Comscore Tracker

Meski Lawas, 7 Kartun Disney Ini Memberi Pelajaran Berharga Soal Hidup

Sudah pernah nonton kartunnya?

Berbicara soal film kartun, kita pasti ingin anak-anak kita dapat menonton sesuatu yang menghibur, memiliki alur sederhana sesuai pemikiran anak, pula dapat memberi pelajaran moral yang berharga. Disney, sebuah perusahaan perfilman yang menyuguhkan puluhan kartun menarik untuk anak-anak anda, pula disisipi amanat hidup yang kuat.

Penasaran apa saja list-nya? Yuk, simak artikelnya!

1. Frozen - 2013

https://www.youtube.com/embed/R-cdIvgBCWY

Kita pasti sudah tak asing dengan judul film ini. Frozen mengisahkan petualang Elsa yang melarikan diri dari istana, pula perjalanan Anna untuk mencari dan membujuk kakaknya agar dapat pulang. Namun tak hanya menunjukkan lucunya bola saju Olaf, Frozen juga memberi pelajaran hidup yang berharga, bahwa kasih persaudaraan merupakan cinta tertulus sepanjang masa.

2. Big Hero 6 - 2014

https://www.youtube.com/embed/d2S8D_SCAJY

Siapa yang nggak kenal Baymax? Robot putih gemuk yang gemasnya minta ampun! Selain memiliki grafik dan alur yang cerdas, Big Hero 6 juga mengajarkan kita bahwa balas dendam bukanlah cara sempurna untuk menyelesaikan masalah. Akan ada masa dimana hal yang kauinginkan tidak berjalan sesuai rencana, bahkan orang-orang akan melukai dan mengecewakanmu. Namun jangan pernah terpikir untuk balas dendam. Sebab pada akhir, semua kebenaran pasti akan terkuak.

Jadi, bersabarlah.

3. Finding Nemo - 2003

https://www.youtube.com/embed/2zLkasScy7A

Meski kisahnya tampak sederhana, Finding Nemo sebenarnya menggambarkan betapa tulus kasih seorang ayah terhadap putranya. Jadi jangan pernah meremehkan orangtuamu, guys! Seperti halnya Martin yang rela melakukan apapun (bahkan dikejar hiu dan sempat tertelan paus) hanya untuk menemukan Nemo, itu pula yang sebenarnya orang tua kita lakukan sekarang. Mereka bersusah payah bekerja untuk memberikan yang terbaik pada anak-anaknya.

Baca Juga: 6 Putri Disney yang Belum Dapat Jatah Film Live Action, Siapa Saja?

4. Monster University - 2013

https://www.youtube.com/embed/QxrQ6BaijAY

Dikemas dalam karakter dan alur yang unik, Monster University mengajarkan pada kita untuk menjadi diri sendiri dan mensyukuri kemampuan yang sudah Tuhan beri. Tiap kita diberi kemampuan yang berbeda. Belum tentu temanmu yang pandai matematika juga pandai menggambar. Belum tentu pula temanmu yang juara kelas juga pandai dalam prestasi non akademik lain.

Tidak apa-apa untuk menjadi berbeda. Seperti halnya Mike, kamu pun harus menemukan bakatmu dan jangan biarkan orang merendahkanmu hanya karena bakatmu unik dan berbeda dari yang lain.

5. Toy Story 3 - 2010

https://www.youtube.com/embed/JcpWXaA2qeg

Tergoda oleh rayuan manis Bear, Buzz dan kawan-kawan akhirnya memilih untuk meninggalkan Woody beserta majikan mereka, Andy, dan pergi ke Sunny Side—tempat dimana mereka akan tetap ‘dimainkan’. Ternyata semua hanyalah tipuan. Alih-alih dapat ‘dimainkan’, anak-anak di Sunny Side memainkan mereka secara brutal dan membuat bagian tubuh mereka rusak semua.

Toy Story 3 mengajarkan kita tentang arti kesetiaan. Walau Woody tidak pergi dan tidak merasakan betapa kejam anak-anak di Sunny Side, ia tetap datang ke sana dan membantu menyelamatkan temannya ketika tahu penderitaan mereka. Jadilah seperti Woody yang selalu setia mendampingi Andy, dan mendampingi teman-temannya kendati mereka pernah berkhianat.

6. Cars 2 - 2011

https://www.youtube.com/embed/lg5hj2c5Nkk

Kalau Toy Story 3 mengajarkan kita tentang kesetiaan, Cars 2 mengajarkan kita untuk tidak malu mengakui sahabat kita di depan umum. Jangan hanya demi harga dirimu, kamu rela untuk menolak sahabatmu begitu saja. Karena sahabat adalah orang yang tulus mencintai kita. Terkadang kamu tak sadar bahwa kamu terjebak dalam bahaya, dan satu-satunya orang yang dapat menyeretmu keluar adalah sahabatmu sendiri.

7. Brave - 2012

https://www.youtube.com/embed/6CKcqIahedc

Mengisahkan pemberontakan anak pada ibunya, Brave akan menggiringmu pada sebuah kisah mengharukan dengan bumbu penyesalan di dalamnya. Merida, seorang putri kerajaan, benci diatur oleh ibunya. Ia ingin memiliki kehidupan yang bebas dimana ia bisa melakukan apa yang ia suka tanpa harus diperintah ibunya. Sebab terlampau kesal, Merida secara tidak sengaja memantrai ibunya hingga menjadi beruang.

Tentu Merida menyesal, namun apa boleh buat? Nasi sudah menjadi bubur. Masalahnya hanya, Merida harus menyembunyikan ‘beruang’ ini dari ayahnya, dan mengembalika wujud asli ibunya sebelum semua terlambat.

Nah, berikut 7 judul film Disney yang memberimu pelajaran hidup tak terlupakan. Ada favoritmu?

Baca Juga: 7 Film Disney Wajib Tonton yang Akan Tayang Tahun 2020!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya