Comscore Tracker

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasi

EXO baru saja merayakan 7 tahun karirnya di dunia hiburan

Tanggal 8 April menjadi hari bersejarah bagi boygrup papan atas Korea Selatan, EXO. Tepat pada 8 April 2019 boygrup besutan SM Entertainment ini memasuki tahun ketujuh debut mereka sejak diperkenalkan pada 8 April 2012 silam. Tak bisa dipungkiri jika 8 April juga menjadi hari spesial bagi Exo-L (sebutan untuk fans EXO) di seluruh dunia.

Ucapan selamat, harapan dan doa tak henti-hentinya dipanjatkan untuk boygrup yang menjadi ikon Korea Selatan ini. Bahkan tak sedikit dari Exo-L yang rela merogoh kocek untuk membuat proyek demi merayakan anniversary idolanya.

Setalah 7 tahun kira-kira gimana ya perjalanan karir EXO? Yuk simak kilas balik perjalanan EXO berikut ini.

1. Memulai karir di dunia musik pada tahun 2012 dengan 2 sub unit

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh PrestasiSoompi.com

Setelah diperkenalkan pada akhir tahun 2011 melalui akun youtube milik SM Entertainment akhirnya EXO resmi memulai debut mereka pada tanggal 8 April 2012. EXO memulai debut dengan 2 sub unit, yaitu EXO-K dan EXO-M yang masing-masing terdiri dari 6 member dengan membawakan mini album pertama mereka yang bertajuk "MAMA".

Nama EXO sendiri diambil dari nama planet yang ditemukan di tata surya pada tahun 2009 silam. Tak ayal jika boygrup yang satu ini mengusung konsep yang sangat unik pada saat itu.

2. EXO meraih predikat million seller pertama selama 12 tahun terakhir dengan full album pertamanya

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasitwenty2blog.com

Tahun 2013 menjadi awal dari kesuksesan boygrup yang beranggotakan 12 member ini. Pasalnya full album pertama EXO yang bertajuk "XOXO" berhasil menembus penjualan sebanyak 1 juta kopi dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Berkat album inilah EXO berhasil mencetak sejarah sebagai penyanyi pertama yang meraih predikat million seller selama 12 tahun terakhir.

3. Berhasil mendapatkan First Win di acara musik lewat Lagu Wolf

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestaside.fanpop.com

Tak hanya mengantongi predikat million seller, berkat album "XOXO" EXO berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya saat tampil di acara musik. Lewat lagu "Wolf" EXO menjadi First Win di acara Music Bank pada saat itu. Tentu ini menjadi momen yang mengharukan bagi EXO, terbukti pada saat itu para member tak kuasa menahan tangis bahagia.

4. Tahun 2014 menjadi tahun paling kelam dalam sejarah perjalanan karir EXO

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasionehallyu.com

Dibalik prestasi yang telah EXO raih selama 2 tahun debut, kabar tak mengenakkan pun menimpa boyband besutan SM Entertainment ini. Pasalnya pada tahun 2014, Kris yang notabene member asal China sekaligus leader EXO-M ini memutuskan untuk hengkang dari grup yang telah membesarkan namanya itu. Tak berhenti sampai di situ, jejak Kris ini rupanya diikuti oleh 2 rekannya yang juga berkebangsaan China yaitu Luhan dan Tao.

5. Disebut-sebut sebagai boygrup kolektor Daesang dalam penghargaan Korea

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasibillboard.com

EXO pertama kali meraih Daesang atau grand prize dalam penghargaan Korea di acara Melon Music Award tahun 2013 lewat album "XOXO". Sejak saat itu EXO tak henti-hentinya meraih Daesang di acara penghargaan Korea Selatan setiap tahunnya. Sebagai kolektor Daesang, EXO bahkan tercatat dalam Guiness Book of the World Record sebagai grup penerima Daesang terbanyak.

Baca Juga: Serba Bisa Deh! Inilah 7 Transformasi D.O EXO dari Idol Jadi Aktor

6. Merubah gaya di album kedua yang bertajuk Exodus

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh PrestasiGrid.id

Jika di album sebelumnya EXO melekat dengan imej imut dan menggemaskan, di album kedua ini EXO berani merubah imej 180 derajat dari sebelumnya. Lewat single berjudul Call Me Baby, EXO benar-benar menunjukkan sisi manly mereka yang belum pernah ditunjukkan pada single-single sebelumnya.

Exodus merupakan album terakhir EXO dengan 10 member.

7. Power menjadi lagu Kpop pertama yang diputar di pertunjukan air mancur terbesar dunia

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasithenational.ae

EXO mengawali tahun 2018 lalu dengan prestasi yang sangat membanggakan. Bagaimana tidak, salah satu lagu EXO yang berjudul "Power" menjadi lagu pertama yang diputar di acara pertunjukan air mancur terbesar di dunia yaitu The Dubai Fountain Show yang terletak di Danau Burj Khalifa, Dubai. Acara yang digelar pada bulan Februari 2018 ini disaksikan langsung oleh semua member EXO kecuali Lay dan D.O.

8. Quintuple Million Seller menjadi gelar paten untuk EXO

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasimusic.uzone.id

Berawal dari album "XOXO" yang berhasil mencetak rekor penjualan album sebanyak 1 juta kopi, EXO tak henti-hentinya mengalami peningkatan penjualan album yang dirilis di tahun-tahun berikutnya. "XOXO" berhasil terjual sebanyak 1.070.000 kopi bersamaan dengan album repackage, kemudian disusul dengan album ke-2 yang bertajuk "Exodus" dengan jumlah 1.222.011 kopi, dan album ke-3 bertajuk "EX'ACT" dengan jumlah 1.164.262.

Selanjutnya album ke-4 bertajuk "The War" dengan penjualan sebanyak 1.012.021 hanya dalam kurun waktu 24 hari sejak tanggal perilisan. Dan menariknya lagi, EXO kembali merilis album yang bertajuk "Don't Mess Up My Tempo" dan berhasil terjual sebanyak 1.197.997 sejak sebelum perilisan album (pre-sale). Di album ke-5 ini EXO resmi meraih predikat Quintuple Milion Seller.

9. Dijuluki sebagai "Nation's Pick" setelah tampil di panggung acara penutupan Pyeongchang Winter Olympic 2018

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasicelebmix.com

Boygrup EXO seringkali menjadi perwakilan Korea Selatan dalam berbagai acara kenegaraan. Pada Februari 2018 lalu EXO kembali menjadi perwakilan Kpop untuk tampil di panggung penutupan Olimpiade Musim Dingin ke-23 yang diselenggarakan di Pyeongchang, Korea Selatan. EXO tampil memukau membawakan dua single hits mereka, yaitu Power dan Growl.

10. Grup Kpop pertama yang mendapatkan medali dan koin kehormatan dari Pemerintah Korea Selatan

Ini Perjalanan 7 Tahun Karir Boyband EXO, Penuh Prestasimnews.joins.com

Hal istimewa tak henti-hentinya menghiasi perjalanan karir boygrup yang satu ini. Tepat pada tanggal 18 April 2018 Suho, Baekhyun, dan Kai mewakili EXO untuk menerima medali dan koin kehormatan yang diberikan oleh Korea Minting and Security Printing Corporation. EXO merupakan boygrup pertama yang menerima medali dan koin kehormatan yang 99,9 persen terbuat dari perak tersebut.

Benar-benar 7 tahun yang penuh sejarah ya guys.

Baca Juga: Genap 25 Tahun, 10 Alasan Sehun EXO Pria Idaman Seluruh Wanita

Camelia Photo Community Writer Camelia

Walks to find something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You