Comscore Tracker

9 Film Hollywood yang Membawa Pemerannya Raih Oscar Pertama

Akting mereka keren banget, nih #IDNTimesHype

Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan ajang Piala Oscar adalah ajang penghargaan di dunia film yang paling bergengs,i di mana kerap menjadi acuan kesuksesan film atau kesuksesan performa akting para pemeran film.

Jika berhasil memenangkan Oscar, maka kualitas akting dan film tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, bukan hal aneh jika banyak aktor dan aktris Hollywood yang berusaha untuk memenangkan ajang satu ini.

Tentunya tidak mudah untuk memenangkan penghargaan satu ini. Ada banyak saingan yang harus dihadapi sehingga terkadang butuh waktu bertahun-tahun bagi mereka untuk berhasil meraih Oscar pertama. 

Berikut ini adalah sepuluh film Hollywood yang berhasil membawa pemerannya meraih Oscar pertama. Mereka menampilkan performa akting yang sangat luar biasa dan layak diacungi jempol. Check this out!

1. Natalie Portman (Black Swan, 2010)

https://www.youtube.com/embed/5jaI1XOB-bs

Setelah menekuni bidang akting sejak kecil, Natalie Portman akhirnya berhasil meraih impiannya membawa pulang piala Oscar pada ajang Academy Awards 2011. Berkat perannya sebagai balerina cantik ambisius di film Black Swan, Natalie dinobatkan sebagai aktris terbaik mengalahkan bintang terkenal lain seperti Annette Bening.

Jauh sebelum ini, Natalie sebenarnya sudah pernah dinominasikan sebagai aktris terbaik pada tahun 2004 melalui perannya di film Closer. Namun sayang, dirinya masih belum beruntung dan harus mengakui keunggulan aktris Cate Blanchett yang tampil sangat memukau di The Aviator

2. Anne Hathaway (Les Misérables, 2012)

https://www.youtube.com/embed/IuEFm84s4oI

Anne Jacqueline Hathaway atau yang lebih banyak dikenal dengan nama Anne Hathaway, akhirnya berhasil memboyong piala Oscar pertamanya berkat kemampuan akting memukaunya di film Les Misérables. Anne berhasil menunjukkan performa luar biasa lewat perannya sebagai Fantine, pekerja pabrik yang miskin.

Pada ajang Oscar 2013, Anne memenangkan kategori aktris pemeran pembantu terbaik dan berhasil mengalahkan aktris-aktris berbakat lainnya seperti Amy Adams, Salliy Field, Helen Hund, dan Jacki Weaver. 

Tidak hanya memenangkan Oscar, berkat film ini kualitas aktingnya pun semakin diakui, dan menghantarkan Anne Hathaway memenangkan berbagai ajang bergengsi lain seperti Golden Globe Awards. 

3. Jennifer Lawrence (Silver Linings Playbook, 2012)

https://www.youtube.com/embed/kVS-6k2tQAA

Sama seperti Anne Hathaway, Jennifer Lawrence pun membawa pulang piala Oscar pertamanya di ajang Oscar 2013. Ia memenangkan kategori aktris terbaik berkat perannya sebagai Tiffany Maxwell di film komedi drama romantis, Silver Linings Playbook.

Kemenangan Jennifer Lawrence ini cukup menggemparkan karena usianya yang saat itu masih sangat muda, yakni 22 tahun. Ia berhasil mengalahkan aktris lain yang lebih senior seperti Jessica Chastain, Naomi Watts, Emmanuelle Riva, dan Quvenzhane Walls.

Hingga detik ini, Jennifer Lawrence sudah empat kali dinominasikan untuk kategori aktris terbaik pada ajang Academy Awards yaitu untuk film Winter's Bone (2011), American Hustle (2014), Joy (2016), dan Silver Linings Playbook (2012). 

4. Eddie Redmayne-The Theory of Everything (2014)

https://www.youtube.com/embed/Salz7uGp72c

Tahun 2015 menjadi tahun yang sangat menggembirakan untuk aktor Eddie Redmayne. Setelah kemenangannya di ajang Golden Globe dan BAFTA Award, ia juga berhasil menyabet penghargaan aktor terbaik di ajang Academy Awards.

Eddie mendapatkan banyak penghargaan atas akting luar biasanya sebagai Stephen Hawking di film The Theory of Everything (2014), film biografi yang menceritakan perjuangan Stepehen Hawking melawan penyakit syaraf, sekaligus perjuangan menemukan teori-teori fisika yang mencengangkan.

Tidak hanya diapresiasi kritikus dan penonton, Stephen Hawking asli dan keluarganya pun menyukai akting Eddie dan memberikan banyak pujian. Di ajang ini, Eddie berhasil membawa pulang piala setelah mengalah aktor-aktor tersohor lain seperti Michael Keaton, Benedict Cumberbatch, Bradley Cooper, dan Steve Carell. 

Baca Juga: 5 Film Terbaik Oscar 2000-an yang Kudu Masuk List Nontonmu

5. Brie Larson (Room, 2015)

https://www.youtube.com/embed/E_Ci-pAL4eE

Kemenangan Brie Larson di piala Oscar berhasil mengejutkan banyak pihak karena ia berhasil mengalahkan aktris populer bertalenta lain seperti Jennifer Lawrence, Saoirse Ronan, dan Cate Blanchet. Padahal, ini adalah pertama kalinya Brie dinominasikan dalam ajang Academy Awards, dan ia langsung berhasil membawa pulang piala. 

Kemenangannya ini ia peroleh berkat perannya sebagai Ma di film Room (2015). Ma, adalah seorang wanita muda yang dikurung dalam ruangan kecil pengap selama tujuh tahun setelah diperkosa seorang pria.

Di ruangan tersebut, ia akhirnya melahirkan anak laki-laki bernama Jack (Jacob Tremblay). Dalam kondisi sulit dan mengerikan ini, Ma harus membesarkan anaknya sendirian sebaik dan semaksimal mungkin. 

6. Leonardo DiCaprio (The Revenant, 2015)

https://www.youtube.com/embed/LoebZZ8K5N0

Walaupun sudah lebih dari satu dekade berkecimpung dalam dunia perfilman, penantian Leonardo DiCaprio untuk memenangkan piala Academy Awards baru tercapai berkat perannya di film The Revenant (2015). Aktor kelahiran tahun 1974 ini sukses membawa pulang piala Oscar pertamanya untuk kategori Best Actor. 

Sebelum kemenangan ini, Leo tercatat sudah tiga kali dinominasikan sebagai Best Actor di ajang ini, yaitu untuk film The Aviator (2005), Blood Diamond (2007), dan The Wolf of Wall Street (2015). 

The Revenant sendiri menceritakan kehidupan alam liar di Amerika Serikat pada tahun 1823, di mana sumber daya alam menjadi rebutan antara orang kulit putih dan suku Indian. 

7. Emma Stone (La La Land, 2016)

https://www.youtube.com/embed/0pdqf4P9MB8

Pada tahun 2016, film musikal La La Land sangat meledak dan berhasil menyabet banyak penghargaan di berbagai ajang penghargaan film seperti Golden Globe, Screen Actors Guild Awards, dan BAFTA.

Pada ajang Oscar, Emma Stone pun sukses memenangkan piala Oscar pertamanya untuk kategori aktris utama terbaik. Ia memenangkan kategori ini berkat perannya sebagai Mia, seorang aktris pemula yang jatuh cinta dengan musisi jazz yang diperankan Ryan Gosling.

Emma berhasil mengungguli beberapa akrtis lain yang sebelumnya sudah pernah memenangkan Oscar seperti Natalie Portman dan Meryl Streep. Kemenangannya ini membuat nama aktris berusia 28 tahun ini semakin melambung dan populer. 

8. Joaquin Phoenix (Joker, 2019)

https://www.youtube.com/embed/zAGVQLHvwOY

Kemenangan Joaquin Phoenix di ajang Oscar 2020 sebenarnya sudah diprediksi oleh banyak pihak. Tak lain dan tak bukan karena performa aktingnya yang sangat luar biasa di film Joker (2019), ditambah dengan kemenangannya pada kategori sama di beberapa ajang penghargaan film internasional lainnya. 

Setelah empat kali dinominasikan dalam Academy Awards, Joaquin Phoenix akhirnya membawa pulang piala Oscar setelah mengalahkan aktor lain seperti Leonardo DiCaprio, Antonio Banderas, Adam Driver, dan Jonathan Pryce.

Tidak hanya Joaquin Phoenix, film Joker juga membawa pulang satu lagi piala Oscar untuk kategori Best Original Score berkat scoring garapan komposer Hildur Guðnadóttir. 

9. Brad Pitt (Once Upon A Time in Hollywood, 2019)

https://www.youtube.com/embed/ELeMaP8EPAA

Sama seperti Leonardo DiCaprio, Brad Pitt perlu waktu bertahun-tahun hingga akhirnya meraih Piala Oscar pertamanya. Dalam film Once Upon A Time in Hollywood yang ia mainkan bersama Leo, Brad memerankan karakter Cliff Booth dan berkat aktingnya di peran ini ia berhasil meraih Oscar kategori Best Supporting Actor. 

Kemenangan Brad atas aktor-aktor lain seperti Anthony Hopkins, Joe Pesci, Al Pacino, dan Tom Hanks ini membuatnya sangat bahagia dan bersyukur. Dalam pidato kemenangannya, ia mengucapkan terima kasih kepada sutradara Quentin Tarantino dan rekan mainnya, Leonardo DiCaprio.

Brad Pitt tak hanya cukup meraih penghargaan di Oscar, ia kembali memenangkan penghargaan di kategori yang sama pada ajang Golden Globe Awards. 

 

Itulah sembilan film yang berhasil membuat pemerannya memenangkan piala Oscar. Untuk memenangkan penghargaan ini, diperlukan performa akting yang memukau dan luar biasa. Apa kalian menyukai akting para bintang Hollywood ini pada film-film di atas?

Baca Juga: Kamu Gak Bakal Percaya kalau 5 Film Ini Pernah Menang Piala Oscar

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya