Comscore Tracker

12 Film dan Serial Dokumenter Terbaik Sepanjang Tahun 2021

Didominasi dokumenter kriminal yang kisahnya merinding!

Tak terasa kita sudah menginjak akhir tahun 2021, dan tentunya di tahun ini sudah dirilis berbagai tayangan menarik yang menghibur kita semua. Meski tak sebanyak serial bergenre lainnya, tapi dokumenter juga terbukti tak kalah menarik sekaligus bisa menambah pengetahuan kita. 

Film dan serial dokumenter juga bisa ditonton di akhir tahun ini terutama bagi kalian yang bosan dengan tayangan genre umum seperti drama atau horor. Selain itu, dokumenter juga menghadirkan kisah-kisah yang didasarkan pada kenyataan dan investigasi yang seru. 

1. Procession

https://www.youtube.com/embed/A0gsjrcAi9w

Procession merupakan film dokumenter yang mengisahkan perjuangan dari enam korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh pemuka agama Katolik. Bersama dengan sutradara Robert Greene, keenam korban menyuarakan bagaimana kejadian dan pengalaman buruk tak akan pernah bisa dilupakan itu. 

Film ini sudah dirilis di Netflix pada 19 November 2021 dan sebelumnya sempat masuk dalam Telluride Film Festival pada 2 September 2021. 

2. A Cop Movie

https://www.youtube.com/embed/b_m3jC4hGn0

A Cop Movie membawakan kisah tentang dua orang aktor di Meksiko yang mencoba merasakan bagaimana menjadi personel kepolisian di Mexico City. Lewat film ini keduanya mengisahkan bagaimana suka duka dan tantangan menjadi seorang aparat kepolisian di Meksiko. 

Film dokumenter yang digarap oleh sutradara Alonso Ruizpalacios ini sudah ditayangkan di Netflix pada 5 November 2021 dan sempat tayang di Berlin International Film Festival pada Maret 2021 lalu. 

3. Colonia Dignidad: A Sinister Sect

https://www.youtube.com/embed/IvbU0ZUFl2w

Colonia Dignidad: A Sinister Sect menjadi salah satu serial dokumenter terbaik yang tayang tahun ini. Serial ini menghadirkan cerita kelompok sekte asal Jerman di Chile yang dikepalai oleh Paul Schäfer. Meski memiliki kharisma, tapi ia disebut telah melakukan pelecehan seksual kepada para pengikutnya. 

Serial dokumenter ini bertujuan untuk mengusut dan menceritakan keburukan di dalam Colonia Dignidad. Sementara itu, tayangan ini sudah tayang di Netflix sejak 1 Oktober 2021. 

4. Attica

https://www.youtube.com/embed/aElB8oEfbiU

Berikutnya ada film Attica yang membawakan cerita terkait kerusuhan di dalam Attica Correctioal Facility di New York, Amerika Serikat tahun 1971. Kala itu, narapidana yang didominasi oleh etnis kulit hitam dan Latin menyerukan penolakan terhadap perilaku aparat penegak hukum di sana. 

Film yang disutradarai oleh Stanley Nelson ini mengusut akar masalah terjadinya kekerasan di dalam penjara AS. Sementara itu, tayangan berdurasi dua jam ini sudah tayang di channel Showtime pada 16 Oktober 2021. 

5. Night Stalker: The Hunt for a Serial Killer

https://www.youtube.com/embed/Mva2nGveYss

Night Stalker: The Hunt for a Serial Killer menyuguhkan kisah yang penangkapan salah satu serial-killer paling brutal dalam sejarah Amerika Serikat bernama Richard Ramirez ditangkap dan akhirnya dijatuhi hukuman yang setimpal atas tindakannya.

Serial dokumenter yang disutradarai oleh Tiller Russell dan James Carroll ini sudah ditayangkan Netflix sejak 13 Januari 2021 dan hadir dalam empat episode. 

6. The Velvet Underground

https://www.youtube.com/embed/hWq7a8Tin8g

Sesuai judulnya, dokumenter ini menceritakan tentang salah satu band rock and roll legendaris asal Amerika Serikat bernama The Velvet Underground. Bahkan, band yang dibentuk di New York City itu memiliki pengaruh besar di masyarakat era 1960an. 

The Velvet Underground sudah ditayangkan di AppleTV+ sejak 15 Oktober 2021 dan sempat masuk dalam Cannes Film Festival pada 7 Juli 2021.  

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film dan Serial tentang Sekte, Siap-siap Merinding!

7. House of Secrets: The Burari Deaths

https://www.youtube.com/embed/xN5J-Ld3G1s

Tak kalah menarik, ada mini seri berjudul House of Secrets: The Burari Deaths. Sesuai judulnya, dokumenter ini mengulik kisah kematian misterius dari 11 anggota keluarga Chundawat di Burari, New Delhi, India. 

Bahkan, kasus kematian belasan orang ini masih misterius dan belum terungkap sampai saat ini. Entah kematiannya disebabkan kasus pembunuhan ataupun mereka yang memutuskan untuk bunuh diri. 

Sementara itu, mini seri yang hadir dengan tiga episode ini sudah dirilis di Netflix sejak 8 Oktober 2021.

8. Acasa, My Home

https://www.youtube.com/embed/NijA0ndBXvA

Acasa, My Home adalah sebuah tayangan dokumenter yang menghadirkan cerita lima anak dari keluarga etnis Roma yang bermukin di Bukares Delta. Namun, mereka harus berjuang saat diharuskan pindah ke ibu kota Bukares dengan segala permasalahan kota besar. 

Film Rumania yang disutradarai oleh Radu Ciorniciuc ini sudah ditayangkan di Jerman pada 10 Juni 2021 dan sempat masuk dalam Sundance Film Festival di tahun 2020. 

9. Seaspiracy

https://www.youtube.com/embed/1Q5CXN7soQg

Kemudian tak kalah menarik ada Seaspiracy yang menceritakan tentang berbagai konspirasi mansia terhadap hewan laut. Bahkan, dalam film ini juga dimuat terkait berbagai kejanggalan dan korupsi global di dunia perikanan. 

Seaspiracy yang dibawakan oleh Ali Tabrizi ini sudah ditayangkan Netflix sejak 24 Maret 2021 dan menjadi salah satu dokumenter terbaik di tahun ini yang harus ditonton. 

10. Flee

https://www.youtube.com/embed/2aRfHsMgfdg

Flee adalah film dokumenter yang menghadirkan kisah dari seorang pencari suaka asal Afghanistan bernama Amin. Ia melarikan diri dari kekerasan dan pemaksaan di negara asalnya menuju ke Denmark. 

Film garapan sutradara Denmark, Jonas Poher Rasmussen ini sudah ditayangkan di layar lebar Amerika Serikat pada 3 Desember 2021 dan masuk dalam Sundance Film Festival pada 28 Januari 2021. 

Film dokumenter animasi ini menjadi salah satu film asal Denmark yang masuk shortlisted dalam ajang Academy Awards 2022 mendatang. 

11. Trafficked with Mariana van Zeller

https://www.youtube.com/embed/CJyavZ_HtpY

Salah satu tayangan dokumenter yang patut ditonton adalah Trafficked with Mariana van Zeller. Serial ini menghadirkan berbagai investigasi kriminal mendalam di berbagai belahan dunia dari seorang jurnalis kawakan Mariana van Zeller. 

Serial ini sudah ditayangakan di National Geographic dan Disney+ sejak 2 Desember 2020 dan melanjutkan kisahnya ke season kedua yang tayang sejak 1 Desember ini. 

12. Narco Wars

https://www.youtube.com/embed/rdkOgNGwWTE

Terakhir dan salah satu dokumenter yang harus ditonton adalah Narco Wars. Serial dokumenter ini mengusut bagaimana organisasi penyelundup narkoba asal Amerika Latin beraksi dan menjadi salah satu organisasi terkuat serta ditakuti. 

Serial dokumenter kriminal ini sudah ditayangkan di National Geographic dan Disney+ sejak 9 Desember 2020. Selain itu, serial ini juga akan dilanjutkan ke season kedua yang tayang sejak Mei 2021. 

Nah, itu tadi dua belas film dan serial dokumenter terbaik yang tayang sepanjang tahun 2021 ini. Pastinya tayangan di atas cocok banget ditonton saat liburan akhir tahun ini. Dari keduabelas film di atas mana yang mau kalian tonton duluan?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Korea Terbaik Peraih Blue Dragon Film Awards

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya