Comscore Tracker

Penuh Teka-teki, 12 KDrama Crime Tentang Investigasi Kriminal

Punya kasus kejahatan sulit #IDNTimesHype #WaktunyaKorea

Genre yang paling populer dalam KDrama adalah romance atau komedi. Tapi, buat kamu yang kurang suka dengan genre ini, tak ada salahnya kok untuk menonton KDrama dengan genre crime. Tak kalah dari Hollywood, KDrama menghadirkan genre crime dengan nuansa yang dark serta dibalut dengan berbagai teka-teki.

Kebanyakan KDrama semacam ini berfokus pada investigasi kasus kriminal atau menangkap pelaku kejahatan. Buat kamu nih yang suka dengan genre crime, berikut adalah dua belas KDrama crime tentang investigas kejahatan, seru banget.

1. Stranger

https://www.youtube.com/embed/On1HUD9B78I

Saat masa anak-anak, Hwang Shi Mok (Jo Seung Woo) menjalani operasi otak untuk mengekang amarahnya, yang membuatnya tidak memiliki emosi. Hwang menjadi jaksa yang dikenal karena kecerdasan dan logikanya yang tajam, tetapi dia dikucilkan karena dia tidak memiliki empati dan anti sosial.

Dia juga salah satu dari segelintir jaksa jujur yang menolak menerima suap. Suatu hari, ia bertemu dengan korban penusukan saat menyelidiki sebuah kasus korupsi. Dia bertemu Letnan Han Yeo Jin (Bae Doo Na) di TKP. Mereka bekerjasama untuk membasmi korupsi di kantor kejaksaan dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai.

2. Tunnel

https://www.youtube.com/embed/p82a5KZswCQ

Pada tahun 1986, Detektif Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) mati-matian mencoba menangkap seorang pembunuh berantai. Dia mengejar pembunuh berantai dan melewati terowongan.

Di sisi lain terowongan, Detektif Park Gwang Ho menemukan dirinya berada di tahun 2017. Pembunuh berantai melanjutkan aksi pembunuhan yang dimulai 30 tahun yang lalu. Detektif Park Gwang Ho bekerjasama dengan Detektif Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan Profesor Psikologi Kriminal Shin Jae Yi (Lee Yoo Young) untuk menangkap si pembunuh.

3. Life on Mars

https://www.youtube.com/embed/nBfKn188dmE

Han Tae Joo (Jung Kyoung Ho) memimpin tim investigasi kejahatan. Dia telah mengalami peningkatan pesat dalam karirnya dan dia mempercayai data daripada orang lain. Saat menyelidiki kasus pembunuhan berantai, dia mengalami kecelakaan.

Ketika Han Tae Joo sadar, dirinya kini berada pada tahun 1988. Dia tidak tahu mengapa, tetapi dia sekarang adalah seorang detektif yang ditunjuk untuk bekerja di sebuah kantor polisi di sebuah kota kecil. Untuk kembali ke masa sekarang, Han Tae Joo mencoba memecahkan kasus pembunuhan berantai.

4. Awaken

https://www.youtube.com/embed/RjkFlMAB4AY

Kasus-kasus misterius terjadi di sebuah kota. Kasus misterius ini terkait dengan kasus yang terjadi 26 tahun lalu. Do Jung Woo (Namkoong Min) dan Kong Hye Won (Seol Hyun) mencoba mengungkap rahasia di balik kasus-kasus dari 26 tahun yang lalu dan kasus-kasus yang terjadi saat ini.

5. Voice

https://www.youtube.com/embed/cl3D2AE8NQk

Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) adalah seorang detektif populer yang memecahkan kasus-kasus besar, tetapi setelah istrinya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai hidupnya hancur. Dia dipenuhi dengan rasa bersalah bahwa dia tidak dapat melindungi istrinya dan dia diam-diam mencari pembunuhnya.

Sementara itu, Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) lulus di akademi kepolisian dengan nilai tertinggi. Dia mulai bekerja di pusat panggilan darurat 112. Bekerja di sana, sebuah kasus pembunuhan brutal terjadi dan ayahnya / sersan polisi pergi ke TKP. Ayahnya terbunuh di sana dan Kwon Joo mendengar apa yang terjadi melalui telepon. Setelah itu, dia pergi ke Amerika Serikat untuk belajar dan kembali ke Korea sebagai profiler suara profesional.

Detektif Jin Hyuk dan Kang Kwon Joo memecahkan kasus bersama. Mengejar seorang pembunuh berantai yang bertanggung jawab atas kematian anggota keluarga mereka.

Baca Juga: 9 Drama Korea Paling Sedih, Cocok buat Kamu yang Lagi Pingin Nangis

6. Signal

https://www.youtube.com/embed/JnX9ctyNrAI

Lima belas tahun yang lalu, seorang gadis muda diculik dalam perjalanan dari sekolah dan Park Hae Yeong (Lee Je Hoon), yang merupakan siswa sekolah dasar pada waktu itu, menyaksikan kejahatan itu. Beberapa hari kemudian, gadis itu ditemukan tewas dan polisi tidak dapat menemukan jejak pelakunya. Seiring berjalannya waktu, Hae Yeong mulai tidak mempercayai polisi.

Lima belas tahun kemudian, Hae Yeong sekarang menjadi polisi dan profiler kriminal. Suatu hari, dia menemukan walkie-talkie yang memungkinkan dia untuk berhubungan dengan Detektif Lee Jae Han (Jo Jin Woong) yang ada di masa lalu. Petugas polisi Hae Yeong, Jae Han dan Cha So Hyun (Kim Hye Soo) memulai perjalanan mereka untuk menyelesaikan kasus-kasus yang tak terpecahkan.

7. Lawless Lawyer

https://www.youtube.com/embed/ZJUHPewxmQE

Bong Sang Pil (Lee Joon Gi) tumbuh dengan menjalani kehidupan sebagai gangster yang penuh dengan perkelahian fisik dan menghindari hukum. Ketika ibunya meninggal secara tragis, dia bertekad untuk membalas kematiannya. Sang Pil menjadi pengacara dan mulai mengejar orang-orang dengan kekuatan absolut yang berpikir mereka berada di luar hukum. Dengan keterampilan dari masa lalunya, Sang Pil menggunakan tinju dan celah hukum untuk mengumpulkan rekor kemenangan terbanyak.

Ha Jae Yi (Seo Ye Ji) adalah seorang pengacara yang percaya bahwa hukum itu suci dan ia berjuang untuk keadilan. Tapi, lisensinya ditangguhkan ketika dia memukul hakim atas keputusan yang tidak adil dalam persidangan. Jae Yi akhirnya bekerja untuk Sang Pil agar dia bisa terus melunasi hutang ayahnya.

Ketika Sang Pil dan Jae Yi terlibat dalam kasus yang melibatkan Cha Moon Sook (Lee Hye Young), seorang hakim senior yang memiliki banyak kekuasaan dan Ahn Oh Joo (Choi Min Soo), seorang mantan gangster yang sekarang menjadi CEO dari sebuah perusahaan. Dapatkah mereka menemukan jalan keluar? Mampukah mereka mengalahkan orang paling kuat di kota?

8. Memorist

https://www.youtube.com/embed/rKOu7kPFLsU

Ketika Dong Baek (Yoo Seung Ho) masih seorang siswa, dia tiba-tiba mendapatkan kekuatan supranatural. Setiap kali dia menyentuh seseorang, dia bisa membaca ingatan orang itu. Dong Baek mengungkapkan kemampuan membaca ingatannya kepada orang-orang dan dia menjadi seorang detektif.

Dengan kekuatan ini, Dong Baek berusaha untuk menangkap penjahat sebanyak mungkin. Dia menemukan kasus pembunuhan berantai yang misterius.

9. Remember: War of the Son

https://www.youtube.com/embed/e_qG3vPgtPw

Jin Woo (Yoo Seung Ho) memiliki kondisi Hyperthymesia (penyakit langka yang bisa membuat orang yang mengalaminya memiliki daya ingat super) yang memungkinkan dia untuk mengingat hampir setiap hari dengan detail yang sempurna.

Untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah, Jin Woo menjadi seorang pengacara. Dia berjuang untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah, tetapi dia mulai kehilangan ingatannya karena menderita Alzheimer.

10. Vincenzo

https://www.youtube.com/embed/1b1-nK0HM9c

Pada usia delapan tahun, Park Joo Hyeong pergi ke Italia setelah ia diadopsi. Sekarang sebagai orang dewasa, dia dikenal sebagai Vincenzo Cassano (Song Joong Ki) oleh Mafia yang mempekerjakannya. Karena para mafia berperang satu sama lain, dia melarikan diri ke Korea Selatan, di mana dia bertemu dengan Pengacara Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin).

Cha Young adalah tipe pengacara yang akan melakukan apa saja untuk memenangkan sebuah kasus yang ia tangani.

11. Criminal Minds

https://www.youtube.com/embed/fCoUDCJwlmY

Criminal Minds mengisahkan sekelompok profiler yang sangat terlatih dalam tim National Criminal Investigation (NCI) yang melacak penjahat untuk menyelesaikan kasus. Cerita dimulai setahun setelah kesalahan fatal yang mengakibatkan sebuah bom meledak di sebuah rumah sakit, menewaskan beberapa petugas SWAT dan membuat kepercayaan pemimpin tim NCI Kang Ki Hyung (Son Hyun Joo) terguncang.

Dia kembali bekerja setelah istirahat panjang dan langsung terseret ke dalam kasus pembunuhan berantai yang mengharuskan tim NCI bekerja sama dengan Unit Kejahatan Kekerasan dari kepolisian setempat. Mereka bertemu dengan petugas polisi temperamental Kim Hyun Joon (Lee Joon Gi), yang tampaknya memiliki dendam kesumat terhadap Ki Hyung.

12. Ghost

https://www.youtube.com/embed/TIMZg7P3dHo

Kim Woo Hyun (So Ji Sub) adalah satu-satunya putra seorang perwira polisi berpangkat tinggi. Dia mengikuti akademi kepolisian dan lulus dengan pujian. Setelah ditugaskan ke departemen investigasi dunia maya, Detektif Kim mendapati dirinya terjebak dalam permainan dengan musuh tak berwajah di dunia maya.

Tanpa lelah memburu hacker alias Hades, dia mengetahui bahwa Hades adalah teman sekamarnya di akademi kepolisian, Ki Young. Ki young tertangkap. Tapi dia melarikan diri dan mencoba menemukan bukti yang membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Sementara itu, Woo Hyun mencoba mengungkap rahasia orang-orang yang bersembunyi di dunia maya.

Walaupun tidak seringan genre romance dan komedi, nyatanya KDrama crime yang mengangkat unsur investigasi kriminal banyak disukai karena menghadirkan teka-teki yang membuat penonton penasaran. Dari KDrama diatas, mana nih yang sudah pernah kamu tonton?

Baca Juga: 10 Drama Korea tentang Kisah Reinkarnasi, Sureal tapi Seru!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya