Comscore Tracker

6 Film dan Serial Space Race di Era Perang Dingin, Seru!

Selain seru, kamu juga bisa belajar tentang sejarah, nih!

Tanpa kita sadari Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet berdampak begitu besar terhadap kehidupan kita saat ini. Mulai dari konflik internal yang terjadi di berbagai negara dikarenakan pengaruh dua ideologi yang berseberangan, hingga persaingan teknologi antara kedua negara adidaya itu. 

Berbicara mengenai persaingan teknologi, pastinya kita teringat mengenai persaingan teknologi luar angkasa atau space race antara AS dan Uni Soviet di era 60an. Bahkan, keduanya mengklaim menjadi yang pertama mengirimkan manusianya ke orbit luar angkasa dan Bulan. 

Peristiwa sejarah ini juga sudah difilmkan lewat beberapa judul film maupun serial yang gak kalah seru buat ditonton. Nah, buat kalian yang ingin tahu lebih lanjut soal sejarah space race, harus nonton beberapa film dan serialnya berikut ini!

1. Gagarin: First in Space (2013)

https://www.youtube.com/embed/-ya6tGohRIw

Pertama ada film berjudul Gagarin: First in Space yang mengisahkan di balik kosmonot Uni Soviet bernama Yuri Gagarin. Sedangkan kisahnya berfokus pada perjalanan Gagarin sebagai seorang pilot pesawat tempur, hingga menjadi orang pertama yang berhasil mendarat di orbit luar angkasa dalam misi Vostok 1. 

Film biopic ini tayang perdana di Rusia pada 6 Juni 2013 dan menghadirkan aktor kawakan Rusia bernama Yaroslav Zhalnin sebagai pemeran utamanya. 

2. Salyut 7 (2017)

https://www.youtube.com/embed/bKOy2qE9mEE

Kemudian ada film Salyut 7 yang menghadirkan cerita di balik misi luar angkasa Soviet, Soyuz T-13 di tahun 1985. Sementara kisahnya berkutat pada dua orang kosmonot Soviet yang ditugaskan untuk menghidupkan kembali stasiun luar angkasa Salyut 7 yang telah lama ditinggalkan. 

Film berbahasa Rusia yang sudah dirilis Oktober 2017 ini menghadirkan aktor terkenal Rusia bernama Vladimir Vdovichenkov dan Pavel Derevyanko. 

3. The Spacewalker (2017)

https://www.youtube.com/embed/XnSHIiwCwps

Masih dari Rusia, ada film The Spacewalker atau The Age of Pioneers yang berkisah mengenai kosmonot Alexei Leonov. Sementara ceritanya mengenai Leonov menjadi orang pertama yang berhasil berjalan di luar angkasa, tepatnya di luar pesawat luar angkasa. Namun, di balik apresiasi itu, terdapat berbagai masalah dan pengorbanan yang harus dilewatinya. 

Film The Spacewalker sudah ditayangkan sejak 6 April 2017 dan menghadirkan Yevgeny Mironov dan Konstantin Khabensky sebagai pemeran utamanya. Bahkan Leonov sendiri juga menjadi konsultan di balik layar produksi film biopic ini. 

Baca Juga: 5 Film Sci-Fi Menegangkan Saat Tersesat di Ruang Angkasa, Seru! 

4. First Man (2018)

https://www.youtube.com/embed/PSoRx87OO6k

Kemudian ada film First Man yang menceritakan perjalanan dari astronot Amerika Serikat, Neil Amstrong yang berhasil menjadi orang pertama yang mendarat di Bulan. Sedangkan kisahnya mengenai proses dan pengorbanan yang dilakukan Amstrong untuk melakoni misi sangat berbahaya dan akhirnya berbuah manis. 

Film yang disutradarai oleh Damien Chazelle ini sudah rilis pada 12 Oktober 2018 dan menghadirkan aktor tersohor Hollywood, Ryan Gosling, sebagai pemeran utamanya Neil Amstrong. 

5. For All Mankind (2019)

https://www.youtube.com/embed/zzmrmjlESjQ

For All Mankind adalah serial alternate history mengenai persaingan teknologi luar angkasa (space race) antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Sedangkan, kisahnya bermula ketika kosmonot Uni Soviet, Alexei Leonov, menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan dan berhasil mendahului AS. 

Ketertinggalan ini mengakibatkan turunnya moral ilmuwan NASA dan membuat AS harus bekerja keras mengejar ketertinggalannya dari Uni Soviet. Belum lagi, Soviet diketahui sedang merencanakan pengiriman perempuan pertama untuk mendarat di Bulan. 

Serial bertema sejarah dan science fiction ini sudah tayang di AppleTV+ sejak 1 November 2019. Selain itu, serial ini menghadirkan aktor Joel Kinnaman sebagai tokoh fiktif astronot NASA Edward Baldwin. 

6. The Right Stuff (2020)

https://www.youtube.com/embed/Og0htvEVqJQ

Terakhir ada The Right Stuff yang bercerita tentang tujuh orang astronot yang seketika menjadi terkenal bak aktor. Pasalnya, mereka ditunjuk sebagai orang yang menjalani misi penerbangan luar angkasa AS yang bertajuk Project Mercury untuk mengirimkan orang Amerika pertama ke orbit luar angkasa. 

Serial The Right Stuff diadaptasi dari sebuah buku berjudul sama karangan dari Tom Wolfe yang rilis tahun 1979. Sementara itu, serial delapan episode ini sudah dapat disaksikan sejak 9 Oktober 2020 di layanan video on demand Disney+. 

Nah, itu tadi keenam film dan serial yang menggambarkan persaingan space race antara Amerika Serikat dan Uni Soviet di masa Perang Dingin. Seru-seru, kan? Mana, nih, yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Perang Terbaru yang Sayang Bila Dilewatkan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya