Comscore Tracker

Ultah ke-28, 6 Perjuangan Keras Suga BTS untuk Debut Menjadi Rapper

Teladan banget buat ARMY! #HappySUGADay #WaktunyaKorea

Suga dikenal akan kecintaannya terhadap musik sejak kecil. Sejak itu, ia telah membuat musik maka tak heran Suga juga menulis lirik dan memproduseri lagu-lagu yang dirilis oleh BTS. Untuk menjadi member BTS saat ini, Suga harus melewati perjuangan keras agar bisa mewujudkan mimpinya. 

Berikut enam perjuangan Suga untuk mewujudkan mimpinya dalam bermusik.

1. Tertarik menjadi rapper sejak kecil

Ultah ke-28, 6 Perjuangan Keras Suga BTS untuk Debut Menjadi Rapperm.post.naver.com

Saat berumur 13 tahun, Suga tertarik menjadi rapper. Ia tertarik dengan rap saat ia mendengarkan "Ragga Muffin" oleh Stony Skunk. Suga memutuskan menjadi rapper setelah mendengar Epik High. Saat itu juga, Suga bekerja part-time di studio rekaman dan mulai membuat musik dan rap.

2. Menjadi underground rapper

Ultah ke-28, 6 Perjuangan Keras Suga BTS untuk Debut Menjadi Rapperm.post.naver.com

Sebelum bergabung dengan Big Hit Entertainment, Suga aktif menjadi underground rapper dengan D-Town pada tahun 2010. Ia memiliki nama panggung Gloss dan telah memproduksi lagu "518-062". Selama menjadi underground rapper Suga telah membuat banyak lagu.

3. Orangtua Suga tidak mendukung impiannya

Ultah ke-28, 6 Perjuangan Keras Suga BTS untuk Debut Menjadi Rappertwitter.com/minyoongipics

Kecintaannya terhadap musik sejak kecil sangat ditentang oleh orang tua Suga. Orangtuanya justru menginginkan Suga untuk fokus belajar. Namun, hal tersebut tidak membuat Suga patah semangat. Ia tetap membuat musik dan menjualnya walaupun selalu ditipu. 

Baca Juga: 8 Tahun Berkarya, Ini 7 Karya Kolaborasi Suga BTS dengan Musisi Lain

4. Bergabung dengan Big Hit Entertainment

Ultah ke-28, 6 Perjuangan Keras Suga BTS untuk Debut Menjadi Rappertwitter.com/bts_bighit

Suga mengikuti audisi Big Hit Entertainment dan memenangkan posisi kedua dalam audisi tersebut. Selama menjadi trainee, Suga dijanjikan akan didebutkan dalam sebuah grup dengan sedikit koreografi dan berfokus pada rap. Namun, pada tahun 2013 Suga debut dengan member BTS lainnya dengan single album 2 Cool 4 Skool.

5. Mengalami kecelakaan semasa trainee

Ultah ke-28, 6 Perjuangan Keras Suga BTS untuk Debut Menjadi Rappertwitter.com/ThrowbacksBTS

Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya semasa trainee, Suga bekerja part-time sebagai pengantar. Pada saat bekerja part-time, Suga mengalami kecelakaan yang membuat ia harus mengalami cedera bahu. Karena khawatir tidak akan debut, Suga memilih untuk tidak memberitahu agensi bahwa ia mengalami cedera bahu. Pada akhirnya, pihak agensi mengetahui kecelakaan yang dialami Suga dan memutuskan untuk membayar uang sekolahnya.

Cedera bahu tersebut membuat Suga harus menahan sakit selama 8 tahun. Hingga pada bulan November tahun 2020, Suga mengumumkan bahwa ia telah melakukan operasi bahu dan harus istirahat dalam melakukan promosi Album BE yang telah rilis bulan November tahun lalu.

6. Merilis mixtape di tahun 2016 dan 2020

Ultah ke-28, 6 Perjuangan Keras Suga BTS untuk Debut Menjadi Rappersoompi.com

Setelah beberapa tahun BTS debut, Suga merilis mixtape pertamanya Agust D pada tahun 2016 dengan nama panggung lain, Agust D. Lagu-lagu yang terdapat dalam mixtape tersebut bercerita tentang perjuangannya dalam menghadapi depresi dan fobia sosial. Tahun 2020 lalu, Suga merilis mixtape keduanya D-2 dan terdapat 10 lagu.

Itulah perjuangan keras Suga untuk debut menjadi member BTS. Perjuangan keras Suga dalam mewujudkan mimpinya patut kita contoh. Kegigihan dan ketekunan Suga adalah salah satu kunci untuk meraih mimpi. 

Baca Juga: 11 Potret Suga BTS dengan Ekspresi Garang, Sukses Bikin Ambyar! 

really brave Photo Writer really brave

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya