Comscore Tracker

5 Film Dokumenter Dampak Perubahan Iklim yang Bikin Kita Terkejut

Jadi sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan

Film dokumenter menghadirkan berbagai macam tema yang pastinya semuanya menarik karena mengulas berbagai fakta yang terjadi dalam kehidupan manusia. Salah satu film dokumenter yang menarik untuk ditonton adalah yang bertema lingkungan. Selain itu tema lingkungan tersebut juga berkaitan dengan perubahan iklim yang memiliki dampak besar bagi kehidupan semua manusia dan mahkluk hidup di bumi. 

Buat kalian yang ingin menambah wawasan dan mengetahui apa saja dampak perubahan iklim yang sudah terjadi. Maka kalian gak boleh melewatkan beberapa film dokumenter berikut ini. 

1. Chasing Ice (2012)

https://www.youtube.com/embed/HqknAn_3QpI

Chasing Ice merupakan film dokumenter yang berfokus pada seorang fotografer National Geographic, bernama James Balog yang melakukan perjalanan di Greenland, Islandia dan Alaska. Selama dalam penelusurannya di Arctic, ia menemukan bahwa permukaan es di Bumi benar-benar pada ambang kritis, dengan memperlihatkan perubahan es temporal dari tahun ke tahun. 

Film ini sudah dirilis pada akhir tahun 2012 dan sebelumnya masuk dalam beberapa ajang festival film. Selain itu film ini mampu memenangkan nominasi Best Original Song pada ajang Academy Awards. 

2. Cowspiracy: The Sustainability Secret (2014)

https://www.youtube.com/embed/nV04zyfLyN4

Kemudian ada lagi film berjudul Cowspiracy: The Sustainability Secret yang mengulas mengenai dampak dari peternakan sapi kepada lingkungan. Dampak-dampak yang dapat ditimbulkan berupa perubahan iklim, penggunaan air, penggundulan hutan dan polusi di lautan. Film dokumenter ini sudah ditayangkan sejak 26 Juni 2014 dan menghadirkan berbagai pakar untuk menginvestigasi permasalahan tersebut. 

3. Before the Flood (2016)

https://www.youtube.com/embed/6UGsRcxaSAI

Before the Flood termasuk film dokumenter yang membahas mengenai kasus perubahan iklim dan apa saja upaya untuk menanganinya. Selain itu juga mengulas mengenai apa saja dampak dari perubahan iklim yang akan dihadapi oleh seluruh umat manusia. Film ini sempat premier di Toronto International Film Festival di tahun 2016 dan resmi tayang di National Geographic pada 30 Oktober 2016. Serta menghadirkan aktor Leonardo DiCaprio sebagai narator tayangan ini. 

Baca Juga: 13 Efek Terburuk dari Perubahan Iklim, Kamu Siap?

4. An Inconvenient Sequel: Truth to Power (2017)

https://www.youtube.com/embed/KWqGtRRzJdc

Pada tahun 2017 juga dirilis film dokumenter berjudul An Inconvenient Sequel: Truth to Power yang merupakan sequel dari An Inconvenient Truth yang sudah ditayangkan pada tahun 2006. Sebagai film dokumenter lingkungan tentunya membahas mengenai upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintahan saat ini dalam menangangi permasalahan lingkungan yang sedang booming saat ini. 

Dokumeneter ini sudah premier dalam ajang Sundance Film Festival tanggal 19 Januari 2017 dan resmi rilis pada 28 Juli 2017. Serta mampu meraih penghargaan Best Documentary dalam ajang British Academy Film Awards ke 71. 

5. Ice on Fire (2019)

https://www.youtube.com/embed/Elf0RFBhr8I

Terakhir ada film dokumenter Ice on Fire yang mengeksplor mengenai gas metan di Arctic yang keluar yang menyebabkan meningkatnya gas metan di atmosfer. Selain itu juga mengulas mengenai berbagai upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak dari gas karbon yang ada di atmosfer.

Film dokumenter ini sudah dirilis sejak 22 Mei 2019 dalam Cannes Film Festival dan resmi rilis di HBO pada 11 Juni 2019. Sama dengan film Before the Flood, tayangan ini juga diproduksi dan dinaratori oleh Leonardo DiCaprio. 

Nah itu dia beberapa film dokumenter mengenai perubahan iklim yang dapat menyadarkan kita akan pentingnya menjaga lingkungan. Kira-kira kamu sudah nonton yang mana nih?

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Perubahan Iklim Global, Ngeri!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya