Comscore Tracker

Bicara Arti Musik, Eva Celia & Jacob Collier: Ini Bahasa Kehidupan

Kalau kamu, apa arti musik bagimu?

”Musik adalah ekspresi kehidupan. Dan ini adalah tentang memberi energi kegembiraan,” tutur Jacob Collier pada acara Mola Chill Fridays di Mola TV Jumat lalu (23/4). Kalau menurutmu apa guys

IDN Times ingin share nih penampilan musisi jazz Indonesia Eva Celia dan pemenang Grammy dari London Jacob Collier di Mola Chill Fridays. Gak hanya tampil, mereka juga berbagi tentang makna musik bagi mereka dan menjawab pertanyaan dari netizen. Penasaran apa itu? Simak ulasannya di bawah!

1. Eva Celia tampil beda, tembang Kala Senja terdengar syahdu

Bicara Arti Musik, Eva Celia & Jacob Collier: Ini Bahasa KehidupanEva Celia bersama band (Dok. Mola TV)

Perempuan berbakat ini tampil beda di Mola Chill Fridays. Biasanya Eva Celia membawakan karyanya dengan irama yang slow, kali ini tampil dengan iringan set full band. Sebelum penampilan Jacob Collier, Eva Celia memainkan tujuh lagu dan tampil sangat menawan dalam suasana yang santai. Mulai dari lagu “Reason”, “Another You” hingga lagu favorit “A Long Way”.

Namun, IDN Times melihat berbeda saat lagu “Kala Senja” dibawakan. Eva Celia bernyanyi dengan nada yang spot on dengan melisma yang istimewa. Kombinasi suara, lirik dan berbagai instrumennya mulai dari bassline dan gitarnya menyatu lalu terdengar syahdu. Bagus banget deh pokoknya. Penasaran gimana penampilannya? Kamu harus tonton di Mola TV!

Baca Juga: Sama-sama Buat Chill di Rumah, Ini Penampilan Hindia dan DJ Kaytranada

2. Lagu “Fix You” diaransemen Jacob Collier dengan nada unik

Bicara Arti Musik, Eva Celia & Jacob Collier: Ini Bahasa KehidupanJacob Collier saat memainkan lagu Fix You (Dok. Mola TV)

Nama Jacob Collier mungkin agak asing di Indonesia, tapi di skena musik jazz dunia, cowok berusia 26 tahun ini sangat dikenal. Coba deh dengar lagu-lagu dari Jacob, dijamin kamu serasa dibawa ke dimensi yang berbeda. Soalnya, Jacob suka banget memainkan tangga nada yang tak biasa, dari yang awalnya bernada mayor, eh tiba-tiba dibanting ke minor. Anehnya, hal itu masih sangat bisa dinikmati. 

Hal ini terlihat di lagu pertama saat cover lagu Chris Martin “Fix You”. Jacob bersama pianonya berhasil bikin ‘kaget’ penonton. Karena saat intro, justru terdengar seperti irama gospel, tapi saat masuk dalam verse bisa langsung berubah. Meski dibuat seperti itu, jiwa dari lagu hits Coldplay ini masih bisa dinikmati dan justru Jacob berhasil membungkusnya dengan apik.

3. Merasa sendiri di situasi pandemik? Lagu “He Won’t Hold You” wajib didengar

Bicara Arti Musik, Eva Celia & Jacob Collier: Ini Bahasa KehidupanJacob Collier saat menyanyikan lagu He Won’t Hold You (Dok. Mola TV)

Dengan talenta seperti itu, tak heran Jacob bisa memenangkan Grammy Awards untuk kategori aransemen instrumen dan vokal terbaik. Aransemennya patut diacungkan dua jempol! Selain “Fix You”, Jacob juga membawakan lagu dari The Beatles “Until There Was You” dengan unik. 

Tapi, Jacob punya lagu yang diciptakannya sendiri, dan kamu harus dengar “All I Need". Karena Jacob terlihat sangat piawai memainkan pianonya saat tampil. Jemari itu mampu menghasilkan nada yang memanjakan telinga penonton. Ditambah lagi pada lagu “He Won’t Hold You” yang menceritakan tentang kesendirian di saat pandemik. Lirik dan denting pianonya bisa bawa kamu merasakan kesedihan yang dirasakan akibat situasi saat ini.

4. Bagi Eva Celia, musik sudah melekat di tubuhnya

Bicara Arti Musik, Eva Celia & Jacob Collier: Ini Bahasa KehidupanPenampilan Eva Celia di Mola Chill Fridays (Dok. Mola TV)

Tak hanya tampil, seperti biasa di Mola Chill Fridays, para artis akan menjawab pertanyaan dari para penonton. Salah satu yang menarik adalah saat Eva Celia ditanya “Musik bagi Eva Celia?”. Eva Celia tampak senang saat menjawabnya karena bagi Eva musik sudah melekat  dalam tubuhnya. Selain karena juga berada dalam lingkungan pemusik, Eva merasa bahwa musik adalah cara terbaik untuk mengekspresikan diri. 

”Selain itu, musik membantuku untuk melewati hari-hari. Aku tidak tahu di mana aku akan berada tanpa musik. Ini sudah bagian dari hidup gue sih. So, ya, it’s in my blood,” jelas peraih nominasi untuk Album Terbaik dan Penyanyi Wanita Terbaik di ajang Indonesian Choice Awards 2017 itu.

5. Bagi Jacob Collier, musik adalah bahasa kehidupan

Bicara Arti Musik, Eva Celia & Jacob Collier: Ini Bahasa KehidupanJacob Collier piawai memainkan piano (Dok. Mola TV)

Jacob Collier juga diberi pertanyaan yang sama. Senada dengan Eva Celia, Jacob yang juga berada di lingkungan musik merasa bahwa musik merupakan cara berkomunikasi atau human expression of life. ”Dan sebagai bahasa aku merasa bahwa musik adalah cara untuk men-transfer energi ke luar dan memberikan kebahagiaan pada siapapun yang mendengarkan,” tambahnya.

Selain itu juga ada pertanyaan dari penonton yang menarik yakni tentang bagaimana cara Jacob Collier bisa selalu kreatif membuat lagu hingga bisa membawa pulang Grammy? Hal ini dijawab dengan lugas oleh Jacob. Karena menurut Jacob menjadi kreatif itu tidak bisa dipaksa. Menurutnya saat dirinya memainkan instrumen ada saja ide baru di dalamnya.

”Intinya untuk menjadi kreatif, aku kira yang paling penting adalah untuk berani menjadi dirimu sendiri,” jelasnya. Memang jenius sih Jacob ini. Saat memainkan lagu Daniel Caesar berjudul “Best Part”, dirinya mengatakan, “aku akan bermain di chord F, setelah itu aku tidak tahu gimana, let’s see,” tuturnya

Apakah kamu ingin tahu bagaimana penampilan lengkap Eva Celia dan Jacob Colliers dan menemukan arti musik bagimu? Saksikan semua di Mola TV dengan berlangganan mulai dari Rp12.500,- /bulan. Caranya gampang kamu tinggal klik di sini! (WEB)

Baca Juga: Prep & Charlie Puth Manggung di Mola TV, Terima Request Lagu Juga Lho 

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya