Comscore Tracker

7 Film Biografi Sejarah Tokoh Kerajaan Eropa dengan Cerita yang Dalam

Kisahnya dalam dan menarik

Film bersetting zaman kerajaan memang sudah cukup banyak ditayangkan, namun umumnya merupakan kisah fiksi fantasi. Akan tetapi terdapat juga beberapa film mengenai drama sejarah yang menceritakan biografi dari tokoh kerajaan, sebelum era modernisasi di Eropa. 

Tentunya bagi kamu yang tertarik pada kisah-kisah dongeng dan cerita abad pertengahan. Beberapa film biografi ini pasti cocok buat kamu, sembari menambah wawasan mengenai sejarah negara lain. 

1. The Duchess (2008)

https://www.youtube.com/embed/Mot6gGkYfUU

Pertama ada The Duchess yang merupakan film asal Inggris yang mengisahkan biografi dari Georgiana Cavendish, Duchess of Devonshire. Sebenarnya ia adalah seorang sosialita asal Inggris yang menikah dengan seorang bangsawan bernama William Cavendish. Selain itu Georgiana termasuk orang yang berkarisma, serta berpengaruh dalam dunia politik, dan dikenal karena kecantikannya. 

Film The Duchess sudah dirilis tanggal 5 September 2008 di Inggris, serta berhasil memenangkan nominasi Best Costum Design pada ajang Academy Awared ke 81. 

2. The Young Victoria (2009)

https://www.youtube.com/embed/q-YPoBU7_aQ

The Young Victoria mengisahkan mengenai biografi dari Ratu Victoria yang sudah dinobatkan sebagai ratu di Britania Raya ketika masih berusia 18 tahun. Film ini juga menceritakan awal hidup Ratu Victoria dan pada awal kepemimpinannya, serta kisah percintaannya dengan Prince Albert yang mampu mereka pertahankan hingga akhir.

Film yang dirilis pada 6 Maret 2009 di Inggris dan 18 Desember 2009 di AS ini dibintangi oleh aktor-aktor tersohor asal Inggris, yakni Emily Blunt dan Rupert Friend. 

2. Anna Karenina (2012)

https://www.youtube.com/embed/Z-nyXX5zOLg

Anna Karenina adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan penulis asal Rusia, bernama Leo Tolstoy yang terbit pada tahun 1878. Film ini mengisahkan mengenai seorang perempuan bangsawan asal St.Petersburg, Rusia bernama Anna Karenina yang terlibat skandal dengan seorang bangsawan asal Moskow, bernama Vronsky. 

Film ini sudah diluncurkan pada 7 September 2012 di Inggris dan berhasil meraih masuk dalam beberapa nominasi penghargaan Academy Awards ke 85. Serta berhasil memenangkan Best Costum Design dalam ajang tersebut. 

Baca Juga: 7 Film Biografi Terbaru dengan Rating Tinggi yang Wajib Kamu Tonton

4. Belle (2013)

https://www.youtube.com/embed/9Qx90wdRD2I

Belle termasuk film yang diangkat dari kisah nyata pada abad ke 18, mengenai seorang anak dari Admiral AL Inggris yang merupakan campuran kulit putih dan hitam. Kemudian ia dibawa ke Inggris dan dibesarkan oleh pamannya yang seorang bangsawan. Tayangan ini memberikan gambaran bagaimana kehidupan wanita birasial yang ada Inggris pada masa tersebut. 

Film ini sudah diluncurkan pada 2 Mei 2014 di AS dan 13 Juni 2014 di Inggris, serta sebelumnya premier pada acara Toronto International Film Festival pada 8 September 2013. 

5. Admiral (2015)

https://www.youtube.com/embed/ODLifRNDaaw

Selanjutnya ada Film Admiral yang memberikan kisah mengenai seorang laksamana laut pemberani asal Belanda bernama Michiel de Ruyter. Ia harus mengerahkan seluruh armada Belanda untuk menghalau serangan dari Kerajaan Inggris sendirian, ketika Prancis dan Jerman sedang dilanda Perang Sipil pada abad ke 17. 

Film ini menggunakan bahasa Belanda sebagai pengantar utama dan sebagian bahasa Inggris dan Prancis. Selain itu sudah diluncurkan pada 26 Januari 2015 di seluruh dunia, serta 29 Januari 2015 di Belanda. 

6. The Favourite (2018)

https://www.youtube.com/embed/SYb-wkehT1g

Kemudian ada lagi film berjudul The Favourite yang bersetting pada awal abad ke 18, mengenai seorang Ratu Inggris, Skotlandia dan Irlandia bernama Ratu Anne. Film bergenre komedi ini menunjukkan kisah kepemimpinan Ratu Anne bersama dengan temannya Lady Sarah, dalam balutan cerita lucu yang menarik.

Film ini sudah diluncurkan pada tanggal 23 November 2018 dan sebelumnya telah masuk dalam Festival Film di Venesia pada 30 Agustus 2018. Selain itu film ini menghadirkan aktris terkenal Emma Stone sebagai pemeran utama. 

7. Mary, Queen of Scots (2018)

https://www.youtube.com/embed/wnqjSgMU36U

Terakhir terdapat Mary, Queen of Scots yang memberikan kisah biografi seorang ratu asal Skotlandia. Fokus kisah dari film ini mengenai perselisihan antar saudara yang terjadi antara Kerajaan Inggris yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth I dan Kerajaan Skotlandia yang dipimpin Ratu Mary Stuart, pada tahun 1569. Film ini juga diperankan oleh aktris-aktris terkenal yang menjadi tokoh utamanya yakni Saoirse Ronan, sebagai Mary, Queen of Scots dan Margot Robbie sebagai Queen Elizabeth I. 

Film biografi sejarah ini sudah ditayangkan sejak 7 Desember 2018 di AS dan 18 Januari 2019 di Inggris. Serta mampu masuk dalam beberapa nominasi ajang bergengsi Academy Awards yang ke 91, meskipun tidak berhasil meraih penghargaan. 

Itu tadi beberapa film biografi sejarah yang menghadirkan kisah beda. Kira-kira kalian mau nonton yang mana dulu?

Baca Juga: Harus Nonton, Ini 5 Film Biografi Musisi Dunia yang Dirilis Era 2000an

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya