Comscore Tracker

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politik

Sajikan kisah yang pelik dari dunia politik #WaktunyaKorea

Drama Korea atau KDrama memang identik dengan kisah cinta alias romance. Yup, genre yang satu ini sangatlah populer. Genre yang satu ini banyak disukai penggemar, tapi ada juga satu genre yang cukup banyak menarik animo penggemar, yakni genre politik.

Dengan jalan cerita yang kompleks dan intrik politik yang terjadi, KDrama semacam ini membuat penonton penasaran dan berspekulasi mengenai jalan cerita ke depannya. Di bawah ini adalah sepuluh KDrama terbaik yang kental dengan nuansa politik.

1. Designated Survivor: 60 Days

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa PolitikDesignated Survivor: 60 Days (dok. tvN)

Park Moo Jin (Ji Jin Hee) adalah mantan profesor kimia dan sekarang memegang posisi sebagai Menteri Lingkungan. Dia tidak memiliki ambisi atau hasrat politik sebagai politisi. Suatu hari, pejabat tinggi pemerintah berkumpul untuk pidato kenegaraan Presiden.

Ledakan kemudian terjadi, menewaskan banyak pejabat pemerintah, termasuk presiden. Park Moo Jin adalah pejabat pemerintah berpangkat tertinggi yang masih hidup. Dia tidak menginginkan posisi itu, tetapi dia harus duduk sebagai presiden selama 60 hari. Park Moo Jin mengejar orang atau kelompok yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut dan dia tumbuh sebagai pemimpin nasional yang disegani.

2. Kingdom

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea Kingdom (dok. Netflix)

Sepuluh hari telah berlalu sejak Raja pingsan karena penyakit. Ratu Jo (Kim Hye Jun) dan ayahnya Kepala Penasihat Jo Hak Joo (Ryoo Seung Ryong) telah melarang orang lain untuk melihat Raja. Bahkan Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji Hoon) dilarang menemui ayahnya. Sementara itu, Kepala Penasihat Jo Hak Joo memerintah Joseon, tetapi rumor menyebar bahwa Raja sudah mati.

Putra Mahkota Lee Chang merasakan sesuatu yang menyeramkan di istana Raja. Dia melihat bayangan seperti monster melalui pintu dan mencium bau busuk. Sementara pengawalnya yakni Moo Young (Kim Sang Ho) mencuri jurnal medis untuk Raja. Jurnalnya hampir kosong, tetapi mencantumkan nama Tabib Lee Seung Hui (Kwon Bum Taek). Untuk mengetahui apa yang terjadi pada Raja, Putra Mahkota Lee Chang dan Moo Young pergi ke Jiyulheon di Dongnae untuk menemui sang tabib.

Kingdom menampilkan kerusuhan politik di tengah wabah zombie yang mencengkeram bangsa. Sementara Raja sendiri sakit, sang Putra Mahkota harus menyelamatkan rakyatnya.

3. The Lies Within

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea The Lies Within (dok. Netflix)

Jo Tae Sik (Lee Min Ki) dulunya adalah seorang detektif, tetapi sekarang dia menginginkan kehidupan yang berbeda. Dia merindukan kehidupan yang damai. Karena itu, Jo Tae Sik mengajukan permohonan untuk dipindahkan ke pos polisi di desa kecil yang tidak memiliki banyak penduduk.

Sementara itu, Jo Tae Sik menangani kasus kematian Anggota Parlemen Kim Seung Cheol. Dia meninggal dalam kecelakaan mobil, tetapi Jo Tae Sik merasa bahwa kecelakaan mobil itu direkayasa. Menantu anggota parlemen kemudian hilang.

Kim Seo Hui (Lee Yoo Young) adalah putri bungsu dari mendiang anggota parlemen dan suaminya sekarang hilang. Dia menikahi suaminya untuk menguntungkan kedua keluarga mereka, tetapi hubungan mereka tidak begitu baik.

Kim Seo Hui menjadi anggota parlemen untuk menemukan kebenaran di balik kematian ayahnya dan menyelamatkan suaminya yang hilang. Jo Tae Sik dan Kim Seo Hui segera mengungkap konspirasi dan mencoba mengungkap kebenaran.

Baca Juga: 5 Nominasi Drama Korea Terbaik Baeksang Arts Awards 2021, Bagus Semua!

4. Six Flying Dragons

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea Six Flying Dragons (dok. SBS)

Six Flying Dragons menggambarkan ambisi dan kisah sukses enam orang dengan Lee Bang Won sebagai tokoh utamanya. Lee Bang Won adalah raja ketiga di Dinasti Joseon. Dia membantu ayahnya Raja Taejo mendirikan Dinasti Joseon.

5. Chief of Staff

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea Chief of Staff (dok. JTBC)

Jang Tae Jun (Lee Jung Jae) lulus dari Korean National Police University dan bekerja sebagai detektif. Dia ingin mendapatkan lebih banyak kekuasaan dan memutuskan untuk bekerja di Majelis Nasional. Sekarang, dia adalah asisten kepala anggota parlemen. Dia memiliki intuisi yang sangat baik, ketegasa dan keinginan kuat untuk menang. Dia mampu menempatkan anggota parlemennya di posisi perwakilan partai, tetapi Jang Tae Jun memiliki ambisi yang lebih tinggi.

Sementara itu Kang Seon Yeong (Shin Min A) adalah anggota parlemen tahun pertama yang terpilih melalui perwakilan proporsional dan merupakan juru bicara partainya. Dia bekerja sebagai pengacara dan menjadi pembawa acara program TV sebelum menjadi anggota parlemen. Dia ambisius dan melakukan pekerjaannya dengan baik.

6. Vagabond

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea Vagabond (dok. SBS)

Cha Dal Geon (Lee Seung Gi) adalah seorang stuntman yang bercita-cita menjadi aktor laga terkenal. Karirnya sedang kacau, sementara dia mencoba merawat keponakannya sebagai walinya. Keponakannya mengambil penerbangan dari Incheon ke Maroko sebagai atlet taekwondo cilik, tetapi penerbangan tersebut mengalami kecelakaan.

Di Maroko, Cha Dal Geon melihat seseorang di depan umum yang merupakan penumpang dalam penerbangan tersebut. Dia menjadi yakin bahwa seseorang atau beberapa kelompok menyabotase penerbangan keponakannya.

Go Hae Ri (Bae Suzy) adalah agen NIS dan saat ini bekerja dalam penyamaran di kedutaan Korea di Maroko. Dia ditugaskan oleh kedutaan untuk membantu keluarga yang berduka dari penerbangan tersebut.

Cha Dal Geon meminta bantuan Go Hae Ri untuk menemukan pria yang dilihatnya di Maroko yang merupakan penumpang dalam penerbangan tersebut. Segera, Cha Dal Geon dan Go Hae Ri mengungkap konspirasi yang jauh lebih gelap dan lebih jahat dari yang mereka duga.

7. The K2

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea The K2 (dok. tvN)

Kim Je Ha adalah mantan tentara bayaran untuk PMC Blackstone. Saat berada di Irak, dia dijebak atas pembunuhan kekasihnya, Raniya, seorang warga sipil. Akibatnya, dia kabur dan menjadi buronan.

Dia kembali ke Korea Selatan dan ditawari bekerja sebagai pengawal oleh Choi Yoo Jin, pemilik JSS Security dan istri dari calon presiden, Jang Se Joon. Je Ha menerima pekerjaan itu dengan imbalan semua yang dia butuhkan untuk membalas dendam pada kandidat presiden lain, Park Kwan Soo yang memerintahkan pembunuhan kekasihnya.

Je Ha ditugaskan untuk menjaga Go An Na, putri dari Jang Se Joon, yang nyawanya selalu terancam karena Choi Yoo Jin, ibu tirinya. An Na yang telah menyendiri dan kesepian sepanjang hidupnya, mulai mengandalkan Je Ha yang menunjukkan perhatian padanya dan melindunginya dengan segala cara.

Mereka perlahan jatuh cinta satu sama lain, yang membuat Je Ha bingung antara harus bekerjasama dengan Choi Yoo Jin untuk membalas dendam dan melindungi cinta barunya, An Na dari Choi Yoo Jin.

8. Defendant

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea Defendant (dok. SBS)

Park Jung Woo adalah seorang jaksa di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul. Suatu hari, dia bangun dan mendapati dirinya menjadi seorang terpidana mati. Ia menderita amnesia sementara, Jung Woo tidak tahu apa yang terjadi yang menyebabkan dia berada di penjara. Dia berjuang untuk memulihkan ingatannya, membuktikan dia tak bersalah dan membersihkan namanya sebagai seorang jaksa.

9. Lawless Lawyer

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea Lawless Lawyer (dramabeans.com)

Bong Sang Pil adalah pengacara dengan tingkat kemenangan tertinggi di Korea Selatan. Bong Sang Pil memanfaatkan celah hukum apa pun. Dia berdiri di depan pengadilan untuk balas dendam terhadap kematian ibunya. Bong Sang Pil (Lee Joon Gi) kecil tinggal bersama ibunya di Gisung.

Ibunya adalah pengacara dan dia menangani kasus yang melibatkan Hakim Cha Moon Sook (Lee Hye Young). Suatu malam, Bong Sang Pil menyaksikan ibunya dibunuh oleh bawahan Cha Moon Sook (Choi Min Soo). Bong Sang Pil keluar dari Gisung dan tinggal bersama pamannya.

18 tahun kemudian, Bong Sang Pil bekerja sebagai pengacara. Dia melihat berita di TV bahwa seorang detektif ditangkap karena membunuh walikota Gisung. Detektif itu memegang kunci pembunuhan ibunya. Bong Sang Pil kembali ke Gisung dan membuka kantor hukum di sana.

Sementara itu, Ha Jae Yi (Seo Yea Ji) adalah seorang pengacara dengan integritas tinggi. Dia memukuli hakim di pengadilan dan lisensi hukumnya ditangguhkan. Ha Jae Yi kembali ke kampung halamannya di Gisung. Di sana, Bong Sang Pil mendekati Ha Jae Yi dan menyuruhnya bekerja di kantor hukumnya. Bong Sang Pil menyimpan rahasia terkait kematian ibu Ha Jae Yi.

10. Secret Forest

Tak Selalu Romantis, 10 Drama Korea yang Kental dengan Nuansa Politikdrama Korea Secret Forest (dok. tvN)

Hwang Si Mok (Cho Seung Woo) menjalani operasi otak ketika dia masih kecil, yang menyebabkan dia memiliki kekurangan dalam hal yang berkaitan dengan emosi. Sekarang, Hwang Si Mok bekerja sebagai jaksa. Dia rasional, tapi bersikap dingin dan selalu kesepian. Dia juga satu-satunya jaksa yang tidak terlibat dalam korupsi.

Suatu hari, ia menemukan mayat didepannya. Dia bertemu Letnan Polisi Han Yeo Jin (Bae Doo Na) di TKP. Mereka bekerja sama memberantas korupsi di kejaksaan dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai.

Nah itulah sepuluh KDrama terbaik yang kental dengan nuansa politik. Dengan jalan cerita yang rumit serta dibumbui dengan intrik politik, dijamin deh kamu bakalan berspekulasi mengenai cerita dari drama tersebut. Mana nih yang jadi KDdrama kesukaan kamu?

Baca Juga: 7 Drama Korea Populer yang Dibintangi Kim Jung Hyun, Pernah Nonton?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya