Comscore Tracker

7 Film Terbaik yang Bertemakan Lucid Dreams, Mind Blowing!

Kamu dibuat berpikir keras dari awal hingga akhir film

Lucid dreams adalah sebuah fenomena mimpi. Kondisi ini terjadi ketika seseorang sedang bermimpi di tengah tidurnya dan sadar bahwa ia sedang bermimpi saat itu. Oleh karena itu, lucid dreams sering disebut juga sebagai mimpi sadar.

Lucid dreams bisa dialami siapa saja. Meski dipandang aneh dan sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis, tapi jenis mimpi ini sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Kondisi saat seseorang mengalami mimpi sadar atau bahkan bisa mengendalikan mimpinya sendiri.

Konsep lucid dreams yang unik ini dijadikan ide oleh pembuat film Hollywood dan mengangkatnya sebagai jalan cerita utama. Di bawah ini ada tujuh film terbaik bertemakan lucid dreams atau mimpi sadar yang bisa kamu tonton. Apa saja judulnya?

1. Inception (2010)  

https://www.youtube.com/embed/Qwe6qXFTdgc

Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) adalah seorang pencuri dengan kemampuan langka untuk memasuki mimpi orang dan mencuri rahasia mereka dari alam bawah sadar. Keahliannya telah membuatnya menjadi komoditas panas di dunia spionase perusahaan tetapi juga membuat dia kehilangan semua yang dia cintai.

Dom Cobb mendapat kesempatan untuk menebus semua kesalahannya kala ia mendapatkan tawaran tugas yang berat dan terdengar mustahil. Cobb diharuskan untuk masuk ke alam bawah sadar dan menanamkan ide dalam pikiran seseorang. Jika dia berhasil, maka Cobb akan mendapatkan kembali kasih sayang dari orang yang ia cintai, tapi musuh yang berbahaya selalu menngawasi setiap gerak-gerik Cobb.

2. Waking Life (2001)

https://www.youtube.com/embed/uk2DeTet98o

Melampaui batas-batas teknologi dan imajinasi, Waking Life adalah terobosan revolusioner dalam film bergenre animasi. Dalam film ini, karakter yang disuarakan oleh Wiley Wiggins melakukan perjalanan melalui serangkaian pertemuan dan pengamatan di dunia lain.

Keberadaan surealis ini memunculkan sebuah pertanyaan dan juga ide. Apakah kita berjalan dalam tidur ketika terjaga atau berjalan saat bangun melalui mimpi kita?

3. The Science of Sleep (2006)

https://www.youtube.com/embed/dHtE0szIip0

Setelah kematian ayahnya, seorang pemuda putus asa bernama Stéphane Miroux (Gael García Bernal) memulai pekerjaan sebagai seorang desainer grafis. Namun, ia hanya memiliki sedikit kesempatan untuk menciptakan karyanya.

Mimpinya yang intens mulai menyalip kehidupan nyatanya dan dia menjadi semakin terjebak dalam alam bawah sadarnya. Imajinasi hiperaktifnya kemudian mulai mengganggu kehidupannya serta pasangannya.

Baca Juga: 10 Film Hollywood tentang Perkuliahan, Mahasiswa Wajib Nonton! 

4. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

https://www.youtube.com/embed/07-QBnEkgXU

Setelah perpisahan yang menyakitkan, Clementine (Kate Winslet) menjalani prosedur untuk menghapus ingatan mantan pacarnya, Joel (Jim Carrey) dari benaknya. Joel pun mengetahui, bahwa Clementine mennggunakan sebuah cara ekstrem untuk melupakan hubungan mereka. Hal ini membuat Joel juga menjalani prosedur yang sama dan perlahan mulai melupakan perempuan yang dia cintai. 

Eternal Sunshine of The Spotless Mind adalah film garapan Michel Gondry ini ditulis oleh Charlie Kaufman. Pertama kali tayang di AS tanggal 19 Maret 2004, Eternal Sunshine of The Spotless Mind punya durasi 108 menit.

5. What Dreams May Come (1998)

https://www.youtube.com/embed/RmZ-FuBThuQ

Setelah Chris Nielsen (Robin Williams) meninggal dalam kecelakaan mobil, ia dipandu melalui alam baka oleh pemandu rohnya, Albert (Cuba Gooding Jr.). Dunia baru yang dihuni oleh Chris sangat indah. Ia bisa mendapatkan apa saja yang ia mau, bahkan anak-anaknya ada di sana.

Namun ketika istrinya, Annie (Annabella Sciorra) bunuh diri dan dikirim ke neraka, Chris mengabaikan peringatan Albert. Ia pun pergi ke neraka untuk menyelamatkan Annie. Setelah tiba, Chris menemukan bahwa menyelamatkan Annie lebih sulit daripada yang ia bayangkan.

6. The Good Night (2007)

https://www.youtube.com/embed/s8rd4VQrrLo

Gary (Martin Freeman) adalah seorang musisi yang sedang dalam hubungan tidak bahagia dengan kekasihnya, Dora (Gwyneth Paltrow). Gary menjadi terpesona dengan seorang perempuan yang diperankan oleh Penélope Cruz yang memasuki mimpinya. Perempuan tersebut pun mencoba mengendalikan keadaan mimpi Gary sehingga laki-laki tersebut bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengannya.

Ketika Gary melihat wajah perempuan misterius di papan reklame bus, ia sadar bahwa sekarang dia ada di dunia nyata. Takdir pun memberinya kesempatan untuk bertemu dengan perempuan yang ada dalam mimpinya.

7. The Matrix (1999)

https://www.youtube.com/embed/D4eJx-0g3Do

Neo (Keanu Reeves) percaya bahwa Morpheus (Laurence Fishburne) adalah sosok yang sulit dipahami dan dianggap sebagai orang paling berbahaya yang masih hidup. Neo dihubungi oleh Trinity (Carrie-Anne Moss), seorang perempuan asing yang membawanya ke dunia bawah sadar, di mana Neo bisa bertemu dengan Morpheus.

Mereka bertiga bertempur dalam pertempuran brutal untuk hidup mereka melawan kader agen rahasia yang sangat cerdas. Hal inilah yang bisa membuat Neo kehilangan sesuatu yang lebih berharga daripada hidupnya.

Dalam film-film di atas, lucid dreams digambarkan dengan cara yang beragam dan bisa dialami oleh siapa pun. Gimana, kamu pernah tidak mengalami lucid dreams atau mimpi secara sadar?

Baca Juga: 10 Artis Hollywood Tolak Turunkan Berat Badan demi Pekerjaan

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya