Comscore Tracker

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksi

Kesemuanya buat ia raih berbagai nominasi akting lho

Hannah Dakota Fanning atau yang lebih dikenal sebagai Dakota Fanning, memulai karier pertamanya dalam dunia perfilman pada usia yang terbilang masih sangat belia yakni 5 tahun. Ia pun sempat dijuluki sebagai salah satu bintang cilik paling berbakat di Hollywood pada masanya. Sebutan tersebut rasanya tak berlebihan mengingat hampir di semua film yang ia mainkan, Dakota nyaris selalu membawa penghargaan maupun sekedar nominasi untuk bakat aktingnya.

Meski kini telah tumbuh dewasa, namun para penikmat film tentunya tak akan melupakan akting jenius sang Dakota kecil belasan tahun silam. Buat jadi rekomendasi film buatmu, ini nih 7 film top Dakota Fanning saat masih kecil, mulai dari komedi hingga film aksi menegangkan. Penasaran apa saja? Langsung scroll ke bawah yuk!

1. I am Sam

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksiairungarky.com

Dalam film yang tayang di tahun 2001 ini, Dakota Fanning memerankan karakter seorang gadis cilik bernama Lucy yang memiliki ayah keterbelakangan mental dengan kecerdasan layaknya anak berusia tujuh tahun bernama Sam Dawson. Karena hal tersebut, Sam dan anaknya pun mengalami cobaan yang sangat berat karena harus berurusan dengan pemerintah yang menganggap Sam tak akan mampu menjaga dan merawat anaknya. Kisah pun berjalan dengan perjuangan Sam dalam mendapatkan hak asuh yang meski dengan kekurangannya, ia dengan gigih sebagai orangtua berusaha untuk mendapatkan anaknya kembali.

Dalam film keluarga yang menyentuh ini, Dakota Fanning yang saat itu masih berusia 7 tahun, berhasil mencuri perhatian yang sangat besar berkat aktingnya hingga menjadikan awal dari julukan jenius artis cilik pada saat itu. Aktingnya sebagai Lucy pun membawanya meraih sejumlah nominasi penghargaan perfilman bergengsi serta membawa pulang sebagian penghargaan, salah satunya pada ajang 'Broadcast Film Critics Association Awards' sebagai Best Young Actress. 

2. Uptown Girls

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksimadeinaylantis.com

Selanjutnya ada film komedi "Uptown Girl" dimana Dakota Fanning beradu akting dengan mendiang bintang film, Brittany Murphy. Film ini menceritakan tentang sosok anak selebritas bernama Molly ( Brittany Murphy) yang terbiasa hidup dalam kemewahan, tiba-tiba berubah menjadi miskin setelah sang ayah meninggal dalam sebuah kecelakaan dan seluruh harta warisannya di bawa lari oleh sang asisten.

Demi berjuang hidup, Molly pun menerima pekerjaan sebagai seorang pengasuh anak untuk keluarga kaya raya. Anak bernama Ray (Dakota Fanning) tersebut, memiliki kepribadian yang kaku, angkuh dan bertingkah layaknya orang dewasa. Hal tersebut pun membuat pekerjaan Molly jadi terasa sangatlah berat untuk dijalani. Namun dengan berjalannya Waktu, Molly dan Ray pun mulai saling menghargai dan menyayangi satu sama lain serta bersama belajar untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. 

Dalam film yang tayang pada tahun 2004 tersebut, Dakota Fanning meraih nominasi di 'Young Actress Award' sebagai Best Performance in a Feature Film. Meski tak menang, ia tercatat sebagai satu-satunya wakil di film tersebut yang berhasil masuk ajang nominasi penghargaan lho. Luar biasa ya! 

3. Man on Fire

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksiimdb.com

Sementara pada tahun 2004, Dakota Fanning bergabung sebagai salah satu pemeran dalam film bergenre aksi-kriminal, "Man on Fire". Di film tersebut, dakota beradu akting dengan aktor kawakan, Denzel Washington.

Film satu ini bercerita tentang seorang pria bernama John Creasy (Denzel Washington) yang merupakan mantan agen rahasia yang beralih profesi menjadi pengawal pribadi untuk seorang anak kecil dari keluarga kaya raya, Pita Ramos (Dakota Fanning). John mendapatkan pekerjaan tersebut setelah kasus penculikan anak tengah marak terjadi di Meksiko dengan begitu banyak anak yang sebelumnya telah dinyatakan hilang.

Bertugas untuk mengawal Pita, tanpa disadari John yang awalnya tertutup pun menjadi sangat akrab dengan sosok Pita yang kerap melontarkan bermacam pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan pribadi John sendiri. Namun malapetaka datang saat suatu hari, Pita menjadi salah satu korban penculikan dari para pelaku tersebut. Merasa murka dan bertanggung jawab karenanya, John pun berusaha keras untuk menolong nyawa Pita, meski harus mengobarkan nyawanya sendiri.

Meski tak meraih penghargaan, film box office satu ini cukup laris dan berhasil kembali mengantarkan Dakota Fanning meraih dua nomanasi penghargaan dalam ajang perfilman bergengsi.

Baca Juga: Destination Wedding, Film Romance Keanu Reeves Segera Tayang Agustus!

4. Hide and seek

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksi007jbb.con

Selanjutnya ada film "Hide and Seek" yang membawa Dakota Fanning kembali beradu akting dengan aktor kawakan lainnya, Robert de Niro. Dalam film ini, Dakota berperan sebagai seorang anak perempuan bernama Emily yang mengalami trauma berat usai sang ibu ditemukan bunuh diri di kamar mandi rumah mereka.

Karena kejadian tersebut serta duka mendalam, sang ayah (Robert de Niro) pun mengajak Emily untuk pindah ke rumah baru di sekitar pedesaan. Tapi meski sudah pindah, Emily masih tetap saja murung dan menolak bermain dengan siapapun.

Suatu hari, Emily menemukan seorang teman bernama Charlie dan keduanya kerap bermain petak umpet bersama seperti yang sering ia mainkan dengan ibunya dulu. Anehnya, sang ayah tak pernah benar-benar melihat seperti apa sosok Charlie tersebut. Meski awalnya hanya mengira Charlie sebagai teman khayalan Emily, lama kelamaan sang ayah pun menaruh curiga lantaran banyaknya kejadian aneh yang terjadi sejak munculnya Charlie.

Dalam film bergenre horror-misteri ini, Dakota Fanning kembali berhasil meraih berbagai nominasi di ajang penghargaan. Tidak hanya nominasi saja, ia pun berhasil membawa pulang salah satu penghargaan yakni di ajang 'MTV Movie Awards', dalam kategori Best Frightened Performance.

5. War of The World

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksivanityfair.com

Apakah kamu penyuka film bertemakan alien? Kalau ya, maka kamu perlu menonton film Dakota Fanning dan aktor ternama, Tom Cruise dalam "War of The World". Di film ini, Dakota Fanning berperan sebagai anak bernama Rachel sementara Tom Cruise memerankan sang ayah yang bernama Ray Ferrier.

Suatu hari, Ray yang telah bercerai mendapatkan giliran untuk menghabiskan akhir pekan bersama dengan kedua anaknya yakni Rachel dan kakaknya, Robbie. Belum lama setelah kedatangan kedua anaknya tersebut, hal-hal aneh terjadi dimana kilat dan petir menyambar seluruh bagian kota.

Rupanya, itu merupakan serangan alien yang berusaha menginvasi bumi. Tak tinggal diam, Ray pun segera mengajak kedua anaknya untuk pergi dan menemukan tempat aman berlindung. Namun, hal tersebut pun jelas tidak mudah mengingat akibat serangan tersebut, berbagai kekacauan pun timbul termasuk dari para orang-orang yang panik dan berusaha menyerang sesama untuk menyelamatkan diri mereka sendiri. 

Dalam film besutan sutradara kenamaan Steven Spielberg ini, Dakota Fanning berhasil meraih sejumlah penghargaan akan aktingnya sebagai Rachel. Film ini pun juga menjadi salah satu film yang meraih begitu banyak sorotan dan penghargaan dalam berbagai kategori serta sebagai salah satu film terlaris yang tayang pada tahun 2005.

6. Dreamer: Inspired by a True Story

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksifandango.com

Tayang di tahun yang sama dengan "War of The Worlds", Dakota Fanning terlibat dalam sebuah film drama berjudul "Dreamer" yang terinspirasi dari sebuah kisah nyata. Di film yang membawanya meraih penghargaan di ajang 'Young Artist Award' ini, Dakota kembali bermain dalam kisah yang menceritakan hubungan antara ayah dan anak, dimana ia beradu akting dengan Kurt Russel.

Kisah inspiratif ini menceritakan tentang seorang atlet balapan kuda bernama Ben yang mengakhiri karirnya dengan menjadi pelatih. Tetapi, ia malah diberikan seekor kuda dengan kaki yang cedera parah bernama Sonador. Meski awalnya tak senang dengan situasi tersebut, lama kelamaan ia pun menaruh simpati dan perhatian akan si kuda yang menjadi dekat dengan putrinya, Cale (Dakota Fanning). 

Suatu hari, kejadian terjadi dimana Ben melihat bahwa Sonador ternyata masih memiliki potensi untuk dapat berlari. Karenanya, ia dan putrinya berusaha membantu Sonador untuk sembuh dan memenangkan kejuaran balapan kuda yang akan segera dilaksanakan.

7. Charlotte's Webb

7 Top Film Dakota Fanning Saat Masih Kecil, Dari Komedi Hingga Aksiemol.org

Terakhir ada film bergenre fantasi dan komedi berjudul "Charlotte's Webb" yang tayang di tahun 2006. Filmnya mengisahkan tentang seekor babi bernama Wilbur yang mengalami ketakutan besar karena berpikir cepat atau lambat ia akan segera menjadi babi asap dan disantap oleh para manusia.

Demi bersembunyi dan menghindar dari hal tersebut, Wilbur pun menjalin pertemanan dengan laba-laba bernama Charlotte yang membantunya sepanjang kisah berjalan. Selain itu, Wilbur juga dekat dengan seorang anak perempuan bernama Fern ( Dakota Fanning ) yang memberinya kasih sayang dan telah merawat dan menjaganya sedari ia masih kecil.

Berbeda dari film-film Dakota Fanning lainnya, film satu ini merupakan salah satu film ringan yang cocok untuk menjadi tontonan keluarga. Dan berkat film ini pulalah, Dakota Fanning berhasil meraih penghargaan dalam ajang 'Kid's Choice Awards' pada kategori, Favorite Female

Movie Star.

Nah, itu tadi 7 film Dakota Fanning semasa kecil yang mengantarkannya ke sejumlah ajang penghargaan ternama dan beberapa bahkan membuatnya meraih penghargaan. Buat jadi rekomendasi tontonanmu selanjutnya, coba deh pilih salah satu judul diatas. Dijamin kamu bakalan terpukau dengan akting Dakota yang keren abis meski saat itu usianya masih kecil. 

Baca Juga: 10 Style Dakota Fanning untuk Kamu yang Suka Tampil Simple

Calledasia Photo Verified Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya