Comscore Tracker

8 Film Barat dengan Karakter Terbanyak, Jumlahnya sampai Ratusan!

Kamu pernah menghitung berapa karakter dalam film ini?

Dalam film, terdapat beberapa aspek utama yang tak bisa dipisahkan, salah satunya adalah pemeran. Bintang atau pemeran film atau biasa juga disebut dengan istilah aktor merupakan orang yang memerankan sebuah karakter dalam film.

Keberhasilan sebuah film tidak lepas dari para aktor dan aktris dalam memerankan tokoh yang diperankan. Biasanya, dalam sebuah film hanya terdapat belasan atau puluhan pemeran. 

Namun, apa jadinya jika sebuah film memiliki pemeran atau karakter hingga ratusan? Berikut delapan film Barat dengan karakter terbanyak yang dijamin bikin kamu pusing menghafal namanya.

1. Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 dan Part 2 (2010 dan 2011)

https://www.youtube.com/embed/5NYt1qirBWg

Sebagai penutup dari kisah Harry Potter, dua bagian dari film Harry Potter and Deathly Hallows membawa kembali sebanyak mungkin karakter yang pernah ada pada film Harry Potter. Misalnya, Harry Potter and Deathly Hallows Part 1 membawa kembali keluarga Dursley, sementara Harry Potter and Deathly Hallows Part 2 menampilkan akting cemerlang dari Sirius Black.

Totalitas, dalam film penutup dari kisah Harry Potter ini menghadirkan sebanyak 242 karakter. Meski begitu, ada banyak karakter yang hanya memiliki sedikit screen time dalam film tersebut.

2. Titanic (1997)

https://www.youtube.com/embed/CHekzSiZjrY

Nama James Cameron menjadi perbincangan di  perfilman Hollywood setelah apa yang ia lakukan dalam Titanic. Meskipun film ini benar-benar berfokus pada kisah cinta tragis antara Jack dan Rose, film yang diarahkan oleh James Cameron tentang tenggelamnya kapal Titanic pada 1912 itu menampilkan total 171 karakter.

Selain menampilkan orang-orang yang berada dalam kapal Titanic, film ini juga memiliki segmen berlatar 90-an. Banyak karakter kecil pada Titanic didasarkan pada penumpang dan awak kapal di kehidupan nyata. Banyak di antaranya meninggal dalam pelayaran perdana kapal yang naas itu.

3. Avengers: Endgame (2019)

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Marvel Cinematic Universe sangat bangga dengan salah satu film terbaik mereka, yakni Avengers: Endgame. Film tersebut menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa dan film pahlawan super dengan jumlah karakter terbanyak.

Secara keseluruhan, jumlah pahlawan, penjahat, dan karakter pendukung bisa berjumlah ratusan. Avengers: Endgame tidak hanya menyatukan kembali tim Avengers asli sambil menambahkan anggota baru, tetapi juga mereka yang hilang selama jentikan Thanos di Avengers: Infinity War. Secara total, film ini memiliki 54 karakter dengan nama dan total 163 pemeran.

4. Pirates Of The Caribbean : At World's End (2007)

https://www.youtube.com/embed/HKSZtp_OGHY

Terdapat banyak kritik untuk sekuel Pirates Of The Caribbean yakni Pirates Of The Caribbean: At World's End. Hal utama yang dikritik tentu saja dari jumlah karakter film ini yang sangat banyak dan tak ada habisnya.

Pirates Of The Caribbean: At World's End menghadirkan 157 pemeran. Ada lebih dari 30 pemeran yang memiliki dialog dengan pemeran utama, yakni Kapten Jack Sparrow. Selain karakter berulang, seperti Davy Jones dan Tia Dalma, film ini juga membawa semua karakter dari film sebelumnya, seperti duo kikuk, Murtogg dan Mullroy. 

Baca Juga: Gak Kalah Seru! 10 Film Hollywood Parodikan Waralaba Film Terkenal

5. 2012 (2009)

https://www.youtube.com/embed/ce0N3TEcFw0

Film tentang bencana karya sutradara Roland Emmerich diketahui meningkat secara drastis saat menjelang 2012. Sutradara ini bisa dibilang mencapai puncaknya pada 2012. Film 2012 dibintangi sekitar 40 karakter bernama dengan total ada 155 karakter.

2012 berfokus pada Jackson Curtis dan keluarganya, tapi alur film ini terus bergeser antara perspektif keluarga Jackson Curtis dan penyelenggara proyek bahtera serta para pengungsi lainnya. Dengan mengingat hal itu, banyak karakter dalam 2012, termasuk Danny Glover dan Woody Harrelson dengan peran kecil, memiliki setidaknya satu adegan sebelum mereka binasa karena bencana yang mengakhiri dunia.

6. The Longest Day (1962)

https://www.youtube.com/embed/3KdNUlLzTvA

The Longest Day berkisah seputar pendaratan di Normandia pada 6 Juni 1944. Dari semua sisi, termasuk dari sudut pandang sekutu, poros perlawanan, dan juga warga sipil. Tentu saja, film ini menghasilkan salah satu pemain ansambel Hollywood terbesar, tetapi juga salah satu pemain internasional terbanyak untuk produksi Hollywood.

Secara total, The Longest Day memiliki 145 aktor yang mencakup lebih dari 40 karakter yang memiliki nama dan figuran tak terhitung jumlahnya. Memiliki hampir 40 aktor papan atas, termasuk Henry Fonda dan Gert Fröbe,  ada juga Sean Connery yang berperan kecil dalam film ini.

7. X-Men: Days Of Future Past (2014)

https://www.youtube.com/embed/pK2zYHWDZKo

X-Men: Days Of Future Past dianggap sebagai tonggak sejarah dalam franchise film X-Men. Alasannya karena film ini berhasil menyatukan dua timeline film yang terpisah dan membuat dua timeline ini jadi satu kesatuan.

Total ada sekitar 30 mutan baru dan lama ditambah karakter manusia, seperti Bolivar Trask dalam 112 pemeran dalam X-Men: Days Of Future Past.

8. It's a Mad, Mad, Mad, Mad World (1963)

https://www.youtube.com/embed/m6iqLGred1Y

Ketika seorang penjahat legendaris mengungkapkan bahwa ia menyembunyikan uang simpanan sebesar 350.000 dolar, sekelompok penipu paling eksentrik di dunia berlomba menemukannya. Tentu saja, perlombaan gila untuk meraih kekayaan ini dibintangi oleh sekelompok komedian terbesar Hollywood saat itu.

It's A Mad, Mad, Mad, Mad World menampilkan 12 bintang Hollywood, seperti Spencer Tracy dan Ethel Merman, tetapi juga mendatangkan hampir 40 akting cemerlang dari pemeran, seperti stuntman legendaris Buster Keaton, Three Stooges, dan banyak lagi. Total ada 108 pemain dalam film ini.

Hingga saat ini, rekor film dengan karakter terbanyak masih dipegang oleh Harry Potter and the Deathly Hallows yang sudah bertahan selam satu dekade. Akankah ada film di masa mendatang yang mampu memecahkan rekor ini? Kita tunggu saja, ya!

Baca Juga: 6 Film Barat Berkisah Tentang Terjebak di Suatu Tempat, Ada 127 Hours!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya