Comscore Tracker

Multitalenta, 10 Artis Korea Ini Nyanyikan OST Drama Sendiri Lho!

Gak cuma jago akting, tapi jago nyanyi juga #WaktunyaKorea

Drama Korea rasanya kurang lengkap jika tidak diiringi oleh soundtrack-soundtrack selama penayangannya. Para penyanyi hingga idol terkadang diajak untuk mengisi soundtrack drama Korea populer.

Beberapa penyanyi yang langganan mengisi ost diantaranya adalah Taeyeon SNSD, Gummy, Punch, Baekhyun EXO, dsb. Namun, tak jarang pula bila salah satu aktor atau aktris yang beperan di drama juga turut menyumbangkan suaranya untuk mengisi soundtrack drama yang mereka bintangi.

Wah, multitalenta banget gak sih para bintang drama ini? Sebelum kalian penasaran banget, berikut ini adalah sepuluh artis Korea yang menyanyikan OST drama yang mereka bintangi sendiri.  

1. Bae Suzy

https://www.youtube.com/embed/RUUI0PilSiE

Meskipun awalnya lebih dikenal sebagai idol member girl group MissA, kini Suzy lebih aktif berkarier di dunia akting. Beberapa drama populer yang dibintanginya adalah Dream High Season 1 (2011), Gu Family Book (2013), While You were Sleeping (2017), Vagabond (2019), dan yang terbaru adalah Start-Up (2020). 

Meskipun disibukkan dengan akting, Suzy tetap tidak meninggalkan kariernya sebagai penyanyi. Terbukti dalam beberapa drama yang dibintanginya, Suzy kerap kali mengisi OST seperti "Don't Forget Me" (Gu Family Book), "Ring My Bell" (Uncontrollaby Fond), dan yang terbaru "My Dear Love" (Start-Up).

2. Kim Soo Hyun 

https://www.youtube.com/embed/BLVSRCDB0T8

Gak cuman jago akting dan berparas tampan, Kim Soo Hyun ternyata juga punya suara yang merdu lho! Dalam beberapa drama yang dibintanginya, ia beberapa kali menyumbangkan suaranya untuk menjadi OST dalam drama.

Beberapa di antaranya adalah "Dreaming" (Dream High Season 1), "The One and Only You" (The Moon that Embraces the Sun), "In Front of Your House" (My Love from the Star), dan "Promise" (My Love from the Star).

Baca Juga: 8 OST KDrama yang Pernah Dinyanyikan Ji Chang Wook, Pernah Dengar?

3. Park Shin Hye

https://www.youtube.com/embed/AXLC9hnFon8

Para penggemar Park Shin Hye pasti tahu jika ia tidak hanya jago akting, namun juga pandai bernyanyi. Drama yang dibintanginya nyaris selalu sukses dan populer. Dalam beberapa drama yang dibintanginya, Park Shin Hye pun terlibat dalam mengisi soundtrack drama lho!

OST yang pernah dinyanyikannya diantaranya adalah "Without Words" (To the Beautiful You), "Pitch Black" (Flower Boy Next Door), "I Will Forget You" (Heartstrings), dan "Love is Like a Snow" (Pinocchio). 

4. Park Seo Joon

https://www.youtube.com/embed/wxRJSDvQ0OM

Salah satu aktor populer yang banyak digandrungi penggemar drama Korea ini punya suara yang lembut dan halus banget ketika menyanyi. Selain membintangi drama yang hampir selalu ber-rating tinggi, ost dramanya pun juga disukai dan direspon positif.

Dalam drama yang dibintanginya, Park Seo Joon beberapa kali mengisi soundtrack diantaranya "New Dreaming" (Dream High Season 2), "Our Tears" (Hwarang), "Letting You Go" (Kill Me Heal Me), dan "Long Way" (She was Pretty). 

5. IU

https://www.youtube.com/embed/4OChI_Walmo

Salah satu solois wanita paling populer di Korea saat ini, IU, juga melebarkan karirnya di dunia akting lho! Aktingnya sudah tidak perlu diragukan lagi dan kebanyakan dramanya menjadi sangat populer dan dicintai penggemar. Selain berakting, dalam drama yang dibintanginya, IU kerap kali diminta untuk mengisi salah satu soundtrack. 

Beberapa soundtrack yang IU nyanyikan untuk dramanya sendiri diantaranya "Someday" (Dream High Season 1) dan "Happy Ending" (Hotel del Luna). Salah satu soundtrack yang dinyanyikannya untuk drama Crash Landing on You (2019) yang berjudul "I'll Give You My Heart" bahkan berhasil mencapai rekor All Kill di chart musik Korea. Namun, sayang IU tidak ikut berakting di dalam drama tersebut. 

6. Park Bo Gum

https://www.youtube.com/embed/raQ-devFnvg

Meskipun kini sedang berada dalam masa wajib militer, kalian tetap bisa menikmati suara merdu Park Bo Gum melalui OST drama Love in the Moonlight (2016) yang berjudul "My Person". Meskipun bukan seseorang yang berasal dari latar belakang penyanyi, Park Bo Gum memiliki suara yang sangat merdu dan menenangkan. Lagu ini mendapatkan respon yang sangat positif dan berhasil memuncaki berbagai chart musik Korea. 

7. Lee Jong Suk

https://www.youtube.com/embed/w2uMRNM1kwQ

Meskipun sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia akting, Lee Jong Suk ternyata baru berani menyumbangkan suara merdunya dalam OST drama yang dibintangi bersama Suzy, While You were Sleeping (2017). Dalam drama ini, ia menyanyikan dua OST yang berjudul "Come to Me" dan "Do You Know". 

8. Joy Red Velvet

https://www.youtube.com/embed/De5Lz3QzzWI

Member Red Velvet yang juga seorang aktris, Joy atau yang bernama asli Park Soo Young tercatat sudah dua kali membintangi drama yakni The Liar and His Lover (2017) dan Tempted (2018). Dalam dua drama tersebut, Joy menyanyikan OST di dalamnya.

Dalam drama The Liar and His Lover, ia menyanyikan OST berjudul "Yeowoya" dan "I'm Ok", yang dinyanyikannya berduet dengan Lee Hyun Woo. Sedangkan pada drama Tempted, Joy menyanyikan OST yang berjudul "OMG!".

9. Park Bo Young

https://www.youtube.com/embed/NmY6wo3rEso

Aktris multitalenta lain yang imut banget ini sudah membintangi drama dan film sejak masih kecil lho! Dalam beberapa drama dan film yang pernah ia bintangi, Park Bo Young ternyata pernah menyanyikan beberapa OST. Dalam drama Oh My Ghost (2015) yang dibintanginya bersama Jo Jung Suk, ia menyanyikan OST yang berjudul "Leaving". 

10. Ji Chang Wook

https://www.youtube.com/embed/RHaOl5DhVZo

Sebelum menjadi aktor drama, Ji Chang Wook ternyata sudah terkenal dengan menjadi aktor musikal. Tidak mengherankan jika dalam drama yang dibintanginya, Ji Chang Wook juga kerap kali didapuk untuk mengisi OST. Beberapa OST yang dinyanyikannya adalah "To the Butterfly" (Empress Ki), "I'll Protect You" (Healer), dan "101 Reasons Why I Like You" (Suspicious Partner). 

Itulah kesepuluh artis Korea yang menyanyikan OST dalam drama yang dibintanginya sendiri. Multitalenta banget kan ya para artis di atas? Apakah ada di antara OST drama ini yang pernah kalian dengar? Dan jika sudah, manakah yang paling kalian sukai?

Baca Juga: Gak Cuma 'Start-Up', 6 KDrama Bae Suzy Ini Juga Sayang Dilewatkan

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya