Comscore Tracker

6 Film Terbaik yang Mengangkat Kisah tentang Mitologi Mesir

Kamu paling suka film yang mana?

Salah satu negara yang tertua di dunia saat ini adalah Mesir. Negara ini sudah ada sejak masa peradaban kuno sekitar 6000 SM. Jadi, negara yang terletak di benua Afrika ini memiliki sejarah yang amat panjang dalam peradabannya. Ada banyak peristiwa penting yang terjadi di Mesir.

Oleh sebab itu ada beberapa penulis dan sutradara film Hollywood membuat sebuah film yang berdasarkan cerita, adat, mitologi atau sejarah dari negara Mesir. Berikut adalah 6 film terbaik yang diangkat berdasarkan mitologi Mesir.

1. The Ten Commandments (1956)

https://www.youtube.com/embed/KBzbyIPWVT4

Tahun 1950-an menghasilkan banyak film yang memorable dan salah satu yang paling sukses adalah The Ten Commandments yang disutradarai oleh Cecil B. DeMille. Film ini berfokus pada Moses, Ramses, dan perseteruan mereka satu sama lain.

Menikmati kehidupan yang nyaman di istana Firaun Mesir, Moses (Charlton Heston) dan mendapatkan ilham dari Tuhan. Moses mendedikasikan dirinya untuk membebaskan rakyatnya dari penawanan firaun. Moses berhasil memimpin mereka keluar dari Mesir dan melintasi Laut Merah.

2. Exodus: Gods And Kings (2014)

https://www.youtube.com/embed/t-8YsulfxVI

Ridley Scott telah menghasilkan banyak film sejarah selama kariernya sebagai sutradara dan salah satu yang terbaik adalah Exodus: Gods And Kings. Pangeran Mesir, Moses (Christian Bale), dan Ramses (Joel Edgerton) dibesarkan bersama sebagai saudara. Ketika Ramses menjadi firaun, Moses menjadi tangan kanan yang setia bagi Ramses.

Namun , Moses berjumpa dengan orang tua kandungnya, dan Ramses membuangnya ke padang pasir. Tuhan punya misi untuk Moses yakni membebaskan Mesir dari perbudakan Ramses.

Moses kembali ke Mesir dan menuntut Ramses agar membiarkan rakyatnya pergi, tetapi Ramses menolak, pertempuran tak bisa dihindarkan antara Moses dan Ramses.

3. 10,000 BC (2008)

https://www.youtube.com/embed/J73aDZuAx2I

Era Mesir kuno telah menjadi sumber bagi banyak film, tetapi hanya sedikit yang seaneh atau semenarik 10, 000 BC. Film ini bercerita tentang seorang pemburu mammoth bernama D'Leh (Steven Strait) yang telah lama jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Evolet (Camilla Belle). Perampok berkuda menculik sebagian besar sesama anggota suku D'Leh serta Evolet.

D'Leh memulai perjalanannya untuk membebaskan anggota suku serta Evolet dari perbudakan yang kejam. Teman-teman D'Leh melakukan pekerjaan secara paksa untuk membangun sebuah bangunan yang megah. Akankah D'Leh berhasil menyelamatkan mereka?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film yang Mengangkat Tema tentang Kesehatan Mental

4. The Scorpion King (2002)

https://www.youtube.com/embed/b7nmYiZ6cAg

Dwayne Johnson telah tampil di banyak film blockbuster, dan meskipun The Scorpion King bukan salah satu yang terbaik, tapi film ini yang melambungkan namanya di kancah perfilman Hollywood. Sebuah spin-off dari The Mummy, film ini berfokus pada karakter Rock, Mathayus the Scorpion King.

5000 tahun lalu di kota Gomora, di mana kota itu dikuasai oleh pengusaha yang berniat untuk membinasakan semua warga Mesir. Penguasa ini memiliki kemampuan sihir yang luar biasa. Beberapa suku yang tersisa harus bersatu, mereka akhirnya menyewa seorang pembunuh bernama Mathayus (The Rock), untuk mengalahkan sang penguasa yang kejam.

5. Stargate (1994)

https://www.youtube.com/embed/qMLyCQq6Gvc

Roland Emmerich telah bertanggung jawab atas banyak film dengan jalan cerita yang memukau, dan salah satu yang terbaik adalah Stargate. Di Mesir modern, profesor Daniel Jackson (James Spader) bekerja sama dengan mantan Kolonel Angkatan Darat, Jack O'Neil (Kurt Russell), untuk membuka kode gerbang antarbintang ke dunia Mesir kuno.

Mereka tiba di sebuah planet yang diperintah oleh Ra (Jaye Davidson). Ra adalah orang yang memiliki kunci agar Daniel Jackson dan Jack O'Neil bisa kembali ke Bumi dengan selamat.

Sekarang, untuk melarikan diri ancaman pembunuhan yang diberikan oleh Ra, Jackson dan O'Neil harus meyakinkan orang-orang di planet itu bahwa Ra harus digulingkan.

6. Gods of Egypt (2016)

https://www.youtube.com/embed/tuVg_6UaQsU

Film ini berfokus pada konflik antara dewa Horus dan musuhnya, Set. Meskipun diejek oleh para kritikus, film ini luar biasa karena menjadi salah satu dari sedikit yang benar-benar menggunakan mitologi Mesir Kuno. Terlebih lagi penggunaan efek CGI yang membantu menghidupkan konflik di antara para dewa.

Kelangsungan hidup umat manusia tergantung pada keseimbangan ketika Set (Gerard Butler) yang merupakan dewa kegelapan merebut tahta Mesir dan menjerumuskan kerajaan yang makmur ke dalam kekacauan.

Berharap untuk menyelamatkan dunia, seorang manusia bernama Bek (Brenton Thwaites) membentuk aliansi dengan dewa Horus (Nikolaj Coster-Waldau). Pertempuran mereka melawan Set dan antek-anteknya membawa mereka ke alam baka. 

 

Sebagai salah satu negara tertua dan memiliki sejarah panjang dalam peradaban manusia, Mesir memiliki segudang cerita yang bisa dijadikan inspirasi untuk sebuah film. Nah, dari film-film di atas, mana nih yang paling kamu suka?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film Favorit Bertema Hukum, Belajar Lewat Film!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya