Comscore Tracker

6 Serial Dokumenter Perang Dunia II di Eropa yang Punya Kisah Menarik

Kisahnya nyata dan menambah wawasan

Kisah Perang Dunia II memang menjadi tema yang menarik untuk diulik, meski sudah usai lebih dari 70 tahun yang lalu. Namun rasanya ingatan mengenai bencana kemanusiaan terbesar dalam sejarah peradaban manusia tersebut masih membekas hingga kini. Maka tak ayal, apabila banyak tayangan yang membahas kisah-kisah meliputi Perang Dunia II. Salah satu tayangan yang tak kalah menarik adalah serial dokumenter PD II, yang mengulik berbagai peristiwa sejarah yang melatarbelakangi, serta jalannya perang hingga berakhirnya PD II, terutama di Eropa. 

Pastinya nih kalian yang tertarik dengan sejarah Perang Dunia II. Gak boleh ketinggalan beberapa serial dokumenter sejarah PD II di Eropa berikut ini. 

1. World War II Behind Closed Doors: Stalin, the Nazis and the West (2008)

https://www.youtube.com/embed/99gEEnotAp0

Pertama ada World War II Behind Closed Doors: Stalin, the Nazis and the West yang termasuk seri dokumenter mengenai kejadian sebelum hingga usai Perang Dunia II. Serial ini menggambarkan bagaimana sikap tokoh Joseph Stalin, sebagai pemimpin Uni Soviet dari sebelum pecahnya, ketika dan hingga berakhirnya PD II. Namun serial ini membawa kontoversi yang tidak boleh diungkapkan ke publik sebelum jatuhnya komunisme di Uni Soviet. 

Film ini sudah disiarkan di BBC/PBs pada tahun 2008, serta terdiri dari enam episode dengan durasi total 300 menit. 

2. Apocalypse: The Second World War (2009)

https://www.youtube.com/embed/IfI0UE9s2as

Apocalypse: The Second World War menjadi salah satu tayangan dokumenter PD II yang terbaik, dan berasal dari Perancis. Serial ini mengambil gambar langsung kejadian Perang Dunia II yang terjadi di Eropa pada waktu itu, selain itu seluruh gambarnya yang tadinya hitam putih sudah diubah ke gambar berwarna. Serial yang terdiri dari enam episode ini mengisahkan ke semua footage PD II di Eropa dari awal Jerman menyerang Polandia pada September 1939, hingga berakhirnya PD II di Eropa pada Mei 1945. 

Tayangan ini pertama kali mengudara pada 20 Agustus 2009 dan berakhir pada 22 September 2009 di channel RBTF. Selain itu juga sudah ditayangkan pada channel yang ada di beberapa negara lainnya. 

3. Soviet Storm: World War II in the East (2011)

https://www.youtube.com/embed/qOX0PZnhvJ4

Selanjutnya ada lagi nih, berjudul Soviet Storm: World War II in the East yang berfokus pada negara Uni Soviet ketika masuk kancah PD II, setelah diserang oleh Nazi Jerman pada tahun 1941. Selain itu tiap episodenya memberikan gambaran mengenai hal-hal penting yang terjadi di setiap pertempuran. Sedangkan episode terakhir mengisahkan tentang pasukan Soviet yang melawan Jepang, setelah selesainya PD II di Eropa. 

Serial berbahasa Rusia ini sudah diluncurkan pada tahun 2011, serta terdiri dari 17 episode. Durasi per episode tayangan ini sekitar 45 menit, sehingga keseluruhannya mencapai 12 jam. 

Baca Juga: 7 Daftar Film Hollywood yang Dibintangi Iko Uwais, Sudah Nonton?

4. Apocalypse: The Rise of Hitler (2012)

https://www.youtube.com/embed/hYuqbkw_bPo

Kemudian ada Apocalypse: The Rise of Hitler yang merupakan serial dokumenter yang memberikan kisah naiknya Adolf Hitler menjadi penguasa Jerman pada tahun 1933, melalui partai Nazi. Selain itu mengulik mengenai berbagai macam latar belakang dari Adolf Hitler yang mampu membangkitkan negeri Jerman dari depresi ekonomi besar usai Perang Dunia I. 

Seri ini terdiri dari dua episode yang memiliki durasi selama 45 menit, serta sudah dirilis pada tahun 2012.

5. Apocalypse: Stalin (2015)

https://www.youtube.com/embed/PLZWXNnPjDg

Ada satu lagi serial dokumenter PD II, berjudul Apocalypse: Stalin yang memberikan kisah naik tahtanya diktator Soviet, Joseph Stalin pada tahun 1924. Serta juga membawakan cerita tentang perjuangan pasukan Uni Soviet ketika diinvasi Nazi Jerman, hingga mampu memenangkan PD II dengan mengalahkan Nazi Jerman. 

Mini seri ini sudah ditayangkan November 2015, yang memiliki tiga episode dengan durasi 45 menit tiap episodenya. 

6. Five Came Back (2017)

https://www.youtube.com/embed/5JuiCTz6Khw

Terakhir ada Five Came Back yang merupakan serial dokumenter asal AS, yang mengadaptasi kisah buku berjudul sama yang diluncurkan pada tahun 2014, karya Mark Harris. Serial ini memberikan pandangan dari lima sutradara terkenal Hollywood,yakni Guilermo del Toro, Lawrence Kasdan, Paul Greengrass, Steven Spielberg dan Francis Ford Coppola yang sudah berpengalaman dalam membuat film perang. Dalam pembuatan film ini juga diharuskan untuk mempelajari video-video pada masa PD II, yang berdurasi lebih dari 100 jam. 

Serial yang dinaratori oleh aktris Maryl Streep ini terdiri dari tiga episode yang diluncurkan secara bersamaan pada 31 Maret 2017 di Netflix. 

Itu tadi beberapa serial dokumenter Perang Dunia II di Eropa, yang pastinya harus banget kalian tonton. 

Baca Juga: 5 Film Dokumenter Ini Bercerita Tentang Tenggelamnya Kapal Feri Sewol

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya