Comscore Tracker

5 Film Animasi Anak-Anak dengan Jalan Cerita Super Gelap

Tidak disangka! #IDNTimesHype

Film animasi memang lekat dengan anak-anak. Pada dasarnya, film bergenre ini memang lebih ditujukan sebagai hiburan anak kecil. Oleh karena itu, kebanyakan film animasi memiliki jalan cerita yang ringan dan menyenangkan.

Namun, seiring waktu film animasi tidak lagi hanya ditujukan untuk anak-anak melainkan juga merambah kepada orang dewasa. Tidak sedikit sutradara yang mulai menyisipkan unsur gelap yang mungkin hanya bisa dipahami oleh orang dewasa. Hal ini menunjukkan bahwa terkadang penampilan yang lucu dan menggemaskan pun bisa pula menipu. Untuk anak-anak, film animasi seperti ini akan dianggap sebagai hiburan semata, namun orang dewasa bisa menangkap pesan-pesan yang tersembunyi di dalamnya. 

Berikut ini adalah lima film animasi dengan jalan cerita yang sebenarnya gelap. Sungguh berbeda dengan visualnya yang menyenangkan. Ada apa saja, ya?

1. The Huncback of Notre Dame (1996)

https://www.youtube.com/embed/O6i3lyx1I_g

Menggambarkan pemerintahan yang korup, rasisme, kekerasan, dan keserakahan, The Hunchback of Notre Dame bukanlah tipikal film Disney kebanyakan. Faktanya film ini memiliki jalan cerita yang terlalu gelap untuk anak-anak. Karakter-karakternya pun seperti Esmeralda pun tidak benar-benar bersahabat.

Kisah dalam filmnya sendiri berfokus pada pembunyi bel bernama Quasimodo. Sepanjang hidupnya, ia hanya bertugas membunyikan bel di katredal Notre Dame. Sayangnya, suatu hari ia malah dikurung di dalam Notre Dame. Ia baru bisa mendapatkan kebebasan setelah berjumpa dengan Esmeralda yang membantunya bebas dan melawan tuannya yang telah mengurungnya.

2. Spirited Away (2001)

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Film Studio Ghibli satu ini mengikuti kisah seorang anak perempuan berusia 10 tahun yang terjebak di dalam dunia magis. Agar bisa menyelamatkan dirinya dan orang tuanya, ia pun harus menjelajahi petualangan yang hebat dan bertemu dengan makhluk-makhluk mistis lainnya.

Dari segi cerita, film ini terkesan seperti film fantasi yang menghangatkan padahal sebenarnya ada banyak hal seram di dalamnya. Salah satu contohnya adalah kemunculan karakter Kaonashi alias No Face yang menelan para pegawai di pemandian para dewa. Jika bukan karena visualnya yang indah, adegan ini sebenarnya cukup menyeramkan. 

Baca Juga: 9 Kejutan Tersembunyi di Film Animasi Disney's Pixar, Teliti deh!

3. Coraline (2009)

https://www.youtube.com/embed/m9bOpeuvNwY

Saat cerita dalam film dimulai, Coraline tampak seperti film anak-anak biasa yang menceritakan soerang gadis yang berpetualang ke dunia paralel, di mana di sana dunia terasa sangat sempurna. Namun, seiring waktu berjalan, Coraline barulah menyadari bahwa dunia itu jauh lebih jahat daripada yang dibayangkannya.

Coraline dihadapkan dengan pilihan apakah akan tetap tinggal di dunia paralel yang terlihat sempurna atau bertahan di kehidupan aslinya. Selagi, dirinya masih bimbang, Coraline pun juga dikejutkan dengan ancaman mengerikan yang sekilas mengingatkan penonton pada salah satu adegan di film The Silence of the Lambs (1991). Wah, apa yang terjadi, ya?

4. ParaNorman (2012)

https://www.youtube.com/embed/hgwSpajMw3s

Melalui sebuah film animasi stop-motion, hadirlah film ParaNorman yang berpusat pada Norman, anak laki-laki yang bisa melihat dan berinteraksi dengan arwah. Awalnya, kemampuannya ini membuat Norman dicap aneh dan dijauhi banyak orang, namun saat penduduk kota dihadapkan dengan situasi mistis, mau tidak mau ia pun harus berdiri di barisan depan untuk menyelesaikannya. 

Plot cerita yang berkaitan dengan kehidupan dan kematian, rasanya terlalu "gelap" untuk menjadi tontonan anak kecil. Namun, karena disajikan dalam bentuk animasi, film ini mungkin akan tampak seperti film zombie untuk anak-anak.

5. Soul (2020)

https://www.youtube.com/embed/xOsLIiBStEs

Terakhir ada film animasi keluaran Pixar, Soul yang jalan ceritanya mempertanyakan arti kebahagiaan dan keinginan untuk tetap hidup. Topik semacam ini bisa dikatakan terlalu gelap dan berat untuk anak-anak. Bahkan orang dewasa pun rasanya masih cukup sulit untuk mencernanya.

Namun, dengan kepiawaiannya, Pixar mampu menyajikan visual menarik dan pembawaan yang ringan sehingga film ini pun masih bisa dinikmati oleh semua kalangan umur. Soul adalah tipe film yang dapat memberikan kehangatan untuk siapa pun yang menyaksikannya. Apa kamu sudah menyaksikannya?

Tak disangka, film animasi yang pada dasarnya ditujukan untuk anak-anak justru ada yang memiliki jalan cerita super gelap. Apakah kamu sadar akan hal ini saat menonton film-film di atas?

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Film Animasi Apa yang Cocok Kamu Tonton Berdasarkan Mood

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya