Comscore Tracker

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!

Ada drama favorit kamu tidak? #WaktunyaKorea  

Drama Korea kebanyakan mengangkat tema tentang percintaan dan romansa tapi ada juga beberapa drama yang bertemakan perang dan fantasi yang dilengkapi dengan efek-efek visual yang canggih di dalamnya.

Pernahkah kamu berpikir berapa biaya produksi dari sebuah drama Korea? Apakah sebesar film-film atau serial Hollywood yang menelan biaya yang fantastis? Berikut adalah sepuluh drama Korea dengan biaya produksi termahal hingga saat ini.

1. Arthdal Chronicles (54 juta won)    

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!financerewind.com

Arthdal Chronicles adalah drama dengan genre fantasi zaman kuno pertama dari Korea Selatan. Para pemeran dalam serial ini termasuk aktor papan atas seperti Song Joong Ki dan Jang Dong Gun. Arthdal Chronicles dibagi menjadi tiga bagian, yakni "Part 1: The Children of Prophecy", "Part 2: The Sky Turning Inside Out, Rising Land" dan "Part 3: The Prelude To All Legends" dalam 18 episode. 

Sebagian dari produksi serial ini dilakukan di Brunei Darussalam. Namun, ada juga beberapa scene yang dilakukan di Kota Osan yang terletak di bagian selatan Seoul di Provinsi Gyeonggi.

Satu set besar dibuat khusus dan hal ini menghabiskan banyak biaya produksi. Produksi serial ini diperkirakan mencapai 2,5--3 juta won atau setara setara Rp31,7--38,1 miliar per episode. Total, Arthdal Chronicles menelan biaya produksi sebesar 54 juta Won setara dengan Rp686 miliar, wow sebuah angka yang fantastis.

2. The Legend (43 Juta Won)

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!kdramalove.com

The Legend adalah serial drama yang bertemakan fantasi sejarah terkenal dengan Bae Yong-Joon, Lee Ji-Ah, dan Moon So-Ri sebagai pemeran utamanya. The Legends memiliki 24 episode. Biaya penampilan aktor utama adalah sebesar 250 ribu won dan produksi serial menghabiskan anggaran yang cukup besar untuk efek khusus. Total biaya produksi diperkirakan mencapai 43 juta won atau sekitar Rp546 miliar.

3. Mr. Sunshine (43 juta Won)    

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!soompi.com

Mr. Sunshine adalah sebuah serial drama bertemakan sejarah, drama dan historical dengan Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri sebagai pemeran utamanya. Dengan latar belakang sejarah, efek khusus dan aktor top Lee Byung Hun, tim produksi menghabiskan dana sebesar 40 juta won atau setara dengan Rp508 miliar.

Baca Juga: 10 Potret Cuplikan Drama Korea Navillera yang Siap Tayang 22 Maret

4. Kingdom Season 1 dan Season 2 (35 Juta Won)    

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!netflix.com

Kingdom adalah drama original dari Netflix. Bertemakan sejarah dan thriller dengan zombie yang tedapat di zaman Joseon. Aktor ternama seperti Ju Ji Hoon, Ryu Seung Ryong dan Bae Doo Na adalah bagian dari Kingdom. Satu episode diperkirakan menelan biaya sekitar 2--3 juta won. 

Total, Kingdom menghabiskan biaya sebesar 35 juta Won setara Rp444 miliar untuk 12 episode yang terbagi dalam 2 season.

5. Immortal Admiral Yi Sun-Shin (35 Juta Won)

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!dailymotion.com

Immortal Admiral Yi Sun-Shin merupakan serial drama dengan jumlah episode yang cukup banyak yakni mencapai 104 episode. Drama yang bertemakan sejarah ini ditayangkan antara tahun 2004 dan 2005 dengan Kim Myung Min, Choi Jae Sung, Lee Jae Ryong sebagai pemeran utamanya.

KBS menginvestasikan sekitar 26 juta Won Korea per episode dan Buan county 5 juta Won. Dengan banyak adegan epik di dalamnya, tak mengherankan jika Immortal Admiral Yi Sun-Sin menghabiskan biaya produksi mencapai 35 juta Won atau setara dengan Rp444 miliar.

6. The King: Eternal Monarch (30 juta Won)    

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!soompi.com

The King: Eternal Monarch adalah sebuah drama bertemakan romansa dan fantasi dengan Lee Min Ho dan Kim Go Eun sebagai bintang utamanya. Drama ini menggunakan banyak efek khusus untuk adegan aksi dan elemen fantasi. Tim produksi juga menghabiskan banyak uang untuk set dan kota Busan yang imajiner.

Dengan segala kecanggihan efek visual dan gaji dari dua bintang top, biaya produksi The King: Eternal Monarch menembus angka 30 juta won setara Rp382 miliar.

7. Sweet Home (30 Juta Won)

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!Sweet Home (dok. Netflix)

Serial produksi Netflix lain yang merupakan salah satu drama Korea dengan biaya produksi termahal. Sweet Home dibintangi oleh Song Kang, Lee Jin Wook, dan Lee Si Young. Berdasarkan pada webtoon, drama thriller ini menghabiskan budget hingga 3 juta won atau Rp38,2 miliar per episodenya.

Penonton akan melihat fenomena misterius saat manusia berubah menjadi monster. Dengan total 10 episode, biaya produksi drama Korea ini mencapai 30 juta won atau Rp382 miliar.

8. Dae Jo-Yeong (30 Juta Won)

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!spcnet.tv

Drama dengan tema sejarah berjumlah 134 episode, Dae Jo-Yeong tayang pada 2006-2007 dengan Choi Soo Jong, Hong Soo Hyun sebagai bintang utamanya. Drama yang satu ini sangat dicintai oleh pemirsa selama 15 bulan masa penayangannya dengan hampir mendapat rating sebesar 30 persen. Total biaya produksi diperkirakan mencapai 30 juta won atau sekitar Rp382 miliar.

9. Six Flying Dragons (30 Juta Won)

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!thetalkingcupboard.com

Drama yang mengambil tema sejarah ini berjumlah 50 episode. Six Flying Dragons tayang pada tahun 2015-2016 dengan Yoo Ah In, Kim Myung Min, Shin Se Kyung sebagai pemeran utamanya. Biaya penampilan Yoo Ah In adalah 70 ribu won per episode. Total perkiraan biaya produksi dari adalah 30 juta won atau sekitar Rp382 miliar.

10. Vagabond (25 juta Won)

10 Drama Korea dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Rekor!hype.my

Vagabond adalah drama bertemakan mata-mata, action, thriller dan romansa. Lee Seung Gi dan Bae Suzy bersatu kembali dalam drama ini. Shin Sung Rok juga melengkapi pemeran utama dalam Vagabond. Bagian dari pengambilan gambar dilakukan di luar negeri dan Vagabond memiliki banyak adegan aksi. Total, Vagabond menelan biaya produksi sebesar 25 juta Won atau setara dengan Rp317 miliar.

Nah itulah sepuluh drama Korea dengan biaya produksi termahal hingga. Gimana, kamu udah pernah nonton yang mana nih ? Atau salah satunya adalah drama favorit kamu?

Baca Juga: 10 Aktor Korea dengan Bayaran Termahal, per Episode Drama Bisa Rp2 M

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya