Comscore Tracker

5 Film Terbaik yang Mengangkat Tema tentang Media Sosial, Wajib Nonton

Relate banget dengan kondisi saat ini

Saat ini, seseorang tak bisa lepas dari yang namanya internet. Sebuah teknologi yang memudahkan manusia dalam segala bidang, namun membuat kecanduan. Hal semacam ini sering sekali diangkat ke dalam sebuah film.

Ada beberapa film yang mengambil tema media sosial dan berhasil menghadirkan cerita unik serta relate dengan kehidupan kita sebagai penggunaan media sosial. Di bawah ini adalah lima film terbaik yang mengangkat kisah tentang budaya di media sosial.

1. Feels Good Man (2020)

https://www.youtube.com/embed/XpthFS2Mr0o

Setiap kali seseorang menyebut Pepe the frog, yang pertama kali terbayang adalah meme dengan gambar katak berwarna hijau yang sedang tersenyum. Meme yang satu ini menjadi identik dengan kelompok supremasi kulit putih dan simbol kebencian lainnya. Tapi bagi penciptanya, Matt Furie, Pepe hanyalah pria konyol yang suka pizza dan bergaul dengan teman-temannya di komik webnya, Boys Club.

Film ini mendokumentasikan sejarah Pepe, ketenarannya yang meroket sebagai meme populer, asimilasinya menjadi simbol kebencian, dan tekad Furie untuk mengambil kembali kendali atas ciptaannya tersebut.

2. Spree (2020)

https://www.youtube.com/embed/cX7V6j7-9_o

Dibintangi oleh aktor Joe Keery, film ini direkam menggunakan kamera dasbor mobil, rekaman CCTV, dan tayangan langsung Instagram. Sebuah film komedi horor yang mengangkat budaya influencer dan mengeksplorasi sejauh mana seseorang bersedia untuk mencapai ketenaran di internet.

Dalam film ini, Keery memerankan karakter Kurt, seorang pemuda yang bekerja sebagai pengemudi ride-sharing dan membuat video YouTube di waktu luangnya, meskipun ia hanya memiliki sedikit pengikut di akun media sosialnya.

Baca Juga: 5 Fakta Film Thailand 'The Antique Shop', Debut Film Bae Jinyoung

3. Ingrid Goes West (2017)

https://www.youtube.com/embed/xP4vD1tWbPU

Selain Spree, ada juga film Ingrid Goes West yang mengangkat kisah tentang seorang influencer. Ingrid Goes West dibintangi Aubrey Plaza sebagai Ingrid Thorburn, seorang wanita muda yang sakit mental dan kebutuhannya yang tak kenal lelah untuk berteman dengan influencer populer Taylor (Elizabeth Olsen).

Film ini menunjukkan bagaimana obsesi Ingrid dengan Taylor dan efek penggunaan media sosial yang tidak sehat. Demi mencapai ketenaran melalui internet, Ingrid melakukan apa pun yang dia bisa untuk mencapai status influencer.

4. Eighth Grade (2018)

https://www.youtube.com/embed/y8lFgF_IjPw

Ditulis dan disutradarai oleh Bo Burnham, film berjudul Eighth Grade mengisahkan tentang siswa sekolah menengah bernama Kayla (Elsie Fisher), yang berjuang dengan kecemasan dan menjalin hubungan sosial dengan teman-teman sekelasnya.

Film ini menunjukkan bagaimana anak muda saat ini berinteraksi dengan media sosial, seperti ketergantungan Kayla dalam membuat vlog untuk memberikan nasihat motivasi kepada dirinya sendiri serta menggunakan media sosial dan internet sebagai pelarian dari kehidupannya.

5. Searching (2018)

https://www.youtube.com/embed/lhI8ROCCHpM

Searching adalah film thriller misteri yang diceritakan hanya melalui browser web, live streaming, layar laptop, rekaman CCTV dan hampir semua bentuk layar digital lainnya. Mengisahkan seorang ayah yang berusaha menemukan putrinya yang hilang.

Internet memainkan peran utama dalam film ini, bertindak sebagai media komunikasi utama di antara setiap karakter dan hal utama yang digunakan David (John Cho) untuk menemukan petunjuk tentang putrinya, Margot (Michelle La), dan keberadaannya.

Media sosial sangat berguna saat ini sebagai media komunikasi, tapi juga memiliki dampak negatif. Dari film-film di atas, kita sepatutnya lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial guys, ya.

Baca Juga: 5 Film Terbaik Bio One, Pemeran Gepeng di Film Srimulat!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya