adalah dengan mengangkat tema mata-mata dalam drama Korea atau KDrama yang sangat populer di Korea Selatan. Buat kamu yang suka genre ini, berikut adalah sepuluh KDrama terbaik dengan tema mata-mata atau spy.

1. Iris

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodIris (Dok. KBS2)

Dua agen elit National Security Sistem (NSS) yakni Hyeong Jun (Lee Byung Hun) dan Sa Woo (Jeong Jun Ho) yang merupakan saudara kandung, keduanya jatuh cinta pada sesama agen Seung Hee (Kim Tae Hee). Sa Woo mencoba untuk menahan perasaannya terhadap Seung Hee dan mendoakan yang terbaik untuk pasangan itu.

Hyeon Jun kemudian dikirim dalam misi solo ke Hongaria. Di Hongaria, Hyeon Jun menyelesaikan misinya dan saat dalam pelarian ia terluka. Tak lama kemudian, Hyeon Jun mengetahui bahwa dia dikhianati oleh sesama agen yakni Sa Woo. Seung Hee mencoba membantu Hyeon Jun melarikan diri, tetapi ledakan mobil memisahkan keduanya.

Hyeon Jun kemudian diselamatkan oleh orang yang tidak dikenal dan bergabung dalam kelompok bernama IRIS. Satu tahun kemudian, Hyeon Jun kembali ke Korea untuk membalas dendam. 

2. Athena: Goddess of War

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodAthena : Goddess of War (Dok. SBS)

Sebuah kelompok teroris yang dikenal sebagai Athena dipimpin oleh Son Hyuk sedang mengancam kedamaian Korea Selatan dan dunia. Sekarang tergantung agen khusus Lee Jung Woo dari National Security Agency untuk menggagalkan konspirasi mengerikan mereka.

Jo Soo Young, putri presiden Korea Selatan, diculik dan disembunyikan di Italia. Jung Woo dan timnya diberi tugas untuk menemukan putri presiden dan membawanya kembali. 

3. Man To Man

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodMan To Man (Dok. JTBC)

Kim Sul Woo adalah agen National Intelligence Service (NIS) misterius yang identitasnya hanya diketahui oleh beberapa atasannya saja. Sebagai agen yang sangat terampil, dia dapat menyelesaikan setiap misi yang ditugaskan padanya. Saat konglomerat besar, Grup Songsan, diidentifikasi sebagai ancaman bagi negara, Sul Woo menyamar.

Suatu hari, dia diperintahkan untuk menyusup ke pesta pribadi yang diadakan oleh Ketua Victor, seorang taipan minyak Rusia dan mengekstrak ukiran kayu legendaris yang disembunyikan di dalam kompleks.

Namun, karena ini ia jadi terikat dengan artis Yeo Woon Guang sebagai pengawal elitnya dan memulai misi tak terduga yang sama sekali baru untuknya. 

Baca Juga: 10 Drama Korea Bikin Emosi Ini Mending Ditonton Habis Buka Puasa

4. The Fugitive: Plan B

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodThe Fugitive: Plan B (Dok. KBS2)

Selama Perang Korea, banyak sekali uang yang hilang. Sekarang, sekitar 60 tahun kemudian, uang itu muncul kembali, menyebabkan kepanikan di seluruh dunia. Jin Yi (Lee Na Young) adalah seorang wanita yang tampaknya tidak bersalah yang memiliki motif tersembunyi untuk mendekati Ji Woo (Bi).

Rencananya diperumit oleh romansa tak terduga yang berkembang di antara mereka, serta banyak pengejar yang sedang mengejar mereka. Kieko (Uehara Takako) adalah penyanyi Jepang terkenal yang juga terlibat dalam hubungan dengan pria ini.

Sedikit yang mereka tahu bahwa ayahnya Hiroki (Takenaka Naoto), selain sebagai pebisnis adalah seorang yakuza. Dalam cinta segitiga ini, siapa yang akhirnya akan memenangkan cinta Ji Woo?

5. City Hunter

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodCity Hunter (Dok. SBS)

Lee Yoon Sung adalah lulusan M.I.T. asal Amerika Serikat yang sangat berbakat dan sekaranh bekerja di tim komunikasi internasional di Blue House. Dia berencana membalas dendam pada lima politisi yang menyebabkan kematian ayahnya dan akhirnya ia melakukan aksinya dengan nama samaran "City Hunter".

6. The K2

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodThe K2 (Dok tvN)

Kim Je Ha adalah mantan tentara bayaran yang dikenal sebagai K2, ia adalah buronan ketika dia dituduh membunuh pacarnya saat dia bertugas di Irak. Je Ha menemukan jalan kembali ke Korea dan mendapatkan pekerjaan sebagai pengawal untuk Choi Yoo Jin, pemilik JSS Security dan istri Jang Se Joon, yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Je Ha menggunakan pekerjaan barunya untuk merencanakan balas dendam pada Park Kwan Soo, pemimpin partai yang berkuasa saat ini dan saingan Jang Se Joon, yang diyakini Je Ha memerintahkan pembunuhan pacarnya.

Saat Je Ha ditugaskan untuk menjaga Go An Na, putri tidak sah Se Joon , mereka mulai mengembangkan perasaan satu sama lain. Tapi apa yang terjadi jika orang yang paling ingin menyakiti An Na adalah Yoo Jin, bos Je Ha dan sekutu balas dendam? Di manakah letak loyalitas Je Ha?

7. Different Dreams

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodDifferent Dreams (Dok. MBC)

Titik balik dalam sejarah Korea yang tidak akan pernah terlupakan disajikan dalam drama sejarah yang menarik ini. Pada tahun 1919, selama masa kolonial Jepang, dua peristiwa membuka jalan bagi kemerdekaan Korea, Gerakan 1 Maret dan pembentukan Pemerintah Sementara Korea.

Secara historis dan dalam drama, pria yang memimpin korps bernama Kim Won Bong, nama aslinya hanya sedikit orang yang tahu. Dia jarang tinggal di satu area selama lebih dari dua jam dan tidur hanya dalam waktu singkat. Dengan semangat membara di hatinya, dia bergerak dengan cepat dan memimpikan kemerdekaan negaranya.

Lee Young Jin seorang wanita Korea yang dibesarkan oleh seorang dokter militer Jepang dan mengikuti jejak ayah angkatnya dan ia merupakan pelajar di universitas kedokteran bergengsi di Shanghai. Dia kembali ke Joseon dan menjadi ahli bedah wanita pertama.

Keduanya berpapasan dan meskipun mereka menganut ideologi yang berbeda, kedua karakter ini berjalan bersama untuk mengejar impiannya. Menghadapi kepedihan dan penderitaan peristiwa sejarah yang membentuk kemerdekaan Korea.

8. Spy

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodSpy (Dok. KBS2)

Yoo Oh Sung berperan sebagai mata-mata Korea Utara yang akan berhadapan dengan karakter utama Seon Woo. Bae Jong Ok berperan sebagai ibu Seon Woo. Dia sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Dia juga seorang ibu rumah tangga yang sempurna yang mendukung suaminya dengan sangat baik. Tapi nyatanya, dia mantan informan Korea Utara.

Tiba-tiba, dia ditugaskan misi merekrut putranya, yang bekerja untuk National Intelligence Service (NIS) ke dalam kegiatan spionase. Untuk melindungi putranya, dia bisa melakukan apa saja, bahkan mempertaruhkan nyawanya.

9. 7th Grade Civil Servant

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film Hollywood7th Grade Civil Servant (Dok. MBC)

Dua mata-mata yang ingin putus hubungan saat salah satu dari mereka dipecat. Bertahun-tahun kemudian, keduanya akhirnya menjadi mata-mata yang bekerja untuk unit yang berbeda, jadi mereka harus tetap menutupi kehidupan nyata. Gil Ro menggunakan identitas aslinya, oleh karena itu mengapa dia dipecat begitu saja, untuk memata-matai ayahnya yang kaya.

Jadi, saat Kim Seo Won muncul sebagai karyawan baru, dia bertanya-tanya apakah Gil Ro benar-benar hanya doppleganger dari wanita yang dicintainya.

10. Heartless City

10 KDrama Terbaik Bertemakan Mata-Mata, Tak Kalah dari Film HollywoodHeartless City (Dok. JTBC)

Heartless City menggambarkan kehidupan kejam kartel narkoba dan kisah balas dendam untuk orang yang dicintai. Jung Shi Hyun adalah bawahan baru dari kartel narkoba. Dia tinggal dalam bayang-bayang. Tidak ada yang tahu nama aslinya. Tidak ada yang tahu identitasnya kecuali yang dia sebut teman.

Saat Jung Shi Hyun dituduh melakukan pembunuhan, dia bertekad untuk mencari tahu siapa sebenarnya yang membunuh pacar Ji Hyung Min. Tetapi apakah hal yang ia lakukan hanya untuk dirinya sendiri? Atau apakah dia punya alasan lain untuk mencari tahu siapa yang membunuhnya?

Ji Hyung Min adalah seorang detektif yang ingin membalas dendam atas kematian pacarnya. Dia hanya memiliki satu tersangka dalam pikirannya, Doctor's Son. Dia bertekad untuk menangkapnya dan membunuhnya atas apa yang telah dia lakukan. Tetapi tidak ada yang tahu seperti apa penampilan Doctor's Son atau detail apa pun tentang dia, jadi bagaimana Hyung Min bisa tahu siapa Doctor's Son dan bagaimana menemukannya? Hyung Min melanjutkan perjalanan panjang untuk memperjuangkan keadilan.

Nah, itulah sepuluh KDrama terbaik bertemakan mata-mata. Walaupun genre yang satu ini memang sangat identik dengan Hollywood, nyatanya KDrama bisa mengaplikasikan genre ini dengan baik dan dengan cerita yang matang.

Baca Juga: 5 KDrama Romance dengan Usia Aktor Utama Pria Lebih Muda, Lagi Musim?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya