Comscore Tracker

5 Film Berlatar Jerman Timur dengan Kisah yang Berbeda

Semuanya menggunakan Bahasa Jerman

Negara Jerman pernah terpecah menjadi dua negara dengan paham berbeda setelah adanya pengaruh dari dua kekuatan adidaya Amerika Serikat dan Uni Soviet usai Perang Dunia II. Kedua negara yang bersaudara tersebut harus bersitegang selama bertahun-tahun akibat dari adanya Perang Dingin yang berkecamuk, di mana batas utamanya dua paham tersebut berada di Jerman Timur dan Jerman Barat. Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah Jerman Timur yang dikuasai oleh pemerintahan komunis, tentu memberikan pengaruh bagi masyarakatnya kala itu.

Beberapa film masa kini juga mengangkat permasalahan mengenai Jerman Timur yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Maka dari itu simak deh ulasan mengenai film bersetting Jerman Timur berikut ini. 

1. The Tunnel (2001)

https://www.youtube.com/embed/yStrAOpCNLo

Der Tunnel atau The Tunnel merupakan film yang berdasarkan dari kisah nyata dari penutupan perbatasan Jerman Barat dan Timur, disertai pembangunan Tembok Berlin pada tahun 1961. Kisah dalam film ini mengenai sekelompok orang yang berusaha untuk melarikan diri ke Jerman Barat melalui terowongan bawah tanah. Film ini sudah dirilis pada 21 September 2001 dengan durasi sekitar 157 menit dan menggunakan Bahasa Jerman. 

2. Good Bye Lenin (2003)

https://www.youtube.com/embed/lv5FO9PtAvY

Good Bye, Lenin! merupakan film Jerman yang telah dirilis pada 13 Februari 2003 serta bersetting di Jerman Timur pada Oktober 1989, setahun sebelum Reunifikasi Jerman. Kisah utama dalam film komedi ini mengenai keluarganya yang sangat patuh dengan ideologi Sosialis, namun pada tahun 1990 setelah bergabungnya Jerman Barat dan Timur, ibunya yang tengah sakit harus menghadapi kenyataan jika negara yang dibanggakannya sudah hilang. Film ini juga mendapatkan beberapa penghargaan seperti Best Feature Film dalam German Film Award dan European Film Award untuk Best Film

3. NVA (2005)

https://www.youtube.com/embed/QarCyz_DgcY

NVA menjadi film lain yang mengambil setting Jerman Timur, yang mana mengisahkan dua orang pemuda yang masuk dalam Tentara Rakyat Nasional atau NVA (Nationale Volksarmee). Selain itu film ini menghadirkan kisah komedi dari kedua sahabat tersebut ketika menjadi anggota tentara pada akhir masa pemerintahan Jerman Timur. Film ini sudah dirilis pada 29 September 2005 dan menggunakan Bahasa Jerman sebagai pengantar.

Baca Juga: Buka Cuma Avenger, Ini 6 Film Hollywood  Wajib Kamu Tonton Bulan Ini

4. The Lives of Others (2006)

https://www.youtube.com/embed/n3_iLOp6IhM

The Lives of Others atau Das Leben der Anderen memberikan kisah mengenai seorang agen rahasia kepolisian Berlin Timur yang ditugaskan untuk memeriksa berbagai orang yang membangkang pada pemerintah Jerman Timur. Film ini sudah diluncurkan pada 23 Maret 2006 dan disutradarai oleh Florian Henckel von Donnersmarck. Film ini juga meraih berbagai penghargaan pada ajang Oscar tahun 2006, di mana memenangkan Best Foreign Film dan kembali masuk nominasi Best Foreign Film pada Academy Awards ke 74 pada tahun 2007. 

5. Barbara (2012)

https://www.youtube.com/embed/q_Pn9zwhJtI

Yang terakhir terdapat film Barbara yang telah dirilis pada 8 Maret 2012 di Jerman dan sempat masuk dalam Berlin Interantional Film Festival ke 62. Film ini juga sempat akan dimasukkan dalam nominasi Best Foreign Language Film dalam ajang Oscar ke 85. Kisah dari film ini mengenai perawat bernama Barbara yang tinggal di Jerman Timur pada tahun 1980, di mana ia dipindahkan ke Rumah Sakit di pedesaan dari sebelumya di Rumah Sakit Besar Berlin Timur dan diawasi oleh Stasi yang merupakan intelijen militer Pemerintah Jerman Timur. 

Dari ke lima film tersebut kira-kira mana yang paling kamu sukai?

Baca Juga: 6 Film Indonesia Tayang Mei 2019, Banyak Horor Nih!

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You