Comscore Tracker

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDrama

Punya jalan cerita yang seru dan menarik #IDNTimesHype

Jepang memang lebih dikenal sebagai negara yang memproduksi serial TV Tokusatsu seperti Kamen Rider, Ultraman, Super Santai. Jepang juga identik dengan anime dan juga manga-nya yang terkenal hingga seluruh dunia. Lalu, bagaimana dengan industri drama di Jepang?

Drama Jepang memang kurang populer jika dibandingkan dengan serial drama asal Korea Selatan. Tapi, beberapa tahun belakangan ini kualitas drama Jepang menjadi lebih baik terutama dalam hal cerita serta penokohannya. Nah, di bawah ini adalah sepuluh drama Jepang yang tidak kalah bagus dengan drama Korea.

1. We Married As A Job

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramaasliceofalfredo.com

Moriyama Mikuri (Aragaki Yui) memiliki gelar Sarjana, namun ia masih belum menemukan pekerjaan yang cocok. Saat menjadi karyawan, dia di-PHK. Moriyama akhirnya mulai bekerja sebagai asisten rumah tangga untuk Tsuzaki Hiramasa (Hoshino Gen). Suatu hari, dia mengusulkan pernikahan kontrak majikannya, yakni Tsuzaki.

2. Gangster Teacher

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramamedium.com

Yamaguchi Kumiko adalah seorang guru idealis yang mengajar SMA Shirokin pada mata pelajaran matematika. Memiliki harapan yang tinggi untuk murid-muridnya, dunianya menjadi terbalik ketika mengetahui bahwa dia akan mengajar kelas 3-D, kelas yang paling sulit untuk diurus. Kelas 3-D dihuni oleh sekelompok siswa nakal dan pembuat onar.

Para siswa tidak menunjukkan rasa hormat kepada guru. Pemimpin kelasnya adalah Sawada Shin. Dia sangat dihormati karena ada rumor bahwa dia memukuli seorang guru sampai mati. Para siswa berusaha sekuat tenaga untuk menggertak dan mengolok-olok Kumiko sehingga dia berhenti. Semua upaya itu sia-sia karena Yamaguchi bukanlah Guru biasa. Yamaguchi Kumiko sebenarnya adalah pewaris generasi ke-4 dari grup Oedo, sebuah klan yakuza.

Meskipun semua anggota di klan itu ingin Kumiko menjadi pemimpin berikutnya, Kumiko mengambil keputusan yang berbeda dan semua anggota klan menerimanya.

3. Alice in Borderland

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramatimeout.com

Ryohei Arisu (Kento Yamazaki) adalah seorang pemuda pengangguran, yang hidupnya tidak bahagia. Suatu hari, cahaya misterius muncul lalu semua orang menghilang kecuali Ryohei Arisu dan kedua temannya. Tokyo benar-benar kosong.

Ryohei Arisu dan kedua temannya dipaksa untuk mengambil bagian dalam permainan bertahan hidup dengan nyawa mereka sebagai taruhannya. Di sana, Ryohei Arisu bertemu Yuzuha Usagi (Tao Tsuchiya).

Baca Juga: 5 Drama Jepang Ini Dibintangi Para Artis Seagensi, Jadi Ramai!

4. For You in Full Blossom

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramahookedupon.com

Bintang asal Jepang-Amerika bernama Mizuki Ashiya (Maki Horikita) pindah dari sebuah sekolah di California ke Jepang, ia pindah ke sekolah tua yang terkenal. Sekolah tersebut adalah SMA Osaka, sekolah menengah yang semuanya berisikan murid laki-laki.

Mizuki Ashiya harus menyamar sebagai anak laki-laki, semuanya ia lakukan untuk lebih dekat dengan pahlawannya Izumi Sano (Shun Oguri), seorang atlet lompat tinggi yang bersekolah di SMA Osaka.

Dengan rambut pendek, dada rata dan suara yang lebih dalam, Mizuki menjadi teman sekamar Izumi Sano. Masalah muncul ketika Izumi Sano secara tidak sengaja menemukan bahwa Mizuki adalah seorang gadis dan jatuh cinta padanya, tetapi Mizuki tidak menyadarinya. keadaan semakin rumit ketika Shuichi Nakatsu (Toma Ikuta) mulai menyukai Mizuki, tanpa menyadari bahwa dia adalah seorang gadis.

Penggemar KDrama akan mengenali drama ini sebagai To the Beautiful You, namun ada juga yang mengetahuinya dengan judul manganya yakni Hana Kimi.

5. Nobunaga Concerto  

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramajapanesestation.com

Saburo (Shun Oguri) adalah seorang siswa sekolah menengah yang pandai dalam bidang olahraga, tetapi tidak terlalu pandai dalam pelajaran lainnya. Suatu hari, Saburo melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dan tiba di periode Sengoku tahun 1549.

Di sana, Saburo bertemu dengan Nobunaga Oda yang mirip dan bersuara seperti Saburo. Nobunaga Oda adalah putra seorang panglima perang dan hakim di Provinsi Owari. Nobunaga Oda meskipun secara fisik lemah dan dia meminta Saburo untuk menggantikannya.

Kemudian, Saburo sebagai Nobunaga Oda berupaya untuk mempersatukan negara Jepang. Drama ini diangkat berdasarkan manga berjudul Nobunaga Kontseruto karya Ayumi Ishii.

6. Sunshiny Asa

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramaalchetron.com

Pada akhir masa Keshogunan Tokugawa, Asa lahir sebagai putri kedua dari seorang saudagar kaya di Kyoto, Jepang. Saat di Osaka, Asa memasuki berbagai bidang bisnis seperti tambang batu bara, bank, asuransi jiwa. Dia juga mendirikan universitas wanita pertama di Jepang.

Sunshiny Asa diangkat dari cerita nyata mengenai kehidupan Hirooka Asako yang melegenda di Jepang.

7. From Today, It’s My Turn!!

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramatvtime.com

Dua siswa pindahan yakni Mitsuhashi Takashi (Kaku Kento) dan Ito Shinji (Ito Kentaro) menjadikan kepindahan mereka di sekolah baru sebagai kesempatan sekaligus ajang untuk menemukan kembali jati diri mereka dan menjadi anak nakal. Awalnya sifat Shinji bertolak belakang dengan kenakalan Takashi, tetapi mereka akhirnya menjadi teman dan berpetualang untuk menjadi siswa paling nakal.

Drama yang satu ini diangkat berdasarkan kisah manga Kyo kara Ore wa!! karangan Hiroyuki Nishimori.

8. Unnatural

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramamedia.dimsum.my

Mikoto Misumi (Satomi Ishihara) adalah seorang ahli patologi di Lab UDI (Unnatural Death Investigation). Dia merasa ada yang aneh dengan sebuah kematian tidak wajar yang sedang ia teliti dan percaya pasti ada hal yang disembunyikan di balik kematian itu.

Anggota tim yang bekerja dengannya adalah dokter otopsi Kai Nakado (Arata Iura), perekam Rokuro Kube (Masataka Kubota), teknolog uji klinis Yuko Shoji (Mikako Ichikawa) dan direktur UDI Yasuo Kamikura (Yutaka Matsushige).

Mereka menangani kasus kematian yang tidak wajar dan mencoba mengungkap kebenaran di balik kematian tersebut.

9. Kiss That Kills

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramaalphagirlreviews.com

Otaro Dojima (Kento Yamazaki) bekerja sebagai pembawa acara yang populer. Karena kejadian di masa lalu, dia percaya bahwa cinta membuat orang tidak bahagia. Otaro sekarang hanya mengejar uang dan kekuasaan.

Seorang wanita (Kadowaki Mugi) misterius muncul di depan Otaro Dojima. Wanita misterius itu memiliki wajah pucat dengan bibir merah merona. Wanita tersebut mencium Otaro lalu Otaro meninggal, tetapi kemudian Otaro sadar kembali.

Otaro menyadari bahwa dia sekarang berada pada kejadian di 7 hari yang lalu. Wanita misterius itu juga mengikutinya. Karena ciumannya, Otaro Dojima mati dan kembali ke masa lalu berulang kali.

10. Cursed in Love

10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDramaasianwiki.com

Ketika Nao berusia 6 tahun, ibunya bekerja di toko wagashi (penganan tradisional Jepang) yang telah buka selama 400 tahun. Nao dan ibunya yang single parent tinggal di toko wagashi. Sementara itu, Tsubaki juga berusia 6 tahun saat itu. Ayahnya menjalankan toko wagashi dan dia berteman dengan Nao.

Pada suatu pagi, ayah Tsubaki ditemukan tewas berlumuran darah. Dia ditikam sampai mati. Berdasarkan kesaksian Tsubaki, ibu Nao ditangkap atas pembunuhan tersebut dan Nao diusir dari toko wagashi.

Lima belas tahun kemudian, Nao (Minami Hamabe) dan Tsubaki (Ryusei Yokohama) bertemu lagi di kompetisi wagashi. Nao mengenali Tsubaki, tapi Tsubaki tidak mengenalinya. Nao membenci Tsubaki. Nao percaya Tsubaki adalah penyebab ibunya dituduh melakukan pembunuhan dan kematian ibu Nao yang terjadi selama penyelidikan.

Tsubaki, yang tidak mengetahui identitas Nao, menjadi tertarik padanya. Karena ingin memutuskan perjodohan keluarga, Tsubaki melamar Nao. Bagi Nao, ia memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga Tsubaki dan akhirnya membuktikan bahwa ibunya tidak bersalah atas pembunuhan ayahnya Tsubaki.

Yup, itulah sepuluh drama Jepang yang tidak kalah bagus dengan drama korea. Gimana, kamu tertarik gak nih buat nonton drama Jepang di atas? Gak kalah bagus dari KDrama lho!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Jepang yang Gak Kalah Romantis dari Drama Korea

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya