Comscore Tracker

10 Drama Korea tentang Kisah Reinkarnasi, Sureal tapi Seru!

Salah satu hal yang diyakini oleh warga di Korea Selatan

Dengan umat Buddha yang mencapai 46 persen dari populasi Korea Selatan, tak jarang banyak warganya yang mempercayai hal mengenai reinkarnasi. Reinkarnasi sendiri adalah sebuah kepercayaan bahwa seseorang yang mati akan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain atau dalam raga orang lain.

Konsep reinkarnasi seperti ini sering diangkat dalam KDrama alias drama Korea. Penasaran apa saja? Simak yuk, sepuluh drama Korea yang hadir dengan kisah mengenai reinkarnasi.

1. Goblin

https://www.youtube.com/embed/zSMNf4DDuoI

Kim Shin (Gong Yoo) adalah seorang jenderal militer dari Dinasti Goryeo. Setelah semua yang telah dia lakukan untuk negaranya, dia dicap sebagai pengkhianat dan dibunuh. Bertahun-tahun setelah kematiannya, Kim Shin dikutuk menjadi Goblin abadi sebagai hukuman atas pembunuhan yang dia lakukan dalam perang untuk melindungi negaranya.

Satu-satunya cara untuk mengakhiri keabadiannya adalah mencari pengantin Goblin. Dia adalah satu-satunya yang bisa melihat pedang di tubuhnya dan menariknya keluar untuk mengakhiri keabadian Kim Shin.

2. Chicago Typewriter

https://www.youtube.com/embed/iaH0NI3ceZI

Han Se Joo (Yoo Ah In) adalah seorang penulis terkenal sedang berada dalam keterpurukan. Saat dia terus berjuang, dia menemukan penggemar karyanya, Jeon Seol (Im Soo Jung) dan Yoo Jin Oh (Go Kyung Pyo), seorang ghost writer misterius.

Apa yang tidak diketahui oleh ketiganya adalah bahwa mereka semua memiliki koneksi yang dimulai pada masa pendudukan Jepang tahun 1930-an di Korea. Apakah ada alasan mengapa mereka bertemu lagi di kehidupan sekarang ini?

3. Black Knight: The Man Who Guards Me 

https://www.youtube.com/embed/EFqQSRHxwrc

Black Knight adalah kisah cinta antara seorang wanita yang sedang menunggu cinta dalam hidupnya dan seorang pria yang rela melakukan apa saja untuk melindungi cintanya. Ceritanya terbentang lebih dari dua ratus tahun.

Moon Soo Ho (Kim Rae Won) adalah seorang pengusaha baik hati, tetapi dia tidak pernah menunjukkan sifat aslinya kepada siapa pun kecuali Jung Hae Ra (Shin Se Kyung), seorang agen perjalanan yang tidak pernah bepergian ke luar negeri. Soo Ho dan Hae Ra tumbuh seperti saudara kandung di rumah Hae Ra, tetapi mereka kemudian berpisah.

Mereka bertemu satu sama lain setelah mereka dewasa dan cinta mendekati mereka seolah-olah itu adalah takdir. Akankah cinta mereka bertahan?

Baca Juga: Totalitas, 6 Artis Korea yang Pernah Menjadi Siluman di Drama Korea

4. Legend Of The Blue Sea

https://www.youtube.com/embed/G_jt3EwBMwU

Shim Chung (Jun Ji Hyun) adalah putri duyung yang mengikuti cinta sejatinya, putra seorang bangsawan bernama Kim Ryung dari Dinasti Joseon, ke Seoul modern. Doppelganger modern dari Kim Ryung adalah Heo Joon Jae, seorang seniman yang sangat terampil yang pertama kali tertarik pada Shim Chung karena gelang giok yang dikenakan Shim Chung.

Shim Chung menemukan saingan untuk merebut hati Joon Jae yakni Cha Shi Ah, seorang peneliti di KAIST yang berurusan dengan artefak kuno. Ketika seorang pembunuh berbahaya bernama Ma Dae Yeong yang dikirim oleh ibu tiri Joon Jae yang ingin menjadikan putranya sebagai pewaris kekayaan Joon Jae. Dapatkah Shim Chung selamat dari lingkungan barunya yang aneh sambil juga membantu Joon Jae menghindari bahaya yang menantinya?

5. Abyss

https://www.youtube.com/embed/sGShsPzlGnE

Go Se Yeon (Park Bo Young) adalah seorang jaksa yang tangguh, berprestasi dan tak tertandingi yang bekerja di Kantor publik Distrik Seoul tetapi mengalami kecelakaan fatal dan meninggal. Namun, karena benda misterius bernama Abyss, Go Se Yeon dihidupkan kembali, tetapi sekarang dalam penampilan yang sama sekali berbeda. Go Se Yeon sekarang memiliki penampilan yang sama berdasarkan seberapa baik ia di kehidupan sebelumnya.

Cha Min (Ahn Hyo Seop) adalah pewaris dari perusahaan kosmetik top Korea. Ia seorang pria yang cerdas, rendah hati dan baik hati. Meskipun dia memiliki otak dan kekayaan yang luar biasa, dia menganggap dirinya tidak menarik dan tidak percaya diri dengan penampilannya.

Seperti Go Se Yeon, Cha Min mengalami kecelakaan dan meninggal. Karena Abyss, dia hidup kembali dengan penampilan yang berbeda sebagai pria yang sangat tampan sesuai dengan kebaikan yang ia lakukan pada kehidupan sebelumnya.

6. 49 Days

https://www.youtube.com/embed/Em-pRRFI-Mk

Konsep di balik KDrama ini terinspirasi oleh shamanisme Korea bernama bardo di mana jiwa seseorang mengembara di bumi selama 49 hari sebelum pindah ke kehidupan berikutnya. Berfokus pada Ji Hyun (Nam Gyu Ri), calon pengantin yang dimanjakan namun baik hati. Dia tampaknya memiliki segalanya dalam hidup, orang tua yang baik, teman-teman yang mengaguminya dan tunangan yang mencintainya.

Suatu hari, dia mengalami kecelakaan. Ketika dia bangun, dia melihat tubuhnya sendiri diangkut ke ambulans dan tidak ada yang memperhatikan keberadaannya kecuali seorang pria bersepeda. Dia adalah The Scheduler (Jung Il Woo), seorang pencabut nyawa yang membawa jiwa manusia ke tujuan akhir mereka.

The Scheduler memberi tahu Ji Hyun bahwa jika ada tiga orang (selain keluarganya sendiri) yang benar-benar meneteskan air mata atas kondisi komanya, Ji Hyun bisa bangun dari komanya. Ji Hyun sangat percaya diri, berpikir bahwa dua sahabat dan tunangannya pasti akan menangis untuknya.

7. My Love From The Star

https://www.youtube.com/embed/Mqsu5QY34XQ

Kisah cinta antara alien dan selebriti. Ketika alien tiba di Korea selama periode Josoan, dia jatuh cinta pada seorang gadis muda bernama Yi Hwa. Dia meninggal saat menyelamatkannya dan alien Do Min Joon (Kim Soo Hyun) menunggu waktunya untuk kembali ke planet asalnya.

Selama 400 tahun hidupnya yang kesepian dan terisolasi, Do Min Joon bertemu dengan seorang selebriti bernama Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun) yang terlihat persis seperti Yi Hwa ketika dia masih muda. Karakter Do Min Joon yang tenang diguncang oleh kehidupan selebritas Song Yi yang kacau saat mereka perlahan-lahan saling jatuh cinta.

8. Mystic Pop-up Bar

https://www.youtube.com/embed/WobxNcK5o30

Mystic Pop-up Bar menceritakan kisah Weol Ju (Hwang Jung Eum) yang merupakan pemilik "Kedai Misterius". Pelanggannya tidak tahu bahwa Weol Ju sebenarnya berusia 500 tahun, ia dikutuk untuk menyelesaikan dendam 100.000 jiwa sebagai penebusan dosa-dosanya.

Suatu hari, Weol Ju bertemu Han Kang Bae (Yook Sung Jae) yang memiliki kemampuan untuk membuat orang mengakui kebenaran dengan melakukan kontak fisik dengan mereka. Untuk menyingkirkan kemampuan unik ini, Kang Bae bersedia bekerja untuk Weol Ju. Siapa Kang Bae di kehidupan masa lalunya dan mengapa nasibnya dengan Weol Ju terjalin lagi di hari ini?

9. Hotel Del Luna

https://www.youtube.com/embed/OjEWIcEnEDo

Dibintangi oleh Lee Ji Eun/ IU dan Yeo Jin Goo sebagai pemilik dan manajer sebuah hotel, KDrama ini merupakan salah satu KDrama dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel. Tentang hotel supernatural yang hanya melayani hantu yang memiliki urusan yang belum selesai di kehidupan masa lalu mereka.

Hotel ini menjadi tempat persinggahan sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke alam baka dan bersiap-siap untuk reinkarnasi. Pemiliknya, Jang Man Wol (IU) telah terjebak untuk melayani hotel selama 1000 tahun terakhir karena dosa masa lalunya. Oleh karena itu, apa yang terjadi ketika dia bertemu dengan reinkarnasi dari orang-orang yang dia kenal berabad-abad yang lalu?

10. Born Again

https://www.youtube.com/embed/fKQyNEZjrfA

Dari judulnya, kamu sudah memiliki petunjuk bahwa ini adalah KDrama tentang reinkarnasi. KDrama ini sangat menghibur karena penuh ketegangan dan thriller. Pada era 1980-an, Detektif Cha Hyung Bin (Lee Soo Hyuk) jatuh cinta dengan Ha Eun (Jin Se Yun), seorang pemilik toko buku yang menderita penyakit jantung.

Pada saat yang sama, pembunuh berantai Gong Ji Chul (Jang Ki Yong) juga jatuh cinta padanya. Satu demi satu, takdir mereka dipertemukan dan mereka bertiga mati. Pada saat ini, mereka bertiga bereinkarnasi. Dan pembunuhan yang dilakukan di tahun 80-an terjadi lagi. Apakah karena Gong Ji Chul bereinkarnasi atau dia bukan pembunuh sebenarnya?

Konsep reinkarnasi dalam KDrama memang selalu unik dan menarik perhatian penonton. Bagaimana tentang kehidupan seseorang di masa lalu dan ia sebagai pribadi lain di masa depan. Kamu percaya gak dengan reinkarnasi?

Baca Juga: Kompak, 6 Pasang Artis Bintangi KDrama yang Sama di Paruh Awal 2021

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya