Comscore Tracker

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap Kebenaran

Mengutamakan tugas sebagai reporter walau nyawa terancam

Salah satu profesi yang sering hadir dalam KDrama atau drama Korea adalah reporter atau wartawan, sebuah profesi yang bergerak dibidang jurnalistik. Tugas utama dari seorang reporter adalah menyampaikan berita mengenai sebuah kebenaran.

Namun, acap kali seorang reporter idealis semacam menghadapi berbagai halangan serta rintangan saat mereka bertugas mengungkap sebuah kebenaran. Tak jarang, nyawa mereka menjadi taruhannya. Walaupun begitu, seorang reporter harus menyampaikan sebuah kebenaran pada banyak orang.

Berikut tujuh rekomendasi KDrama mengenai reporter yang takut dalam menyampaikan sebuah kebenaran.

1. Healer

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap KebenaranHealer (Dok. KBS2)

Seo Jung Hoo adalah seorang pesuruh gelap, yang dikenal sebagai Healer oleh kliennya. Dengan harga yang tepat dan dengan bantuan seorang peretas jenius, dia mendapatkan apa pun yang diinginkan oleh kliennya, selama tidak melibatkan pembunuhan. Misi terakhirnya membawanya ke penulis tabloid kelas dua yakni Chae Young Shin dan reporter sukses bernama Kim Moon Ho.

Jung Hoo mulai mengungkap misteri masa lalunya yang sama dengan kedua reporter tersebut, sehingga menempatkan mereka semua dalam bahaya.

2. Argon

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap KebenaranArgon (Dok tvN)

Kim Baek Jin (Kim Ju Hyeok) adalah pembawa berita, reporter dan pemimpin tim pelaporan investigasi Argon. Dia tidak mentolerir kesalahan dan hanya mengandalkan fakta dalam menyampaikan sebuah berita.

Sementara itu, Lee Yeon Hwa (Chun Woo Hee) adalah seorang reporter kontrak. 6 bulan sebelum kontraknya berakhir, dia ditugaskan untuk bekerja di Argon. Dia berjuang untuk mendapatkan pekerjaan tetap di sana sebagai reporter. Bekerja sama dengan Kim Baek Jin, Yeon Hwa menerima pelatihan ketat dan tumbuh sebagai reporter sejati.

3. Hero

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap KebenaranHero (Dok. MBC)

Hero adalah KDrama dengan kisah tentang reporter top Korea dan warga biasa yang berjuang melawan penyalahgunaan kekuasaan oleh elit masyarakat. Bekerja sebagai reporter untuk tabloid dewasa bernama Monday Seoul, Jin Do Hyuk menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mendapatkan informasi.

Suatu hari, dia pergi untuk mewawancarai Jo Yong Deok, bos dari geng Kapak, yang menyarankan agar mereka membuat koran sendiri. Do Hyuk berbohong tentang kepercayaan mantan rekan kerjanya saat dia memperkenalkan mereka kepada Jo Yong Deok sebagai calon karyawan untuk usaha surat kabar.

Dengan mantan rekan kerjanya, dia bisa meluncurkan Yongdeok Daily bersama dengan Yong Deok. Mereka akhirnya menemukan diri mereka tersedot ke dalam konspirasi besar yang dapat menghancurkan hidup mereka.

Baca Juga: 5 Drama Korea Kurang Populer Ini Ternyata Keren Abis! 

4. Pinocchio

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap KebenaranPinocchio (Dok. SBS)

Sebagai seorang anak, Ha Myeong (Lee Jong Suk) tumbuh dalam keluarga dengan ayah, ibu dan kakak laki-lakinya. Ha Myeong dan kakak laki-lakinya (Yoon Gyun Sang) memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dari biasanya dan bangga dengan ayah mereka. Kebakaran di fasilitas limbah menghancurkan keluarganya. Ibunya meninggal beberapa saat kemudian dan Ha Myeong akhirnya dibawa keluar dari laut oleh pria tak dikenal (Byun Hee Bong). Pria yang menarik Ha Myeong keluar dari laut adalah kakek dari In Ha (Park Shin Hye).

Kakek In Ha percaya Ha Myeong adalah putra tertuanya Dal Po yang meninggal 30 tahun lalu. Ha Myeong kemudian diadopsi oleh kakek In Ha dan namanya diubah menjadi Dal Po. In Ha dan Dal Po kini hidup bersama sebagai paman dan keponakan, meski rentang usia mereka sama. In Ha mengidap Pinocchio Syndrome. Saat berbohong dia akan cegukan.

In Ha dan Dal Po rukun sampai Dal Po mengetahui bahwa ibu In Ha (Jin Kyung) adalah reporter yang meliput kebakaran fasilitas limbah yang menghancurkan keluarganya. Dal Po mencoba menjauhkan diri dari In Ha, tapi dia juga mengembangkan perasaan padanya.

Bertahun-tahun kemudian, keluarga Dal Po dan In Ha sekarang tinggal di Seoul. In Ha mencoba menjadi reporter seperti ibunya. In Ha bertemu ibunya untuk pertama kali dalam beberapa tahun pada wawancara kerja untuk MSC Broadcasting Station. Ibunya adalah orang yang memberinya wawancara kerja. In Ha gagal dalam wawancara kerja. Ibunya menolaknya karena sindrom yang ia derita.

Dal Po sekarang adalah super taksi untuk menghidupi keluarganya. Suatu hari, Dal Po bertemu dengan ibu In Ha dan memutuskan untuk menjadi reporter.

5. Goodbye Mr. Black

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap KebenaranGoodbye Mr.Black (Dok. MBC)

Cha Ji Won (Lee Jin Wook) adalah perwira UDT dari Pasukan Operasi Khusus Angkatan Laut. Dia memiliki aura positif dan memiliki pesona pribadi, tetapi dia jatuh ke dalam situasi putus asa karena pengkhianatan seorang teman.

Ji Won sering berada dalam situasi antara hidup dan mati. Cha Ji Won kemudian mengadakan pernikahan palsu dengan Swan (Moon Chae Won) untuk menyembunyikan identitasnya. Melalui persona cerdas Swan, Cha Ji Won jatuh cinta dan mendapatkan kembali kepercayaannya pada orang lain.

6. Falsify

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap KebenaranFalsify (Dok. SBS)

Dalam masyarakat modern, jurnalisme telah kehilangan integritasnya dan seorang jurnalis yang berfokus pada fakta sudah menghilang. Namun, masih ada jurnalis yang mencari kebenaran dan jika setidaknya ada satu orang yang mau melihat, kebenaran akan keluar dari kegelapan.

Reporter Han Moo Young (Namkoong Min) dan Lee Seok Min (Yu Jun Sang) serta Jaksa Kwon So Ra (Uhm Ji Won) berjuang untuk mengungkap kebenaran yang dipalsukan mengenai sebuah kasus korupsi.

7. Hush

7 KDrama tentang Reporter yang Tak Takut Mengungkap KebenaranHush (Dok. JTBC)

Hush adalah KDrama kantor tentang reporter surat kabar dan perjuangan sehari-hari, masalah dan dilema yang dihadapai oleh seorang reporter. Han Jun Hyeok adalah reporter veteran sebuah surat kabar. Dia pertama kali menjadi reporter untuk mengejar keadilan, tetapi dia sekarang mengalami konflik antara idealisme dan pragmatisme. Han Jun Hyeok juga harus menangani masalah pribadi sebagai suami dan ayah.

Lee Ji Soo adalah reporter magang yang berani dan tidak takut untuk mengatakan apa yang perlu dikatakan, bahkan selama wawancara kerja. Saat dia bertemu Han Jun Hyeok sebagai mentornya, dia mulai bermimpi menjadi seorang jurnalis sejati.

Nah, itulah tujuh KDrama mengenai reporter yang takut dalam menyampaikan sebuah kebenaran. Dari KDrama diatas, apakah kamu terinspirasi untuk menjadi seorang reporter atau orang yang bekerja dibidang jurnalistik?

Baca Juga: 10 Drama Korea dengan Episode Terbanyak, Tayangnya Lama Banget!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya