Comscore Tracker

5 Film Korea Terbaik yang Bertemakan Serangan Zombie, Menyeramkan!  

Awas, ada zombie #IDNTimesHype

Korea Selatan terkenal akan kualitas film-filmnya yang tak kalah dari film Hollywood. Berbagai genre telah dieksplor termasuk salah satu di antaranya adalah film bertemakan zombie. Di Hollywood sendiri, tema satu ini sudah lumayan sering diangkat, sebut saja seperti World War Z (2013) dan Zombieland (2009).

Beberapa tahun belakangan, film zombie mendapatkan banyak perhatian di Korea Selatan. Jalan cerita dan kualitasnya pun semakin berkembang. Berikut ini adalah lima film Korea Selatan yang bertemakan zombie terbaik untuk kamu saksikan.

1. Train to Busan (2016)

https://www.youtube.com/embed/1ovgxN2VWNc

Berdasarkan situs IMDb, film bertemakan zombie keluaran Negeri Ginseng terbaik saat ini adalah Train to Busan. Film ini dibintangi oleh sederet bintang ternama seperti Gong Yoo, Jung Yu Mi, Ma Dong Seok, Choi Woo Sik, dan lain sebagainya. 

Kisahnya sendiri mengikuti seorang ayah yang diperankan oleh Gong Yoo yang mati-matian mencoba untuk melindungi sang putri dari serangan para zombie. Kabarnya, Busan adalah area yang aman dari para zombie sehingga mereka pun menaiki kereta untuk menuju ke sana, namun sayangnya para zombie juga mulai menginfeksi para penumpang kereta.

Cerita yang menarik, akting yang apik, dan performa yang emosional dijamin akan membuatmu tertarik dan betah selama menonton. 

2. The Wailing (2016)

https://www.youtube.com/embed/VUWAgbXSJ4Y

The Wailing adalah film mahakarya dari sutradara Na Hong Jin. Film ini mengisahkan pembantaian keluaraga yang dilakukan oleh salah satu anggota keluarganya sendiri di sebuah desa terpencil di kawasan Gokseung, Korea Selatan.

Rumor-rumor mulai bertebaran. Salah satunya mengatakan bahwa peristiwa naas itu terjadi karena hal mistis yakni kutukan orang Jepang yang tinggal di atas gunung. Dikatakan bahwa orang Jepang itu juga telah menyebarkan virus. Sebuah virus misterius menyebabkan penyakit yang mulai tersebar hingga ke seluruh desa dan membuat warganya menjadi aneh bagaikan zombie.

Petugas polisi lokal pun dikerahkan, salah satunya adalah Jong Gu (Kwak Do Won) yang ditugaskan untuk memecahkan misteri, namun juga harus melindungi keluarganya sendiri.

Baca Juga: Terlalu Plot Twist, 10 Drama dan Film Korea Ini Bikin Auto Tercengang

3. Rampant (2018)

https://www.youtube.com/embed/MODgVTyihbU

Dikisahkan putra mahkota Dinasti Joseon, Lee Young (Kim Tae Woo) berniat membeli sejatan buatan Eropa untuk melawan pasukan Dinasti Qing. Namun, keinginannya ini dihentikan oleh penasihat kerajaan Kim Ja Joon (Jang Dong Gun) yang malah beranggapan bawah aksi Lee Young sebagai pemberontakan. 

Ja Joon mengungkapkan bahwa orang Eropa menyimpan makhluk yang dijuluki 'iblis malam' di kapal mereka. Agar anak buahnya tidak terkena hukuman, sang putra mahkota pun menghilangkan nyawanya sendiri yang berakibat pada Ja Joon beserta pasukan Joseon lainnya nekat menyerang kapal Eropa. 

Malangnya, di dalam kapal tersebut ternyata ada para iblis malam atau zombie. Di sisi lain, Lee Chung (Hyun Bin) baru saja kembali dari China. Ia datang untuk mengambil alih takhta Lee Young sekaligus menyingkirkan Ja Joon dan zombie. 

4. #Alive (2020)

https://www.youtube.com/embed/jQ8CCg1tOqc

Rilis di tengah pandemi korona, film #Alive dengan cepat meraih hati penonton. Ceritanya sendiri berlatarkan di Korea, di mana tiba-tiba muncul serangan virus misterius yang mengubah siapa pun menjadi zombie. 

Oh Joon Wo (Ah In Yoo) adalah gamer yang beruntung karena selamat dari wabah zombie karena terus menerus berada di dalam apartemen. Awalnya, ia masih mampu bertahan hidup sendirian di dalam rumah, namun seiring waktu bahan makanan pun berkurang dan kewarasan Joon Wo perlahan hilang. Kini, ia harus mencari cara untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah sekaligus bertahan dari para zombie yang dapat menyerang kapan saja. 

5. Peninsula (2020)

https://www.youtube.com/embed/QmxHiOsj_9M

Menjadi sekuel dari Train to Busan yang sangat sukses dan populer, sayangnya Peninsula mendapatkan ulasan yang jauh lebih rendah dan dianggap tidak sebaik dan semenarik film pertamanya.  

Jung Seok (Dong Won Gang) adalah seorang mantan tentara yang menerima misi untuk pergi mengambil truk berisikan uang di kawasan penuh zombie. Sebagai film bertemakan serangan zombie, Peninsula tidak kalah seru dan menyenangkan dibandingkan film pertamanya, tapi tidak sedikit pula yang kecewa karena banyak aspek yang terlalu mirip dengan Train to Busan

 

Nah, inilah lima film Korea bertemakan serangan zombie yang seru dan menyeramkan. Tak kalah seru dari film Hollywood, bukan?

Baca Juga: 7 Film Agen Rahasia Korea Terbaik, Gak Kalah Seru dari Film Hollywood!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya