Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Psychological Thriller, Menyeramkan!

Berani nonton film-film ini sendirian? #IDNTimesHype

Tiap tahunnya selalu ada film-film menarik yang bisa dinikmati. Genre-genre film pun bertambah banyak dan jalan cerita semakin beragam. Salah satu genre yang menarik untuk diikuti adalah psychological thriller. Film bergenre ini memiliki jalan cerita yang mind-blowing dan penuh plot twist.

Jika dikerjakan dengan baik, film bergenre psychological thriller terkadang bisa membuat penonton bertanya-tanya dan penasaran. Beberapa sutradara terkenal seperti Martin Scorsese dan Jordan Peele pun pernah mencoba genre ini dan menghasilkan film yang berkualitas tinggi.

Bila kamu menyukai film ber-genre ini, berikut ini adalah tujuh rekomendasi film psychological thriller yang bisa kamu saksikan.

1. The Shining (1980)

https://www.youtube.com/embed/5Cb3ik6zP2I

Walaupun Stephen King selaku penulis novel mengaku tidak menyukai versi adaptasi filmnya, The Shining masih tergolong sebagai salah satu film psychological-thriller dan horor terbaik sepanjang masa. 

The Shining mengisahkan penulis buku bernama Jack Torrance (Jack Nicholson) yang mendapatkan pekerjaan baru sebagai penjaga hotel. Ia lalu memboyong istri beserta anaknya untuk tinggal di hotel tersebut yang ditutup selama musim dingin. 

Sejak awal anaknya sudah memiliki firasat buruk tentang hotel ini dan manajer hotel pun juga telah mengingatkan Jack akan berbagai kejadian buruk yang pernah menimpa hotel tersebut. Sayangnya Jack tidak begitu mendengarkannya dan memaksa untuk tetap tinggal di sana.

Semakin lama berada di sana, Jack perlahan mulai kehilangan kewarasannya dan mulai muncul hal-hal aneh di hotel tersebut. Kini istri dan anak Jack harus mencari cara agar bisa menyelamatkan diri dari hotel tersebut dan Jack.

2. Misery (1990)

https://www.youtube.com/embed/XHQ9CPRfDsw

Masih dari film adaptasi karya Stephen King, Misery menceritakan seorang novelis bernama Paul yang novelnya sangat populer dan digemari. Setelah sukses menulis novel populer, ia mencoba menulis cerita lain.

Suatu hari, Paul yang berada dalam perjalanan terjebak dalam badai dan ia nyaris saja tewas akibat mobilnya terperosok ke dalam jurang. Dalam kondisi sekarang, ia akhirnya ditolong oleh suster bernama Annie yang ternyata adalah penggemar novelnya.

Pada awalnya, Annie tampak sangat baik dan perhatian. Namun keanehan mulai terjadi ketika Annie seperti menahan Paul untuk keluar dari rumah. Annie mulai menunjukkan wujud aslinya.

Ia tidak senang dengan ending dari novel populer yang telah Paul tulis. Annie lalu memaksa Paul untuk menulis ulang cerita dan mengubah akhir dari novel. Paul seperti merasakan penderitaan mengerikan seperti yang telah ditulisnya di dalam novel.

3. The Silence of the Lamb (1991)

https://www.youtube.com/embed/W6Mm8Sbe__o

Diceritakan seorang agen muda FBI yang bernama Clarice Starling (Jodie Foster) yang ditugaskan untuk mencari seorang wanita hilang dan menyelamatkannya dari psikopat jahat.

Setelah melakukan berbagai penyelidikan, Clarice akhirnya sadar bahwa ia dapat memahami pikiran psikopat tersebut dengan meminta bantuan psikopat lain yang berada di penjara, Dr. Hannibal Lecter.

Hannibal yang sama-sama psikopat jahat dianggap dapat membantu menemukan lokasi Ted, namun ia hanya mau membantu jika mendapatkan fasilitas lebih baik. Tidak hanya itu, ia pun juga ingin berbicara dengan Clarice mengenai masa lalu sang agen sebagai upah bantuannya.

Baca Juga: 5 Anime Genre Thriller Misteri Ini Memiliki Plot Twist yang Tak Biasa

4. Shutter Island (2010)

https://www.youtube.com/embed/5iaYLCiq5RM

Diadaptasi dari novel Dennis Lehane yang berjudul sama, Shutter Island menceritakan seorang perwira polisi Amerika bernama Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) yang dikirim untuk menyelidiki hilangnya pasien rumah sakit jiwa di Pulau Shutter.

Berlatarkan era tahun 1954, Teddy pergi bersama rekannya yang bernama Chuck Aule (Mark Ruffalo). Namun setibanya di sana, Teddy tidak dapat mengakses informasi dan data-data yang ada di sana.

Semakin lama ia menghabiskan, perlahan Teddy mulai mengalami banyak hal aneh yang membuatnya meragukan kewarasan dirinya sendiri. Apa yang terjadi pada Teddy?

5. Black Swan (2010)

https://www.youtube.com/embed/5jaI1XOB-bs

Cerita dalam film Black Swan berfokus pada seorang balerina bernama Nina Sayers (Natalie Portman) yang sangat ingin memerankan Swan Lake di pementasan. Ketika audisi untuk peran tersebut dibuka, Nina bekerja sangat keras dan mencoba tampil maksimal agar bisa terpilih.

Akan tetapi, sang sutradara yang bernama Thomas menilai bahwa Nina tidak mampu menjiwai karakter ini secara keseluruhan. Nina akhirnya terpaksa menggoda Thomas dan usahanya berhasil karena Thomas akhirnya memberikan peran itu padanya.

Walaupun sudah berhasil meraih peran yang diimpikan, Nina merasa tertekan dan mulai mengalami gangguan halusinasi. Situasi bertambah buruk ketika ada balerina baru, Lily (Mila Kunis), yang tampaknya lebih hebat darinya.

Gangguan psikis yang Nina hadapi semakin parah hingga di titik ia kesulitan membedakan dunia nyata dan khayalan.

6. The Killing of Sacred Deer (2017)

https://www.youtube.com/embed/CQFdGfwChtw

The Killing of Sacred Deer besutan sutradara Yorgos Lanthimos menceritakan tentang Steven Murphy (Collin Ferrel), dokter bedah jantung yang suatu hari tak sengaja bertemu dengan seorang pemuda bernama Martin (Barrt Keoghan). 

Dari istrinya, Steven akhirnya tahu bahwa Martin adalah teman dari kedua anaknya dan telah kehilangan ayahnya ketika kecil. Anehnya, beberapa hari setelah pertemuan Steven dengan Martin, salah satu anaknya yang bernama Bob mendadak lumpuh.

Setelah insiden misterius tersebut, akhirnya diketahui bahwa ayah Martin tewas setelah dioperasi oleh Steven dan kelumpuhan Bob terjadi karena Martin telah mengutuk keluarga tersebut. Agar kutukannya hilang, Steven harus membunuh salah satu anggota keluarganya.

Pada awalnya Steven menolak percaya ucapan Martin, namun seiring waktu semakin banyak keanehan dan insiden yang terjadi. Dengan perasaan kacau, Steven kini harus menentukan pilihannya demi keselamatannya dan keselamatan keluarganya.

7. Get Out (2017)

https://www.youtube.com/embed/DzfpyUB60YY

Setelah bertahun-tahun menekuni sketch comedy, Jordan Peele mencoba dunia baru dengan menulis dan mengarahkan salah satu film horor orisinal terbaik selama beberapa tahun terakhir. Walaupun tidak banyak menampilkan adegan sadis, Get Out mampu menyajikan kesan mengerikan yang sangat kuat.

Filmnya sendiri mengisahkan seorang pria kulit hitam bernama Chris (Daniel Kaluuya) yang berpacaran dengan wanita kulit putih, yakni Rose (Allison Williams). Suatu hari, Chris diajak untuk mengunjungi orangtua Rose di akhir pekan.

Setibanya di rumah orang tua Rose, ia disambut baik oleh mereka. Namun, ada dua pelayan berkulit hitam yang bertingkah laku aneh dan terus-menerus menyuruhnya untuk pergi dari sana. 

Walaupun merasakan sedikit keanehan, Chris pun tetap mencoba menyesuaikan diri dengan keluarga Rose. Kecurigaannya pun terbukti ketika pada malam hari ia dihipnotis orang tua Rose dan tak bisa menggerakkan tubuhnya ketika terbangun. 

Chris akhirnya mulai menyadari keanehan yang ada di dalam keluarga Rose. Apakah yang sebenarnya terjadi?

Film bergenre psychological-thriller, meskipun mengerikan, seru banget untuk ditonton. Jika kamu tidak berani menyaksikannya sendirian, akan lebih baik jika mengajak teman atau keluarga untuk menonton bersama. Film manakah yang menarik perhatianmu?

Baca Juga: Bikin Mikir, Ini 5 Film Psychological Thriller Terseru di Netflix

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya