Comscore Tracker

5 Film Mengisahkan Mengenai Kejamnya Perang Bosnia 

Bisa tahu mengenai kerasnya pertempuran di Balkan

Perang Bosnia merupakan salah satu konflik besar yang terjadi di Eropa Timur pada tahun 90an, tepatnya dimulai pada tahun 1992. Konflik yang didorong oleh pertikaian ras dan agama ini yang membuat Yugoslavia pecah menjadi beberapa negara, di mana pimpinan Yugoslavia berasal dari ras Serbia.

Perang ini menimbulkan banyak korban baik dari pihak Bosnia dan Kroasia maupun pihak Serbia, serta berlangsung lebih dari 3 tahun. Di samping itu, terdapat beberapa kejahatan genosida yang dilakukan pada pihak Bosnia, yang membuat konflik ini sangat panas.

Pastinya bagi kalian yang tertarik untuk menilik bagaimana kerasnya perang ini, gak ada salahnya untuk menilik beberapa film berikut ini.

1. Behind Enemy Lines (2001)

https://www.youtube.com/embed/PUeWBp_kmuo

Behind Enemy Lines merupakan film yang berdasarkan kisah nyata dari seorang pejuang Tentara AL AS, yang ditugaskan dalam Perang Bosnia, bernama Lieutenant Chris Burnett. Film ini berkisah tentang Lieutenant Chris Burnett yang mana pesawatnya ditembak jatuh di Bosnia, tepat di area yang dikuasai oleh tentara Serbia dan menjadi saksi nyata genosida yang terjadi di Bosnia.

Film Behind Enemy Lines sudah dirilis pada 30 November 2001 dan diperankan oleh aktor kawakan asal AS, yakni Owen Wilson dan Gene Hackman. 

2. The Whistleblower (2011)

https://www.youtube.com/embed/E56OYUV7BWw

The Whistleblower memberikan kisah mengenai seorang anggota kepolisian asal Nebraska, AS bernama Kathryn Bolkovac yang ditugaskan dalam misi perdamaian PBB, pasca Perang Bosnia.

Kemudian ia menemukan berbagai sindikat perdagangan sex, yang justru dibiarkan oleh pihak petugas PBB yang ditempatkan di Bosnia dan Herzegovina. Film bergenre action, crime ini sudah diluncurkan oada tanggal 14 Desember 2011, yang menghadirkan aktris terkenal asal AS, Rachel Weisz dan Monica Bellucci.

Baca Juga: Menambah Wawasan Sejarah, 6 Film Perang Terbaik Ini Wajib Ditonton!

3. Twice Born (2012)

https://www.youtube.com/embed/tyMxUHIMEmE

Twice Born (Venuto al Mondo) menjadi salah satu film yang berlatar Perang Bosnia, yang telah diluncurkan pada tanggal 8 November 2012. Film asal Italia ini memiliki kisah dari novel yang ditulis oleh Margaret Mazzantini, dengan judul yang sama. Kisah film ini mengenai seorang perempuan bergonta-ganti pasangan yang pindah ke Sarajevo bersama anak remajanya dan berusaha memberitahu jika ayahnya menjadi salah satu korban tewas pada Perang Bosnia.

4. As If I'm Not There (2010)

https://www.youtube.com/embed/lphJH2Wfsjw

As If I'm Not There adalah film yang menggunakan bahasa Serbia dan Kroasia dan sudah dirilis pada 26 Juli 2010. Film yang melakukan proses pengambilan gambar di Balkan ini mengadaptasi cerita dari novel karangan Slavenka Drakulić, yang telah diterbitkan pada tahun 1999, mengenai kekejaman seksual saat Perang Bosnia yang berlangsung tahun 1992. Selain itu film ini mampu meraih penghargaan sebagai Best Foreign Film dalam 84th Academy Awards tahun 2011.

5. The Hunting Party (2007)

https://www.youtube.com/embed/0X8lOqlz9FE

Terakhir terdapat The Hunting Party yang memberikan kisah nyata dari seorang jurnalis asal AS, bernama Simon Hunt yang meliput langsung Perang Bosnia pada tahun 1994. Ia yang bersama seorang kameramen handal harus menemui berbagai rintangan untuk mengambil gambar, dan menyaksikan kejahatan perang yang terjadi di sana. Film ini dibintangi oleh Richard Gere dan Terrence Howard, serta sudah diluncurkan pada tanggal 7 September 2007.

Hmm, bisa buat marathon movie akhir pekan nih!

Baca Juga: 9 Film Ini Wajib Ditonton Agar Memahami Jalan Cerita Avengers: Endgame

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya