Comscore Tracker

Peduli Binatang, Ini 5 Dokumenter Terbaru yang Perlu Kamu Tonton

Filmnya membuka mata banget

Tayangan dokumenter menjadi salah satu tontonan menarik, di samping film-film fiksi atau drama yang biasa kita saksikan. Selain itu film atau serial dokumenter menghadirkan kisah-kisah nyata di sekitar kita yang layak untuk ditelusuri serta diungkap. Salah satu dokumenter yang menarik juga adalah bertema binatang, yang mana menghadirkan kisah-kisah lucu dari perjalanan sekelompok binatang ataupun kehidupannya. 

Buat kalian yang ngaku pecinta binatang, maka gak ada salahnya nih untuk menyaksikan beberapa serial dan film dokumenternya berikut ini. 

1. Dynasties

https://www.youtube.com/embed/JWI1eCbksdE

Pertama-tama ada nih serial Dynasties, yang ditayangkan oleh BBC One dan BBC Earth pada tanggal 11 November 2018 hingga 9 Desember 2018. Seri dokumenter ini juga tayang di negara Amerika dan Asia, melalui beberapa channel lokal. 

Sedangkan dalam serialnya mengulik mengenai kehidupan dari beberapa hewan langka yang terancam punah, seperti simpanse, penguin kaisar, singa, harimau dan anjing liar Afrika. Selain itu serial ini juga dinaratori oleh David Attenborough, yang sudah sering menjadi narator tayangan nature documentary

2. Sea of Shadows

https://www.youtube.com/embed/QiFjJCUd9ro

Sea of Shadows merupakan film dokumenter yang mengenai perjuangan tim gabungan dari aktivis lingkungan dan Tentara Meksiko, untuk menyelamatkan paus paling terancam di dunia, yakni vaquita. Hewan mamalia air ini sangat rentan dikarenakan banyaknya perburuan oleh Mafia asal Tiongkok yang bekerjasama dengan Kartel Meksiko. 

Film dokumenter ini sudah ditayangkan sejak tanggal 12 Juli 2019 yang juga ikut dalam Sundance Festival Film pada bulan Januari 2020. 

Baca Juga: 5 Serial Dokumenter Netflix tentang Pembunuhan Sadis, Bikin Merinding!

3. Our Planet

https://www.youtube.com/embed/aETNYyrqNYE

Our Planet merupakan salah satu serial dokumenter yang ditayangkan oleh Netflix sejak 5 April 2019 lalu, serta di balik layar film ini ditayangkan pada 2 Agustus 2019. Serial dokumenter ini membeberkan isu mengenai dampak yang ditimbulkan oleh manusia kepada berbagai kehidupan hewan dan lingkungan yang ada.

Dokumenter ini sempat premier di London Natural History Museum pada 4 April 2019, sebagai ajang promosi, disertai dengan berbagai bintang tamu tersohor, seperti Pangeran William dan Pangeran Harry. 

4. Seven Worlds, One Planet

https://www.youtube.com/embed/fyvW_iu06Rg

Berikutnya ada tv series Seven Worlds, One Planet yang bercerita mengenai tujuh Benua yang menyimpan berbagai keanekaragaman hayati, termasuk binatang yang berbeda-beda. Tak hanya mengenai hewan saja, dokumenter ini juga menghadirkan berbagai kenampakan alam dan kondisi ekosistem pada masing-masing Bioma. 

TV series yang diproduksi oleh BBC Natural History Unit ini sudah diluncurkan pada tanggal 27 Oktober 2019 hingga 8 Desember 2019 di BBC One. Yang mana serial ini juga dinaratori oleh David Attenborough, sama seperti serial Dynasties

5. The Elephant Queen

https://www.youtube.com/embed/e8TsCQmngFk

Ada satu lagi nih, film The Elephant Queen yang mengisahkan mengenai dokumenter dari binatang darat terbesar, yakni Gajah Afrika. Sedangkan kisahnya berfokus pada ibu gajah bernama Athena yang mencoba untuk melindungi anaknya ketika terpaksa untuk meninggalkan area tempat minum mereka. 

Film The Elephant Queen sudah ditayangkan oleh AppleTV+ sejak 1 Oktober 2019, serta ikut pula dalam Sundance Film Festival pada bulan Januari 2019 lalu. Selain itu, film ini juga mendapatkan International Green Film Award pada ajang Cinema for Peace tahun 2019. 

Itu tadi beberapa film-film dokumenter bertema binatang yang patut ditonton dan menyadarkan kita bahwa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Mana nih yang mau kalian tonton terlebih dahulu?

Baca Juga: Menyeramkan, 5 Film Dokumenter Ini Bisa Bikin Kamu Gak Nyaman Menonton

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya