Comscore Tracker

Asyik Didengerin, 12 Lagu EXO Ini Cocok Buat Pecinta Tempo Slow

Yang mana favoritmu?

Debut pada tahun 2012, EXO awalnya beranggotakan 12 orang. Memiliki ciri khas anggota yang merupakan gabungan penyanyi Korea dan China, EXO pun mempunyai lagu dengan dua versi bahasa tersebut. Rilisnya lagu "Growl" pada tahun 2013 adalah awal kesuksesan mereka di industri musik Korea Selatan. 

Karier mereka mulai melejit setelah disebut sebagai produk gagal. Walaupun berita pahit harus mereka telan dengan keputusan Kris, Tao dan Luhan yang hengkang, sampai saat ini EXO masih bertahan dengan prestasi yang gemilang.

Mempunyai sederet lagu unggulan dengan berbagai genre, daftar lagu milik EXO berikut ini dinyanyikan dengan tempo slow. Cocok buat kamu yang suka dengan lagu-lagu mellow.

1. What is Love

https://www.youtube.com/embed/HkYGUQgkFUc

Jelang debut pada tahun 2012 silam, Angel menjadi latar lagu pada teaser kesembilan. Tampilkan Sehun dan Luhan, lagu ini bercerita tentang seorang malaikat yang datang ke bumi. Alami depresi dan sedang berdoa, seorang manusia datang menghampiri dan menghiburnya. 

Sejak saat itu, sang malaikat ingin selalu melindungi manusia tersebut. Mempunya makna sebagai malaikat pelindung, ini menggambarkan hubungan antara EXO dan EXO-L secara tidak langsung.

Saat jelang comeback pada awal November lalu, sebuah iklan terpampang di layar besar Coex Artium. Hal ini dilakukan sebagai ucapan terimakasih kepada EXO-L. EXO pun mengubah sedikit lirik yang ada dalam lagu Angel. Begini bunyi pesan yang tertulis dalam bahasa Korea, Inggris dan Mandarin tersebut.

Di mana pun kita berada akan terasa seperti surga, jika EXO dan EXO-L bersama-sama.

2. What is Love

https://www.youtube.com/embed/t6fPzVNIEB0

What is Love adalah lagu ballad pertama yang dinyanyikan Baekhyun dan D.O saat memulai masa debut. Dalam lagu ini kamu bisa mendengarkan harmonisasi suara keduanya mulai nada rendah sampai tinggi. Meski saat itu masih rookie, tapi kemampuan vokal keduanya tidak dapat disepelehkan. SM Entertainment memang tidak pernah salah pilih.

Menurut lirik lagu ini, cinta adalah berbagi dan mempelajari emosi yang tidak terhitung bersama orang yang disayangi. Kalau menurut kamu, cinta itu apa?

3. My Answer

https://www.youtube.com/embed/s39uB9dRMmM

Kembali suguhkan kemampuan vokal D.O dan Baekhyun, My Answer juga jadi lagu yang patut kalian dengar. Karena dalam lagu ini, mereka juga duet dengan leader EXO, Suho. Diiringi alunan denting piano, kamu akan mendengarkan harmonisasi antara tiga suara yang berbeda. Dalam tur dunia kedua yang berjudul Exo'luxion, lagu ini dibawakan dengan iringan piano yang dimainkan oleh Baekhyun.

"Jawabannya adalah kamu. Jawabanku adalah kamu. Aku telah menunjukkan semua yang kumiliki. Kau adalah segalanya untukku. Karena aku sangat yakin itu." 

Liriknya cocok banget ya buat kasih kode ke si dia.

4. Moonlight

https://www.youtube.com/embed/zD75zl9MRHI

Jadi salah satu lagu di album kedua mereka yang berjudul "Overdose", Moonlight sajikan nuansa yang berbeda. Gabungkan duet antara Baekhyun dan D.O sebagai vokal utama, anggota yang lain menari dengan gerakan slow yang akan membuatmu makin terpukau. Kalau dengerin lagu yang ini, kamu wajib sambil nonton video live performance mereka juga!

Baca Juga: Baru Comeback, Ini 5 Fakta Menarik Album EXO "Don’t Mess Up My Tempo"

5. Baby Don't Cry

https://www.youtube.com/embed/uJ0gpUfs97o

Meski mempunyai tempo yang slow, dalam lagu Baby Don't Cry kamu juga dapat mendengarkan kemampuan rap Chanyeol loh. Tidak hanya itu, lagu ini pernah dinyanyikan dalam acara "Global Request Show" yang ditayangkan oleh KBS World TV. Kalau kamu lagi sedih dan nggak bisa cerita ke siapa-siapa, coba dengerin lagu ini ya. Karena liriknya pas banget buat kamu yang lagi sedih tapi nggak punya teman buat cerita.

"Sayang, jangan menangis malam ini, setelah kegelapan terlewati. Sayang, jangan menangis malam ini, tidak akan ada sesuatu yang terjadi." Gimana? Pas banget kan?

6. Promise

https://www.youtube.com/embed/mbo3Uk0hDIg

Tahun 2014 adalah tahun terberat bagi EXO. Banyak masalah yang menerpa mereka. Salah satunya adalah hengkangnya dua anggota, yaitu Kris dan Luhan. Tak dipungkiri, EXO-L juga terpukul karena keputusan dua anggota tersebut. 

Tapi mereka tetap setia mendukung EXO. Itulah yang melandasi EXO untuk mendedikasikan lagu ini khusus untuk para penggemar. Tunjukkan rasa cinta mereka, Lay, Chanyeol dan Chen turut berpartisipasi dalam proses pembuatan lagu. Mempunyai lirik yang menyentuh, ini sederet kalimat yang akan membuatmu terharu.

"Kamu yang selalu menungguku. Kamu yang memelukku dengan kedua tanganmu. Aku takkan lupa. Aku akan membuatmu bahagia. Seperti kalimat 'kita adalah satu' yang pernah kuucapkan."

7. My Turn to Cry

https://www.youtube.com/embed/sxXsC_9U0Js

My Turn to Cry bercerita tentang seseorang yang putus dengan orang yang disayangi. Merasa menyesal karena selama bersama sering membuat si dia menangis. Ternyata laki-laki itu masih menyimpan rasa dan akhirnya hanya bisa menangis. Wah, kamu jangan sampai mengalami kejadian seperti itu ya.

Saat konser dunia 'The Exo'luxion' lagu ini digunakan sebagai latar dalam pemutaran VCR. Dalam video berdurasi 4 menit 45 detik tersebut, digambarkan para anggota EXO yang sedang menghabiskan waktu dengan seseorang. Gak cuma itu, ketika pertunjukan berlangsung, ada penampilan solo Baekhyun. Tampil memukau dengan menyanyikan lagu ini sambil bermain piano.

8. Miracles in December

https://www.youtube.com/embed/yVLxRXoLaas

Miracles in December adalah lagu ballad di album musim dingin yang pertama. Memiliki judul album dengan nama yang sama, lagu ini merupakan kolaborasi pertama oleh para vokal utama. 

Dibuka oleh suara jernih D.O yang berhasil mencuri perhatian saat kali pertama mendengar. Dilanjutkan oleh suara Baekhyun yang meliuk-liuk ikuti instrumen nada. Serta suara Chen yang selalu memukau pada nada-nada tinggi.

9. Sing For You

https://www.youtube.com/embed/nqaSboKBIuA

"Caramu menangis, caramu tertawa. Aku bertanya-tanya seberapa besar artinya untukku. Kalimat yang selalu ingin kukatakan, tapi aku selalu kehilangan kesempatan."

Begitulah penggalan lirik dalam lagu Sing For You. Tidak mempunyai kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya, EXO memilih menyanyikan lagu untuk pujaan mereka. Kalau kamu akan memilih yang mana? Nyanyiin buat dia atau mengungkapkan apa yang dirasa?

10. For Life

https://www.youtube.com/embed/2O8p8V965VY

For Life adalah lagu utama dalam album musim dingin yang dirilis pada Desember 2016. Lagu ini bercerita tentang seorang pria yang menemukan belahan jiwanya. Dia juga berkata, bahkan jika terlahir kembali, dia akan kembali kepada wanita tersebut. Miliki makna yang demikian, lagu ini pernah dinyanyikan D.O saat menghadiri sebuah undangan pesta pernikahan.

Tahun lalu, saat EXO menggelar konser 'The Elyxion' lagu ini masuk daftar favorit. Siapkan berbagai kejutan saat pertunjukan, menurut fans, ini yang paling keren. Dinyanyikan D.O dalam bahasa Inggris, maknanya semakin mengena karena diiringi dentingan piano yang dimainkan Chanyeol.

11. Universe

https://www.youtube.com/embed/PDmsGTT_484

Pada Desember tahun lalu, Universe sempat merajai tangga lagu musik untuk waktu yang lama. Dibuka dengan suara berat D.O, lagu ini berkisah tentang peliknya kehidupan setelah kehilangan seseorang yang disayang. 

Segala hal menjadi semakin rumit, karena segala kenangan terpatri dalam ingatan. Buat kamu yang baru putus dari mantan tapi masih sayang, sepertinya lagu ini cocok. Tapi hati-hati, jangan terlalu lama meratapi kenangan.

12. Smile on My Face

https://www.youtube.com/embed/IzIiNrqtofU

Tidak hanya "Tempo" yang laris di tangga lagu sejak rilis. Smile on My Face juga jadi lagu ballad favorit para fans. Mereka mengungkapkan, lagu ini agak mirip dengan "Promise".

Dalam sebuah wawancara, EXO pun mengungkapkan jika saat nyanyikan Smile on My Face, mereka sambil membayangkan wajah EXO-L yang selalu ceria mendukung mereka tanpa lelah. 

Tahun demi tahun berganti, banyak fans yang pergi. Seolah tak ingin salahkan mereka, EXO justru ingin melepas mereka dengan senyuman. Seperti yang ada pada penggalan lirik berikut.

"Aku tidak akan mencegahmu. Aku akan tersenyum dan merelakanmu pergi dengan sebuah senyuman di wajahku."

Gak cuma buat para fans EXO, kamu yang baru saja alami perpisahan juga bisa coba dengar lagu ini. Agar tidak terlalu lama larut dalam kenangan dan bisa kembali semangat.

Musik memang selalu berhasil jadi teman setia dalam segala suasana. Kalau dari lagu-lagu yang dinyanyikan EXO tadi, mana yang paling menggambarkan suasana hati kamu saat ini?

Baca Juga: Perdana Raih "Perfect All Kill", Ini 11 Fakta Lagu Fake Love BTS

Chalimatus Sa'diyah Photo Community Writer Chalimatus Sa'diyah

Be brave. Be humble :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You